Pengertian Jadwal Fungsi, Manfaat dan Contoh Tips Cara Membuat

Secara umum definisi atau pengertian jadwal adalah pembagian waktu berdasarkan rencana pengaturan urutan kerja yang ditulis dalam bentuk daftar atau tabel kegiatan dengan pembagian waktu pelaksanaan yang tererinci. Proses dari pembuatannya disebut dengan penjadwalan yang merupakan suatu proses atau tindakan yang dilakukan sebagai rencana pengaturan urutan kerja serta pengalokasin waktu pelaksanaannya.

A. Cara Pembuatan Jadwal

1. Menulis Tugas Harian Berdasarkan Kepentingan

a). Buat daftar tugas harian yang akan dilakukan

Saat ingin membuat daftar tugas harian, sisihkan waktu khusus ± 1 jam untuk membuat daftar ini. List semua kegiatan yang akan dilakukan tanpa memikirkan urutannya karena daftar ini hanya untuk inspirasi.

b). Catat tugas utama dan pendukung

Saat mulai membuat jadwal, apapun yang harus dilakukan anggap semuanya adalah tugas.

c). Ajukan pertanyaan untuk diri sendiri tentang aktivitas harian

Untuk membuat daftar tugas lebih detail, perlu bertanya kepada diri sendiri, apa yang seharusnya dilakukan dan bagaimana prosesnya.

d). Lakukan analisis daftar tugas

Apabila kekurangan waktu, lakukan evaluasi pada tugas tertentu yang memang harus dilakukan. Untuk menentukan tugas-tugas mana yang harus diselesaikan secara efesien.

2. Membuat jadwal

a). Buat jadwal mengunakan microsoft excel atau program yang lain

Penggunaan Microsoft excel atau program lain dapat membantu pembuatan lebih cepat dan lebih detail.

b). Sesuiakan tugas dan waktu pelaksanaan

Mulai menulis jadwal untuk aktivitas yang harus dilakukan diwaktu tertentu sertiap hari dan tentunya berdasarkan hasil analisa tugas yang telah dilakukan sebelumnya.

c). Jadwalkan aktifitas yang membutuhkan waktu lebih lama

Agar pelaksaannya efisien perlu menjadwalkan aktifitas yang membutuhkan waktu agak lama namun yang harus diperhatikan adalah jangan sampai memadatkan jadwal dan memendekkan durasi kegiatan lainnya.

d). Buat jadwal yang fleksibel

Buatlah jadwal yang mudah disesuaikan jika diperlukan dan perhitungkan waktu tambahan untuk mengantisipasi kejadian tak terduga.

e). Cetak jadwal

Cetak jadwal dan tempelkan tempat-tempat yang menurut anda sesuai dan garis bawahi atau beri warna agar mudah dilihat.

f). Gunakan warna sebagai kode

Beri kode pada tugas-tugas tertentu dengan warna berbeda berdasarkan aspek kepentingan.

3. Mengoptimalkan jadwal

a). Perhatiakn level energi pada pagi hari, siang dan malam hari

Kreativitas dan kemampuan berfikir kritis biasanya paling kuat pada pagi hari, sehingga lakukan kegiatan yang paling berenergi atau yang perlu berfikir banyak pada pagi hari, seperti menulis artikel dan mendesain, pada siang hari lakukan pekerjaan rutin yang tidak perlu berfikir banyak begitupun pada malam hari lakukan sesuai kemampuan dan keinginan.

b). Mulai kebiasaan yang menunjang tercapainya tujuan

Biasakan lakukan pekerjaan positif yang dapat mendukung tujuan anda. Seperti berolahraga karena menyehatkan.

c). Manfaatkan jadwal dengan menerapkannya

Memanfaatkan waktu dengan sebaiknya lakukan penyesuaian kecil setiap hari agar terbiasa.

B. Fungsi dan Manfaat jadwal

  1. Melatih kedisiplinan
  2. Melatih tanggung jawab
  3. Tidak membuang-buang waktu
  4. Rutinitas lebih teratur
  5. Menciptakan target dalam hidup
  6. Membantu manajemen waktu
  7. Meningkatkan produktivitas
  8. Menghilangkan stress
  9. Memberikan manfaat kesehatan
  10. Mendorong kreatifitas
  11. Mengingatkan hal yang terlewatkan

C. Tips Mengatur Jadwal

1. Prioritas

Kerjakan pekerjaan sesuai dengan tingkat kepentingannya seperti mengerjakan pekerjaan yang penting dan mendesak terlebih dahulu dan dapat menunda sementara waktu untuk pekerjaan yang juga penting namun tidak mendesak.

2. Belajar mengatakan tidak

Mulailah berkomitmen untuk menolak sejumlah kegiatan atau hal yang akan menyia-nyiakan waktu.

3. Tidur yang cukup

Istirahat yang cukup merupakan aset penting dalam menjalankan tugas. Apabila kurang tidur akan sulit fokus dalam mengerjakan tugas.

4. Fokus pada pekerjaan

Dalam mengerjakan tugas hindari melakukan kegiata yang dapat mengganggu konsentrasi seperti bermain gadget.

5. Selesaikan lebih awal

Menunda-nunda pekerjaan bukan hal yang baik karena akan membuat terburu-buru saat tugas dekat deadline sehingga resiko membuat kesalahan sangat tinggi.

6. Jadikan pekerjaan utama sebagai kebiasaan

Dengan menjadikan pekerjaan sebagai kebiasaan akan menjadi sangat menyenangkan karena pekerjaan akan terasa lebih ringan.

7. Manfaatkan akhir pekan

Dengan memanfaatkan akhir pekan dengan bijak, kita akan terhindar dari kejenuhan yang setiap harinya harus selalu bekerja.

8. Buat semua lebih rapi dan terorganisir

Jangan biarkan rumah dan pekerjaan menjadi berantakan dan tidak teratur. Karena akan membuang banyak waktu juga tenaga untuk membereskannya.

9. Lakukan sesuatu ketika menunggu

Selagi menunggu atau berada dalam antrian pada hari anda, biasakan melakukan sesuatu agar tidak membosankan seperti melakukan hobby yang tentunya positif.

10. Berkomitmen untu melakukan sesuatu

Bagi yang memiliki kebiasaan menunda atau mengabaikan berbagai hal lainnya yang terbilang penting. Komitmen sangat diperlukan sehingga memiliki harapan untuk sebuah pencapaian.

11. Kerjakan tugas yang berkaitan

Kerjakan tugas yang memiliki keterkaitan dengan tugas lainnya sehingga anda bisa lebih berkonsentrasi sekaligus menyelesaikan secara berurutan.

12. Hilangkan pikiran-pikiran negatif

Pikiran negatif terkadang muncul dipikiran kita. Hal ini sangat mengganggu dan membuat tidak tenang dan nyaman dan yang pada akhirnya akan berimbas pada pekerjaan yang tidak maksimal.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.