Olahraga Air Macam Jenis dan Contoh

Olahraga air merupakan olahraga aktifitasnya dilakukan di dalam air atau meyentuh air. Olahraga air digemari karena selain menyenangkan juga dapat mengeluarkan kalori lebih. Orang yang hobiolahrag air memiliki keseimbangan dan kebugaran tubuh yang lebih tinggi. Selain itu, orang yang melakukan olahraga air dengan olahraga lainnya memiliki tingkat kelelahan yang lebih rendah.

Jenis-Jenis Olahraga Air

Selain menjadi olahraga yang menyehatkan tubuh, aktifitas di air juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan serta menghibur. Beberapa contoh macam macam olah raga air dapat dilihat melalui keterangan dibawah ini, antara lain adalah :

1. Renang

Renang merupakan olahraga air yang paling banyak dan paling umum dilakukan. Berenang dilakukan dengan cara menggerakkan tangan dan kaki agar tubuh dapat berpindah dan mengambang di tengah maupun di permukaan air. Berenang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan paru-paru karena ketika berenang jantung terpompa lebih cepat dan juga harus menahan nafas dalam tempo tertentu.

2. Polo air

Bermain polo umumnya dilakukan di lahan terbuka seperti lapangan. Akan tetapi polo juga dapat dimainkan di dalam air. Permainan polo air ini merupakan perpaduan permainan sepak bola, berenang, dan gulat. Permainan yang dilakukan dalam tim yang terdiri dari 6 orang pertim ini tidak banyak dikenal. Meski demikian, polo air pernah dimasukkan ke dalam cabang olahraga PON tahun 1948.

3. Renang indah

Sama seperti renang pada umumnya, olaharag air senam indah merupakan olahraga yang menggerakkan tubuh agar berpindah dari satu posisi ke posisi lain di dalam air. Perbedaannya, renang indah terletak pada teknik dan gerakannya seperti gerakan kupu-kupu, lumba-lumba dan lainnya. Gerakan renang inilah yang di lombakan, semakin indah gerakannya semakin tinggi pula skornya.

4. Snorkeling

Snorkeling merupakan jenis olahraga air dimana peserta atau yang melakukan snorkeling harus benenag dan menyelam ke kedalaman tertentu. snorkeling merupakan olahraga santai dengan menyelam dan berenang dipermukaan air menggunakan alat bantu berupa kacamata rengang dan pipa pernapasan untuk menghirup oksigen di udara saat berada di dalam air. Kini snorkeling lebih indetik sebagai hobi para pecinta laut.

5. Arung jeram

Arung jeram merupakan olahraga air yang memaksimalkan keseimbangan di atas sebuah boat karet dan dayung. Arung jeram dilakukan di sungai dengan medan yang sedikit menantang sehingga menimbulkan kesan petualangan, olahraga sekaligus rekreasi. Arung jeram sebenarnya termasuk olahraga ekstrem dan beresiko karena menaklukkan alam, akan tetapi dapat dilakukan pada medan yang lebih aman.

6. Ski air

Berbeda dengan bermain surfing, ski air merupakan permainan yang dilakukan menggunakan papan yang diletakkan di permukaan air sebagai penumpu kemudian pemain akan berdiri di atas papan dan ditari oleh perahu. Nantinya akan ada tali yang terhubung antara perahu dengan pemain ski air. Permainan ini cukup asyik dan lebih banyak dilakukan di sungai atau danau karena tidak ada ombak.

7. Kano

Bermain kano adalah salah satu olahraga air yang juga cukup populer. Kano mirip seperti sampan namun berbentuk lebih pipih dan kecil. Berbeda dengan arung jeram yang menggunakan boat karet dan terdiri dari beberapa orang. Kano hanya dimainkan oleh satu orang atau maksimal 2 orang menggunakan dayung. Kano juga dimainkan pada permukaan air yang cukup tenang seperti danau ataupun sungai.

8. Selancar atau Surfing

Selancar adalah permainan olahraga air yang menggunakan papan selancar untuk menaklukkan ombak di pantai. Ombak yang sempurna untuk bermain selancar adalah ombak yang cukup tinggi. Papan selancar akan digerakkan oleh ombak dan peselancar harus menjaga keseimbangan agar dapat mengikuti ombak. Olahraga air ini juga dianggap cukup berbahaya dan butuh latihan yang lama.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.