Kota Purwokerto

Pariwisata di Kota Purwokerto sangat bergeliat 5 tahun belakangan. Banyak muncul destinasi wisata yang baru di berbagai pelosok. Jika dulu warga kota satria ini hanya mengenal kawasan wanawisata Baturaden, maka kini justru pembangunan spot pariwisata menyebar di daerah pinggiran, seperti Ajibarang.

Meskipun tergolong kota kecil, namun Purwokerto sering dianggap sebagai zona merantau dan melancong terbaik. Mengapa? Karena harga barang-barang kebutuhan pokok seperti pangan sangatlah terjangkau. Biaya hidup di kota ini tergolong termurah se-Indonesia. Meski begitu, bagi siapapun yang datang ke sini untuk tujuan wisata maupun migrasi akan tetap bisa menikmati kemajuan shopping mall yang lengkap dengan bioskop, yakni di Rita Super Mall Purwokerto.

Biasanya tempat pariwisata dikelola oleh pemda, namun kebanyakan tempat wisata baru di Purwokerto justru dikelola oleh perseorangan. Misalnya orang yang memiliki lahan dengan view yang indah, akan membuka destinasi baru, contohnya di Bukit Pandang Baturaden, ini ternyata lahan milik warga lokal. HTM masuk Bukit Pandang hanyalah Rp3000 saja.

Di bawah ini adalah beberapa tempat wisata terbaru di kota Purwokerto yang wajib dikunjungi.

1. Bukit Pandang Munggang

Bukit Pandang Munggang Banyumas PurwokertoAnak Purwokerto yang belum pernah berkunjung ke Bukit Pandang Munggang Banyumas Purwokerto dipastikan kudet dan kuper. Bukit yang memiliki view indah dari ketinggian ini menawarkan spot foto yang instagramable banget dengan ornamen berupa pintu-pintu dan jendela untuk memandang panorama desa Ketenger, Baturraden!

Baca Juga : Traveling Sendirian Di Indonesia – Solo Backpacker

2. Small World

Small World PurwokertoBukan tergolong wisata baru, namun tetap wajib dimasukkan ke dalam daftar ini karena Small World yang juga masih berada di desa penyangga Baturraden ini terus mempercantik dirinya. Small World Purwokerto adalah miniatur dunia, di sana kita bisa melihat aneka landmark terkenal dari banyak negara di dunia, seperti Kincir Angin Belanda hingga Monas.

3. The Village

The Village PurwokertoKalau ingin menikmati sensasi pedesaan Eropa lengkap dengan bangunan ala Eropa, maka the Village cocok banget buat liburan bareng keluarga! Di sana para pengunjung juga bisa menikmati berbagai santapan lokal di Foodcourt yang disediakan.

4. Curug Gomblang

Curug Gomblang PurwokertoBerada di Kalisalak, air terjun mini ini menawarkan ketenangan. Bebatuan di bawah 2 buah air terjun mampu menyihir siapapun yang datang. Hijaunya dedaunan juga akan menyejukkan napas.

5. Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan Pinus Limpakuwus PurwokertoTak mau kalah dengan daerah berhutan lainnya, pemkab Banyumas pun meluncurkan Hutan Pinus Limpakuwus sebagai destinasi baru. Sebagaimana di wisata pinus lainnya, para pengunjung akan bisa duduk-duduk di bawah jajaran pohon pinus yang indah.

Baca Juga : Tips Backpacker ke Gunung

6. Bukit Agaran

Bukit AgaranMau membuat film pendek dengan background yang keren? Bukit Agaran nampaknya cocok jadi lokasi syuting. Kamu bisa memandang kota Purwokerto dari ketinggian. Bukit ini terletak di desa Melung, Baturaden.

7. Camp Area Umbul Bengkok

Camp Area Umbul BengkokUntuk mereka yang lebih senang camping di camping ground resmi, Purwokerto juga punya loh! Namanya CAUB atau singkatan dari Camp Area Umbul Bengkok Purwokerto. Lokasinya di Karangsalam.

8. Banyu Mili

Siapa yang ingin berfoto di atas bunga matahari? Datanglah ke Banyu Mili. Wisata yang sering disebut Bali ini terletak di desa Windujaya, Kedungbanteng. Namun jalan menuju ke sana masih susah, jadi disarankan untuk pakai kendaraan roda dua saja.

9. Wuwu Kembar

Masih bertema bunga matahari, tapi kali ini bunganya asli, tidak seperti Banyumili. Nah, Wuwu Kembar yang ada di desa Karangsalam ini adalah spot wisata yang menawarkan kebun bunga matahari.

10. Pasar Jongkok de Jure

Untuk pecinta otomotif, pernahkah membayangkan hari di mana bisa duduk-duduk dan jongkok ngobrolin sparepart bareng teman-teman komunitas? Nah, pasar Jongkok de Jure ini cocok banget dikunjungi. Ini adalah event pasar yang diselenggarakan seminggu sekali di area parkir Cheers Club, KTV Purwokerto.

Dari berbagai tempat wisata Baru di Purwokerto di atas, manakah yang mau dikunjungi? Jangan lupa kalau mau bepergian di kota ini harus membawa payung karena sebagian besar lokasi wisata rentan hujan kabut, maklum, terletak di daerah perbukitan dan kaki gunung Slamet!




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.