Daftar Wisata Jogja Untuk Rombongan

Wisata merupakan kegiatan yang menyenangkan, apalagi tidak hanya sendiri tapi bersama rombongan seperti keluarga besar, tetangga RT, atau rombongan lainnya. Salah satu tempat tujuan wisata yang banyak peminatnya karena tempat yang indah dan banyak pilihan adalah jogja.

Jogja menyimpan beragam wisata yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai di jogja terdapat beberapa pilihan seperti parang tritis, pantai drini, pantai pok tunggal, pantai wediombo dan beberapa pantai lainnya. Wisata kuliner, museum dan candi juga ada di Jogja.

Kalau di pantai tentunya sangat seru bersama rombongan, bermain bersama dan bercanda di tepi pantai sembari menikmati pemandangan alam yang indah. Tapi tetap waspada dan mengedepankan keselamatan ya.

Untuk menunjang wisata yang nyaman dan biar tidak ribet kesana memikirkan akomodasi, transportasi, makan dan lain-lain, bisa menggunakan jasa paket wisata jogja untuk rombongan. Paket wisata jogja paling banyak diminati adalah paket one day tour dan ada juga pilihan paket wisata beberapa hari, sesuaikan saja dengan keinginan rombongan.

Wisata jogja yang cocok untuk rombongan

Sebelum menggunakan jasa paket wisata jogja untuk rombongan, alangkah baiknya menentukan dulu tujuan dari wisata bersama rombongan itu untuk apa. Apakah untuk edukasi atau hanya untuk bersenang-senang menjelang liburan.

1. Wisata edukasi rombongan

Rombongan yang anggotanya lebih banyak anak-anak misalnya paud, TK dan SD, paket wisata edukasi adalah pilihan tepat. Wisata edukasi disini sama saja belajar di luar kelas yang mana objek wisata memiliki nilai historis dan tidak memberikan pengetahuan bagi pengunjung.

Museum merapi, menjadi pilihan pertama untuk dikunjungi ketika memilih paket wisata edukasi. Museum ini menjadi salah satu museum paling unik di Indonesia dan di dalamnya membahas informasi yang cukup menarik mengenai gunung api yang terkenal aktif. Ketika memasuki ruang pertama, rombongan akan diajak untuk melihat alat peraga yang berukuran besar dan berfungsi untuk memperlihatkan erupsi Gunung Merapi.

Museum ullen sentalu, pilihan kedua ada di museum yang di dalamnya banyak pengetahuan mengenai kebudayaan jawa, sastra dan tarian. Bahkan di museum ini terdapat pula informasi mengenai kebiasaan masyarakat Jawa yang telah ada sejak 1600 tahun yang lalu, yakni sejak zaman kerajaan Mataran Kuno. Letak museum ullen sentalu ini sekitar 25 KM menuju kaki Gunung Merapi, atau tepatnya di kabupaten Sleman.

2. Paket wisata bahari

Maksud dari wisata bahari adalah tujuan dari wisata yang dikunjungi adalah tempat-tempat yang mengandalkan wisata air. Wisata bahari yang dimaksudkan berbeda dengan wisata bahari yang ada di Lamongan, karena di Jogja wisata bahari yang terdapat wahana air masih diwacanakan. Berikut adalah tempat wisata bahari/air yang siap memanjakan rombongan.

Pantai indrayanti, jika rombongan sudah pernah dan bosan ke pantai parangtritis, mungkin pilihan pertama yang tepat adalah ke pantai indrayanti. Inilah pantai andalan Jogja yang terkenal bahkan hingga mancanegara. Di tepi pantai Indrayanti terdapat beberapa gubuk warung dan spot foto cantik dan romantis. Pasir di pantai Indrayanti berwarna putih sehingga menambah kesan eksotis.

Pantai siung, apabila masih belum puas ke pantai indrayanti rombongan dapat diajak ke pantai siung yang terletak di Gunung Kidul. Pantai ini cukup terkenal bagi masyarakat Jogja. Pantai ini masih cukup bersih dan tidak terlalu ramai pengunjung, sehingga rombongan akan betah berlama-lama disini. Pantai siung juga terdapat tebing-tebing sehingga menambah keindahan alam.

Pantai nglambor, pantai ini memiliki pemandangan yang bisa dibilang secantik perawan. Pesona alamnya yang hijau berpadu birunya air laut. Pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai tanpa perlu berbasah-basah, dapat naik ke bukit yang terletak tak jauh dari pantai. Dari bukit ini, bisa berfoto ria bersama-sama dengan background panorama alam.

Sendang ngembel, wisata bahari di Jogja memang tidak hanya pantai. Salah satu wisata air yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah sendang ngembel. Sendang ini terletak di pajangan dan merupakan pulau kecil di tengah danau yang di atasnya ditumbuhi beberapa pohon. Ada jalan kecil yang menghubungkan antara darata dengan pulau tersebut. Meski tidak untuk mandi, para rombongan dapat bersantai di gazebo-gazebo yang berada disekeliling sendang sambil menikmati makanan.

3. Paket wisata legendaris

Selain wisata alam seperti pantai, Jogja juga terkenal dengan berbagai tempat wisata yang kental dengan tempat-tempat bersejarah. Liburan ke Jogja bersama rombongan dengan tujuan mengenal tempat-tempat legendaris Indonesia akan menjadi istimewa apabila memilih tempat-tempat berikut ini.

Keraton Jogjakarta, datang ke Jogja terasa tidak lengkap tanpa mengunjungi ikon utama di kota Jogja. Kraton ini merupakan bangunan sultan hamengkubuwono sejak zaman kerajaan-kerajaan. Meskipun terlihat seperti istana raja, sekarang bangunan ini menjadi sebuah museum sejarah dan budaya yang boleh dikunjungi oleh para wisatawan. Kraton Jogja terletak di selatan nol kilometer kurang lebih 1 kilometer. Di sini, rombongan wisata dapat melihat dan belajar kebudayaan kraton Jogja hingga bisa melihat abdi dalem melakukan aktivitasnya.

Candi prambanan, menjadi pilihan yang tepat untuk mengenal sejarah kebudayaan dan peninggalan sejarah di Indonesia. Candi prambanan menjadi warisan leluhur Indonesia yang wajib untuk dipelajari. Candi ini memiliki daya tarik magis yang tidak hanya indah bentuknya, tetapi memiliki makna yang terukir dalam setiap goresan relief. Wisata edukasi ini sangat cocok dikunjugi oleh rombongan dan berfoto pada salah satu area di candi prambanan.

Taman tebing breksi, berlokasi tidak jauh dari Candi Prambanan, rombongan wisata dapat mampir ke tebing breksi. Tebing ini menjadi salah satu tempat yang unik karena pada dinding tebing terukir berbagai bentuk seperti naga dan ukiran wayang. Tebing ini memiliki daya tarik tersendiri karena hanya di tebing ini ditemukan batuan jenis tupan yang merupakan hasil endapan gunung api.

Gudeg mbah lindu, kalau sudah cukup puas berkeliling wisata Jogja ada baiknya mencoba wisata kuliner legendaris. Di kota Jogja memang ada banyak penjual gudeg karena memang ini adalah makanan khas Jogja, tapi salah satu gudeg yang memiliki nilai historis adalah Gudeg mbah lindu. Gudeg ini diambil dari nama pemiliknya yang saat ini telah berusia hampir seratus tahun. Menurut mbah lindu, Ia telah berjualan gudeg sejak penjajahan Jepang dan cita rasa nya pun tidak berubah karena beliau lah yang meracik sendiri bumbu gudeg.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.