Berbagai Tips Backpacker ke Gunung Untuk Perjalanan Menyenangkan

Anda pasti sudah sering mendengar istilah backpacking atau backpacker. Sebenarnya apa itu backpacking? Backpacking bisa diartikan sebagai cara berwisata yang independen, seringkali pula keliling dunia, dengan biaya yang lebih sedikit. Seorang backpacker biasanya berwisata untuk jangka waktu yang lebih panjang daripada turis pada umumnya. Bahkan bisa mengunjungi beberapa negara sekali jalan.

Baca Juga :
Traveling Sendirian Di Indonesia – Solo Backpacker

Backpacking sendiri adalah istilah yang sangat luas. Ada backpacker yang mengisi perjalanan mereka dengan menyusuri hutan dan tidur di tenda, tetapi ada juga backpacking versi lebih mewah – menggunakan koper, tidur di hotel, dan menyewa mobil untuk mengelilingi kota. Kali ini, kita akan membahas backpacking dengan tujuan ke gunung.

Banyak hal yang harus Anda persiapkan dalam backpacking. Oleh karena itu anda membutuhkan tips wisata untuk backpacker. Mulai dari menyiapkan perbekalan, peralatan, dan mempersiapkan ketahanan fisik Anda.

Tak heran, banyak backpacker pemula ragu untuk mencoba backpacking ke gunung. Tetapi sebenarnya Anda tidak perlu takut dan ragu. Di artikel ini, Anda akan menemukan berbagai tips backpacker ke gunung agar Anda lebih siap.

Baca Juga :
Tempat Wisata Di Indonesia Yang Terkenal Terbaru

Tips Pergi ke Gunung untuk Backpacker

1. Rencanakan perjalanan Anda dengan matang.

Dalam perjalanan apa pun, termasuk backpacking, Anda harus merencanakan segalanya dengan sungguh-sungguh agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Anda ingin menikmati pemandangan yang indah, bukan terjebak oleh jalan yang tidak bisa dilewati.

Pilihlah sebuah lokasi yang tidak terlalu jauh sehingga Anda bisa menjadwal ulang perjalanan Anda seandainya cuaca tidak mendukung. Carilah informasi tentang wisata yang lengkap, anda bisa mendapatkan informasi wisata yang anda inginkan di situs https://www.topijelajah.com/.

Selain itu, pilih rute yang sudah dikenal banyak orang dengan banyak petunjuk jalan, tidak banyak halangan, dan banyak persediaan air. Jangan berencana untuk mendaki lebih dari 11 kilometer per harinya, khususnya jika Anda pemula.

Sebelum memulai perjalanan, ada tips backpacker ke gunung yang sangat penting untuk Anda ingat. Beri tahu orang-orang yang Anda percaya tentang tujuan Anda, seandainya terjadi sesuatu.

2. Bawa perlengkapan yang memadai.

Pada saat ini, sudah tersedia berbagai peralatan ringan yang tidak akan membebani Anda jika dibawa backpacking ke gunung.

Yang perlu Anda bawa saat backpacking di antaranya adalah: tenda, sepatu boot, pakaian secukupnya, kompor portabel (dengan tabung gas kecil tentunya), kantung tidur, dan hiburan jikalau Anda bosan. Bawalah satu set kartu remi atau buku kesukaan Anda.

Jangan lupa untuk menyiapkan sebuah filter air, karena air yang kelihatannya jernih pun bisa mengandung organisme dan bahan kimia yang berbahaya jika terminum. Filter air penting karena tidak mungkin Anda membawa berliter-liter air mineral.

Jenis tas yang Anda bawa juga perlu diperhatikan. Saat Anda membeli ataupun menyewa tas gunung, cobalah dulu mengenakannya dan pastikan terasa nyaman. Coba isi tas tersebut dengan barang-barang yang akan Anda bawa. Jika tas tersebut terasa nyaman di punggung maupun di pinggang Anda, kemungkinan tas tersebut sudah sesuai.

3. Siapkan bekal makanan yang cukup.

Dengan membaca tips backpacker ke gunung ini, Anda akan tahu bahwa pergi ke gunung tidak berarti Anda harus makan dengan bahan seadanya. Anda tetap bisa menikmati makanan enak. Kuncinya, gunakan bahan-bahan makanan yang cepat dimasak atau instan.

Rencanakan menu Anda untuk seluruh perjalanan. Contohnya, siapkan sereal, susu, dan bubur oat instan untuk sarapan. Untuk makan siang, buatlah beberapa sandwich kesukaan Anda. Untuk makan malam, Anda bisa menyiapkan pasta atau burrito. Sebenarnya, Anda bisa membawa menu apa pun yang Anda mau untuk bekal, selama itu praktis dan tahan lama.

Lengkapi juga perbekalan Anda dengan peralatan masak. Untuk menghemat biaya, carilah panci, gelas, piring, dan peralatan makan lain yang murah. Pastikan cukup untuk memasak dan menikmati semua makanan Anda. Juga siapkanlah sabut cuci dan sabun biodegradable untuk mencuci peralatan Anda.

Baca Juga :
Liburan Murah Di Jakarta – Daftar Tempat Wisata Di Jakarta

4. Siapkan fisik Anda.

Backpacking tentu saja memerlukan banyak tenaga. Jika Anda tidak terbiasa, Anda bisa terhenti di tengah jalan. Berlatihlah dahulu di rumah demi perjalanan yang lancar dan tidak terlalu melelahkan.

Misalnya, bawalah beban sebanyak yang akan Anda bawa saat backpacking dalam aktivitas sehari-hari. Ini juga bisa untuk memastikan ketahanan tas yang Anda bawa. Untuk olahraga, perkuatlah otot-otot Anda, khususnya otot kaki. Anda bisa melatih otot kaki Anda menggunakan tangga.

5. Bekali diri Anda dengan kemampuan dasar backpacking.

Sebelum memulai perjalanan Anda, berlatihlah menggunakan semua alat-alat Anda di sekitar rumah. Dirikan tenda, nyalakan kompor, dan coba menggunakan filter air Anda.

Selain itu, ingat untuk selalu beretika baik di alam. Anggap backpacking atau camping seperti bertamu di rumah orang lain. Jangan merusak apa pun. Jangan pernah merusak tumbuhan atau membunuh binatang yang Anda temui.

Hindari kemungkinan tersesat dengan cara memperhatikan sekeliling Anda sejak mulai backpacking. Banyak tanda-tanda alam yang bisa Anda jadikan pedoman atau arah jalan pulang. Jika memungkinkan, gunakanlah GPS.

6. Jangan membawa anak kecil atau peliharaan.

Jika ini adalah perjalanan backpacking pertama Anda, sebaiknya Anda tidak mengambil risiko dengan membawa anak kecil atau peliharaan Anda. Mungkin keberadaan mereka akan membuat perjalanan terasa lebih seru, namun mereka bisa jadi malah merepotkan.

Harapannya, tips backpacker ke gunung ini bisa membantu Anda mempersiapkan perjalanan Anda selanjutnya dengan baik. Patuhilah semua aturan yang Anda temukan di jalan. Jangan sembrono, karena semua harus dilakukan dengan hati-hati di alam.

Baca Juga :
Tempat Wisata Terindah Di Dunia Yang Murah Dan Mudah Dikunjungi

Demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan, selalu hati-hati dengan segala hal yang Anda lakukan. Jangan pernah mengambil risiko dengan melakukan hal-hal ekstrim atau nekat. Selalu harapkan yang terbaik, dan jangan lupa meminta restu dari keluarga dan teman-teman Anda. Untuk mengetahui tips lainnya dan destinasi wisata seru untuk backpacker silakan mengunjungi situs https://www.topijelajah.com/




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.