Hewan Tikus di Kebun
5/5 (1)

Tikus merupakan hewan mamalia yang termasuk dalam suku Muridae. Di mana spesies tikus yang paling terkenal adalah mencit alias Muss spp. Sedangkan untuk tikus got lebih banyak jumlah populasinya dibandingkan jenis atau spesies tikus lainnya. Hampir di seluruh negara terdapat tikus got. Bahkan ada juga tikus yang dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Secara umum, tikus terdapat 3 jenis spesies tikus di dunia ini yaitu tikus Got, tikus Atap, dan tikus Nyingnying. Berikut ini adalah penjelasannya.

Tikus Got

Tikus Rattus NorvegicusTikus got atau tikus norway dalam bahasa latinnya Rattus Norvegicus adalah salah satu jenis tikus yang pertama kali di Amerika pada tahun 1775 yang terbawa oleh kapal dagang dari Eropa dan tersebar ke seluruh dunia. Tikus got ini adalah salah satu jenis tikus yang tergolong besar, kuat, dan lebih agresif. Tikus got ini lebih bisa survive meskipun di iklim dingin maupun panas. Lebih kuat kekebalan tubuhnya dibandingkan dengan tikus atap dan nyinying. Jika ditimbang, tikus got memiliki bobot berat badan 200 sampai 250 gram. Ciri-ciri badannya memiliki bulu kasar, ekornya pendek, dan telinganya lebih kecil dibandingkan dengan jenis tikus lainnya.

Tikus Atap

Tikus Rattus RattusTikus atap atau Rof Rat yang dalam bahasa latinnya adalah Rattus Rattus merupakan salah satu jenis tikus yang sering tinggal di atap-atap rumah. Namun ada juga yang menyebutnya sebagai tikus abu-abu atau tikus kapal. Ukurannya lebih kecil yang hanya memiliki berat badan sekitar 150 sampai 250 gram saja. Namun untuk sistem reproduksi biologisnya hampis sama dengan tikus got. Tikus ini tergolong sebagai tikus vegetarian alias tidak memakan daging sama sekali.

Tikus Nyinying

Tikus Mus MusculusTikus nyinying atau biasa dikenal dengan tikus Pithi, house mouse yang dalam bahasa latinnya adalah Mus Musculus merupakan salah satu jenis tikus rumahan. Awalnya tikus jenis ini berkembang di Asia Tengah dan mulai menyebar dari Iran ke Rusia hingga seluruh dunia. Tubuhnya paling mungil di antara jenis tikus lainnya. Di mana tikus ini hanya memiliki berat badan sekitar 50 sampai 100 gram saja.

Ciri badannya memiliki daun telinga yang lebih lebar, bulu halus dan ekornya lebih panjang dibandingkan tubuhnya. Dia sangat menyukai sereal, biji bijian, rumput, serangga, dan makanan apapun. Jenis tikus ini tergolong tikus yang suka bersarang di tempat yang hangat dan mampu beradaptasi di cuaca ekstrim. Jadi, tak heran kalau Anda menemukan jenis tikus ini di freezer.

Tikus nyinying atau mencit ini merupakan sejenis makhluk yang sangat fantastis, di mana ia mampu beradaptasi dengan baik dan sehat sepanjang tahun yang mana banyak yang beranggapan bahwa tikus ini yang paling cerdas dibandingkan dengan jenis tikus lainnya. Pola hidup mereka sangatlah desduktrif, namun sangat bermanfaat bagi ekosistem dan manusia yang mungkin tidak bisa kita duga sebelumnya.

Kita bisa menemukan jenis tikus ini di gudang, laci, lemari, bahkan pendingin. Dia memiliki panjang tubuh sekitar 6 sampai 10 centimeter, dan ekornya lebih panjang dibandingkan dengan panjang tubuhnya. Ia memiliki ciri moncong yang runcing, telinganya besar, matanya kecil dan memiliki bulu berwarna cokelat muda dan abu-abu muda. Biasanya jenis tikus ini memiliki jatah hidup sekitar 9 sampai 12 bulan saja. Di usia 1,5 bulan sudah dianggap sebagai tikus dewasa. Nah, itulah tiga jenis tikus yang sangat dominan kita temui.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.