Telegram

Aplikasi instant messeger saat ini memang sudah banyak sekali beredar, dimana WhatsApp masih menjadi aplikasi dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Akan tetapi belakangan ada aplikasi Messemger lain yang juga tak kalah keren lho, namanya adalah Telegram.

Aplikasi pesan instant yang mulai banyak digemari oleh para pengguna ponsel tersebut memiliki banyak sekali fitur menarik yang menjadi daya tariknya, sehingga tidak heran banyak orang kepincut menggunakannya. Penasaran seperti apa sebenarnya layanan Telegram ini dan seperti apa keunggulannya? Mari simak bersama ulasannya dibawah ini.

A. Pengertian Telegram

Dalam Wikipedia, Telegram ini diartikan sebagai aplikasi pesan instant multiplatform yang berbasis cloud, dimana aplikasi ini gratis dan bersifat nirlaba. Aplikasi Telegram ini juga bisa digunakan pada banyak sistem operasi, mulai dari Android, iOS, Ubuntu Touch, Windows Phone, dan juga berbagai perangkat computer seperti MacOS X, Windows, bahkan Linux.

Dengan menggunakan Telegram ini, maka pengguna pun bisa saling berkirim pesan, foto, video, audio, bahkan file maupun tipe berkas lainnya. Telegram ini dikembangkan pertama kali oleh perusahaan Telegram Messenger LLP yang didukung oleh seorang wirausahawan asal Rusia bernama Pavel Durov.

Layanan Telegram ini juga menyediakan API bagi para developer (pengembang), hal ini bertujuan agar mereka bisa membuat stiker animasi, widgets, perubahan tampilan, hingga bot yang akan membuat layanan dari Telegram ini makin menarik bagi banyak orang.

B. Sejarah Telegram

Perusahaan Telegram Messenger LLP ini dibangun oleh orang Rusia bersaudara yakni Nikolai dan Pavel Durov. Sebelumnya dua orang ini membuat jaringan sosial Rusia yang memiliki nama VK dan telah mereka tinggalkan pada saat diambil oleh Grup Mail.ru.

Nikolai Durov ini fokus untuk menciptakan protocol MTProto yang menjadi dasar perkembangan Telegram tersebut, sementara untuk Pavel Durov berperan sebagai pemberi dukungan serta infrastruktur dan juga soal pendanaan bekerjasama dengan mitranya yakni Digital Fortress Axel Neff yang menjadi salah satu pendirinya (co-founder).

Pada saat sudah terdaftar sebagai LLP di Inggris dan LLC di Amerika, mereka tidak ingin mengungkapkan dimana letak kantornya. Alasannya untuk melindungi tim mereka dari pengaruh luar yang tidak penting, serta melindungi para pengguna dari permintaan data yang biasa dilakukan pemerintah. Namun dari informasi pers yang bereda, jika Telegram ini memikiki karyawan yang berada di St. Petersburg serta tim yang berbasis di Dubai serta UAE.

Pada Agustus 2013, Telegram ini telah resmi diluncurkan pada perangkat iOS, setelah itu dilanjutkan pada perangkat Android di bulan Oktober 2013. Dalam waktu dua bulan diluncurkan, Telegram ini pun sudah memiliki sekitar 100 ribu pengguna aktif harian.

Dan pada bulan Maret 2014, Telegram pun telah sukses menjangkau pengguna total keseluruhan mencapa 35 juta serta memiliki pengguna aktif harian mencapao 15 juta. Lalu dibulan Desember 2014 tercatat jika Telegram ini sukses menembus angka 50 juta pengguna, dan mereka menghasilkan 1 Miliyar pesan harian, dan 1 juta pengguna baru mendaftar setiap minggunya.

Dan dibulan Februari 2016, Telegram ini pun akhirnya sukses menembus angka 100 juta pengguna aktif  bulanan, dengan rata-rata 350 ribu pengguna baru yang mendaftar setiap hari. Lalu pada 24 April 2020 lalu, Telegram mengumumkan jika mereka mencapai 400 juta pengguna aktif bulanan, serta menjadikan bukti jika Telegram bisa diterima oleh banyak orang.

C. Fitur Telegram

Alasan kenapa Telegram ini memiliki banyak sekali peminatnya tentu tidak terlepas dari fitur keren yang mereka tawarkan, apa sajakah itu? Simak jawabannya berikut ini:

1. Secret Chat

Sesuai namanya ya, Secret Chat ini adalah sebuah fitur chat rahasia yang dimiliki oleh Telegram guna menjaga privasi dari para penggunanya dalam melakukan komunikasi. Dalam prakteknya, fitur ini menggunakan teknologi berbasis Client-to-Client dengan memakai protocol kemanan MTProto.

Dengan adanya teknologi tersebut, maka komunikasi antar pengguna pun tidak akan disimpan pada server cloud Telegram, jadi hal ini tentu berbeda dengan chat default Telegram yang datanya tersimpan dalam Cloud seperti aplikasi pesan instant lain.

Selain itu, dalam menggunakan Secret Chat ini pengguna juga tidak akan bisa melalukan pengambilan gambar (Screenshot). Untuk lebih detailnya, berikut kelebihan Secret Chat Telegram yang perlu anda ketahui:

  • Memakai teknologi Enkripsi End-to-End
  • Tidak akan meninggalkan jejak di Cloud Server Telegram
  • Pesan bisa hancur / hilang secara otomatis dengan jangka waktu 1 detik – 1 minggu
  • Tidak bisa melakukan screenshot obrolan
  • Tidak bisa meneruskan pesan (forward)

2. Grup Telegram

Untuk layanan selanjutnya ini tentu sudah banyak dimiliki oleh aplikasi pesan instant pada umumnya. Telegram juga memberikan fitur bernama grup chat yang memungkinkan pengguna bisa membuat obrolan dengan banyak orang dalam satu wadah.

Yang menjadi kelebihan Telegram ini dibandingkan WhatsApp pada grup chat ini adalah, jika WhatsApp hanya membatasi 256 anggota saja dalam satu grup, sementara Telegram ini bisa memiliki hingga 200 ribu anggota dalam satu grup. Dengan jumlah anggota yang lebih besar ini, maka akan lebih leluasa lagi dalam mengelola bisnis maupun komunitas nantinya.

3. Channel Telegram

Satu lagi fitur keren yang dimiliki oleh Telegram, dimana memungkinkan pengguna bisa membuat channel. Fitur ini pertama kali rilis pada pertengahan tahun 2015, dimana tujuannya adalah untuk membangun sebuah komunitas tertentu dan memiliki jumlah pengikut tak terbatas.

Fungsi dari channel ini sepintas mirip dengan grup chat, hanya saja yang membedakan adalah hanya pembuat channel saja yang bisa mengirimkan pesan. Dalam perkembanganya, channel Telegram ini pas banget digunakan sebagai media penyebaran informasi satu arah (broadcast) berupa teks, video, foto, dokumentasi, serta beberapa file lainnya.

4. BOT Telegram

Satu lagi fitur keren yang dimiliki oleh Telegram, dimana mereka memiliki fitur yang bernama BOT. BOT ini adalah sebuah akun Telegram yang bisa dioperasikan oleh sebuah program secara otomatis, dimana contohnya setiap kali ada orang yang mengirimkan sebuah pesan berupa kode, dan dipahami oleh BOT tersebut, maka Bot ini akan langsung menjawab secara langsung.

Dan kini seiring berjalannya waktu, Bot Telegram sudah dipakai untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari industry game, translate bahasa, download file, bahkan hingga pembayaran yang sudah didukung oleh sejumlah provider ternama seperti Apple Pay, Yandex.Money, Paymentwall, Stripe, Ravepay, dan masih banyak lagi.

D. Kelebihan Telegram

1. Punya Keamanan Terbaik

Sudah bukan rahasia umum lagi, jika Telegram ini memang diklaim memliliki fitur keamanan terbaik dalam menjaga privasi pengguna. Teknologi enksrips Simetrik yang mereka beri nama MTProto ditambah dengan enkripsi AES 256-bit, RSA 2048 dan Diffie-Hellman membuatnya sulit sekali untuk ditembus.

Telegram ini juga merupakan aplikasi yang bersifta OpenSource, jadi para peneliiti pun bisa memantau atau bahkan menganalisa apakah aplikasi tersebut aman apa tidak.

2. Memiliki Penyimpanan Berbasis Cloud

Sama seperti aplikasi pesan instant pada umumnya, jika Telegram ini juga memiliki penyimpanan berbasis cloud. Dengan begini memungkinkan pengguna bisa mengakses semua pesan maupun file yang tersimpan di Telegram melalui berbagai perangkat, baik dari computer maupun smartphone. Semua file ini komplit, dan bisa diunduh kapanpun anda inginkan.

3. Batas Pengiriman File Sangat Besar

Seperti yang diketahui bersama, jika WhatsApp membatasi pengiriman file mereka hingga kapasitas 1 GB, sementara untuk Telegram ini dua kali lebih besar dibandingkan mereka karena memiliki batas pengiriman file hingga 2GB.

Yang menarik lagi, Telegram memberikan pilihan kepada pengguna pada saat mengirim file tersebut, apakah mereka ingin melakukan kompresi atau dikirim dengan ukuran file asli. Opsi ini tentu tidak dimiliki oleh WhatsApp karena mereka secara otomatis melakukan kompresi file yang dikirim, sehingga hasilnya pun bakalan pecah.

4. Kapasitas Grup Lebih Besar

Di awal kedatangannya, Telegram ini memberikan kapasitas menampung anggot grup sebanyak 5.000 akun, akan tetapi saat ini mereka kembali meningkatkannya hingga berkali lipat menjadi 200 ribu anggota dalam satu grup.

Dan karena hal tersebut, membuat Telegram menjadi satu-satunya aplikasi yang memiliki grup chat dengan anggota paling banyak dibandingkan aplikasi manapun. Bahkan untuk Channel Telegram ini malah tidak ada batasan anggota yang mengikutinya, bisa ribuan atau bahkan jutaan.

5. Multi Profile

Telegram ini memungkinkan para pengguna bisa membuat lebih dari satu akun atau istilah kerennya disebut dengan multi-profile. Jelas opsi ini pas banget bagi para pengguna yang suka gonta-ganti akun, khususnya bagi mereka yang memiliki dua nomor aktif, dan kedua nomor itu pun bisa memiliki Telegram aktif juga nantinya.

E. Kekurangan Telegram

1. Tidak Memiliki Fitur Video Call

Layanan Video call saat ini memang menjadi hal yang sangat wajar dan banyak digunakan, namun sayangnya Telegram tidak memilikinya. Belum tau alasan kenapa fitur ini tidak dihadirkan, padahal banyak competitor yang menggunakannya.

Mungkin karena mereka memegang teguh prinsip privasi pengguna sangat penting sehingga tidak memberikan layanan tersebut. Dan siapa tahu karena banyak desakan dari pengguna, Telegram pun akan merilis fitur tersebut suatu saat nanti.

2. Tidak Memiliki Fitur Stories

Satu lagi kekurangan Telegram yang sangat disayangkan, dimana mereka tidak menyediakan fitur stories seperti yang dimiliki oleh WhatsApp maupun Line. Mungkin alasannya masih sama, dimana mereka ingin menjaga privasi dari para pengguna.

Meskipun memiliki dua kekurangan tersebut, nampaknya hal tersebut tidak begitu dianggap masalah besar bagi sejumlah pengguna, karena masih banyak kelebihan dari Telegram yang layak diandalkan.

Kurang lebih seperti itulah pengertian, fitur, hingga pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Telegram. Semoga dapat membantu anda mengetahui lebih dalam mengenai layanan chatting satu ini.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.