Aplikasi Penghasil Uang Gratis? Kami memiliki Jawabannya

Jagad.id – Per Desember 2021, Sekitar 93,7% aplikasi tersedia gratis di Apple App Store. Tapi apa itu aplikasi penghasil uang gratis? Nah, itulah pertanyaan yang kami jawab lebih lanjut.

Aplikasi smartphone teratas telah menghadirkan banyak segmen untuk membuat hidup lebih mudah bagi lebih dari 6 miliar pengguna smartphone secara global. Pendidikan, navigasi, game, musik, dan lainnya, aplikasi smartphone ini menawarkan layanan dengan beberapa ketukan. Tetapi dengan aksesibilitas dan efisiensi seperti itu, bagaimana mereka bermanfaat bagi pengembang ketika mereka menyediakan aplikasinya secara gratis? Itulah pertanyaan yang kami jawab di blog ini.

Laporan Statistik memberi tahu anda bahwa di Google Play Store, pada Desember 2021, 97 aplikasi tersedia gratis untuk diunduh. Sistem operasi Android telah memimpin pasar aplikasi dengan jumlah aplikasi gratis terbaik untuk sementara waktu.

Apa Itu Aplikasi Penghasil Uang Gratis?

Selanjutnya, kami membahas bagaimana aplikasi dapat menghasilkan uang meskipun tersedia secara gratis. Jadi, tetaplah bersama kami sampai akhir blog ini untuk menemukan beberapa diskusi informatif.

1. Aplikasi berlangganan

Sebelum kami menjelaskan bagaimana aplikasi menghasilkan uang, mari kita lihat beberapa wawasan penting. Laporan BusinessofApps menunjukkan, pada tahun 2020, aplikasi berlangganan telah menghasilkan pendapatan senilai $13 miliar secara global. Dibandingkan dengan pendapatan $2,4 miliar pada tahun 2016, Anda dapat membayangkan pertumbuhan tahunan yang telah dilihat oleh aplikasi ini.

Namun, banyak aplikasi penghasil uang teratas seperti Netflix, Spotify, dan lainnya telah menghapus sistem langganan yang didukung oleh Google Play Store.

Ketika kami berbicara tentang aplikasi berlangganan, kami menyertakan aplikasi yang mengharuskan Anda membayar biaya berkala. Beberapa aplikasi mengikuti tren ini untuk memberikan akses ke fitur premium. Sementara aplikasi lain sepenuhnya bergantung pada pola berlangganan. Untuk perusahaan pengembang aplikasi seluler, metode berlangganan adalah salah satu tren paling umum dalam menghasilkan uang.

2. Pembelian dalam aplikasi

Jawaban atas pertanyaan “bagaimana aplikasi gratis menghasilkan uang?” tidak dapat diselesaikan tanpa membicarakan pembelian dalam aplikasi, salah satu cara paling umum untuk menghasilkan uang bagi pengembang aplikasi penghasil uang gratis. Ada banyak aplikasi menguntungkan yang memerlukan pembayaran untuk membuka kunci fitur premium atau menggunakannya di luar masa uji coba gratis.

Pembelian dalam aplikasi ini dilakukan dengan beberapa cara, berikut informasinya:

  • Langganan berulang- Di mana Anda membayar secara berkala untuk fitur tambahan. Misalnya, Royal Pass untuk game PUBG yang terkenal. Dengan Royal Pass, Anda dapat membuka fitur dan skin tambahan.
  • Token dalam game- Ini adalah sejenis mata uang yang membuka fitur tambahan seperti skin baru, layanan premium, tema baru untuk aplikasi game, dan banyak lagi.
  • Bayar per produk- Jika Anda pernah menggunakan layanan Desain Grafis seperti Canva, Anda mungkin tahu bahwa Canva menyertakan ikon dan elemen yang dapat dibuka kuncinya untuk desain Anda dengan membayar masing-masingnya. Alternatifnya, Anda juga dapat menggunakan langganan Canva Pro yang menyertakan elemen dan ikon ini.

3. Iklan dalam aplikasi

Menjawab pertanyaan “bagaimana aplikasi gratis menghasilkan uang?” akan terlihat tidak lengkap jika kita tidak membahas bagaimana iklan dalam aplikasi sangat penting untuk penghasilan pengembang. Dengan jangkauan dan jumlah pengguna yang baik, perusahaan dapat membayar pengembang untuk menampilkan iklan mereka di aplikasi.

Singkatnya, memungkinkan pengembang aplikasi penghasil uang gratis terbaik memiliki sumber penghasilan pasif. Sekarang, iklan dalam aplikasi dilakukan dengan berbagai cara. Untuk memahami bagaimana aplikasi gratis menghasilkan uang, mari kita pahami jenis iklan ini secara singkat.

  • Iklan spanduk (Banner ads)- Salah satu bentuk periklanan dalam aplikasi yang paling populer, iklan spanduk sering terlihat di bagian atas, bawah, atau keduanya di UI aplikasi. Tanpa mengganggu pengalaman pengguna, iklan ini mengiklankan produk atau layanan dengan salah satu cara yang paling efektif.
  • Iklan survei (Survey ads)- Dalam bentuk iklan dalam aplikasi ini, Anda mengatur beberapa survei seperti menonton video dan menjawab pertanyaan untuk memberi tahu pengguna tentang suatu produk atau layanan. Sebagai imbalan untuk mencoba video ini, aplikasi Anda memberi penghargaan kepada pengguna dengan koin atau hadiah dalam aplikasi. Jenis survei ini sering ditemukan di aplikasi game.
  • Iklan video (Video ads)- Di antara transisi dari satu layar ke layar lainnya, iklan video ini digunakan untuk menutupi waktu pemuatan. Biasanya 5-10 detik lebih lama, video semacam itu terkadang juga mengganggu pengguna, tetapi bagi pengembang, mereka membawa sponsor.
  • Iklan asli (Native ads)- Iklan yang sudah terintegrasi untuk merek tertentu, iklan ini biasanya disponsori dan aplikasi dirancang dengan mengingat iklan ini.
  • Iklan munculan (Pop-up ads)- Seperti namanya, saat menggunakan aplikasi, pengguna mendapatkan munculan termasuk iklan. Jenis iklan ini memerlukan koneksi internet dan terkadang dapat mengganggu pengguna.

4. Model freemium

Salah satu jawaban paling umum untuk pertanyaan tentang bagaimana aplikasi gratis menghasilkan uang tanpa iklan, model Freemium termasuk menawarkan fitur atau uji coba terbatas tanpa membebankan biaya apa pun. Misalnya, Anda dapat menggunakan aplikasi Adobe Lightroom di ponsel cerdas Anda untuk mengedit gambar secara gratis.

Namun, banyak filter dan fitur seperti masking yang didukung AI dan dukungan format RAW disertakan dalam langganan premiumnya. Freemium mungkin salah satu model paling populer yang akan Anda temukan di pasar pengembangan aplikasi.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang aplikasi penghasil uang gratis yang bisa anda ketahui dan gunakan. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, anda bisa mendapatkan penghasilan dengan mudah. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda menghasilkan uang dengan ponsel anda. Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA