Home Informasi Waktu Tidur Siang yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Waktu Tidur Siang yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Waktu Tidur Siang yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Waktu Tidur Siang yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh, Banyak orang beranggapan bahwa tidur siang adalah ciri khas untuk orang pemalas. Pendapat kuno seperti itu tentu saja tidak memiliki dasar yang pasti. Sekarang ini malah banyak perusahaan – perusahaan besar yang memberikan waktu untuk digunakan tidur siang. Bahkan perusahaan besar seperti Google dan Facebook memberikan sebuah ruangan yang disediakan untuk karyawannya yang ingin tidur siang.

Profesor kedokteran dan fisiologi di University of Tornro mengatakan bahwa tidur siang tidak ada kaitannya dengan kemalasan seseorang, bahkan menurutnya tidur siang adalah hal yang baik yang bisa kamu lakukan agar produktivitas dan kinerja otak menjadi optimal.

Bila kamu kurang tidur pada malam hari karena kerja lembur sampai larut malam atau pun mengurus bayi, maka kamu tetap perlu untuk tidur di siang hari. Tidur siang bisa menjadi pengganti dari tidur malam.

Kantuk pada siang hari juga berhubungan dengan ritme sirkadian, jam biologi 24jam tubuh yang mempengaruhi kapan saatnya kita untuk tidur. Sesuai dengan ritme sirkadian, temperatur tubuh menjadi menurun pada saat siang hari menjelang sore, yaitu antara jam 1 siang – 4 sore. Sudah menjadi hal umum ketika pada jam tersebut, tubuh kamu menjadi lemas dan menjadikan kinerja lambat.

Pola Tidur yang Baik

Mempunyai kebiasaan tidur siang bukan sebuah hal yang buruk. Tetapi perlu kamu ketahui, ketika kamu selalu setiap hari muncul rasa ingin tidur pada siang hari cermati kegiatan kamu di malam hari. Jika kamu memiliki gangguan insomnia pada malam hari, tidak disarankan untuk tidur pada siang hari karena hal itu bisa memperparah insomnia kamu.

Pola tidur yang baik sebenarnya adalah mulai tidur pukul 8 malam atau paling lambat pukul 10 malam. Dan lama untuk tidur malam hari adalah 7 sampai 8 jam. Jika belum mencukupi, kamu bisa menggantinya dengan tidur siang.

Waktu Tidur Siang yang Baik

Lalu pukul berapa yang baik menurut dunia kesehatan ? Profesor bidang psikologi di Laval University berpendapat bahwa tidur siang bisa dilakukan antara pukul 13.00 – 16.00. Pada saat itu, tubuh secara alami menginginkan tidur.

Lama waktu tidur siang yang ideal menurut ahli psikologi adalah 15 menit sampai 30 menit saja. Pada waktu akan tidur siang, usahakan jangan terlalu lama karena akan menimbulkan dampak ritme sikardian tidur pada malam hari. Jika kamu tidur melebihi durasi 30 menit, akan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Seseorang yang tidur siang lebih dari setengah jam atau bahkan lebih dari satu jam akan mengalami kenyenyakan tidur dan akan sulit untuk dibangunkan. Jika kamu pernah tidur siang hingga berjam – jam maka kamu akan mengalami seperti mabuk atau kurang sadarkan diri, hal ini disebut dengan inersia tidur.

Setelah mengetahui informasi tersebut, saatnya kamu mengubah pola tidur baik itu tidur di malam hari atau siang hari. Jujur saya sendiri pun sering sekali tidur siang hingga 2 sampai 3 jam 😀 semua itu karena saya terlalu lelah pada malam hari dan tidur pada larut malam hari. Setelah saya menuliskan artikel ini, semoga saya bisa mengubah pola tidur siang saya hehe.

Nah, untuk kamu yang sama seperti saya, ada baiknya mulai sekarang kita mengubah pola tidur. Dalam islam pun Nabi Muhammad memiliki rutinitas tidur pada siang hari tidak lebih dari satu jam dan itu dilakukan beliau pada pukul 10.00 – 11.00 siang atau sebelum shalat dzuhur. Nah, sesuaikan saja dengan kebutuhan tidur kamu, misal tubuh sudah lemas di jam 11 ya silakan tidur sampai mendekati waktu shalat dzuhur, sekitar 30 menit tidur. No ratings yet.

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.