Tampilan Desktop Windows 7

Bagi para pengguna perangkat Laptop/ Komputer yang sudah sangat lama, mungkin sudah tidak asing lagi namanya Windows 7, dikarenakan memang sistem operasi ini sangat populer dalam waktu yang cukup lama sebelum Windows 10 mulai digulirkan. Bahkan selama beberapa tahun setelah W10, masih banyak pengguna yang mengandalkan W7 sebagai sistem operasi andalan.

Tentu saja itu tidak lain berkat adanya berbagai macam kelebihan yang ditawarkan, bukan dari segi performance saja, melainkan dukungan terhadap aplikasi ataupun penyedia layanan pihak ketiga menjadikan sistem operasi W7 sulit untuk ditinggalkan, dan banyak pengguna masih memilih untuk tetap stay menggunakannya.

Akan tetapi ada beberapa kekurangan lainnya yang penting untuk diperhatikan oleh setiap pengguna Laptop/ Komputer, sebelum memutuskan untuk memasang Windows 7 atau mungkin terbaru dari Microsoft saja. Untuk mendapati keputusan tersebut, alangkah lebih baik jika memperhatikan dan mempertimbangkan berbagai macam pembahasan sebagai berikut.

A. Kelebihan Windows 7

1. Lebih Stabil

Untuk kelebihan pertama yang sudah dirasakan oleh banyak pengguna perangkat Desktop yakni kestabilan yang ditawarkan terhadap pengguna. Berbeda dengan Windows 10 dimana masih banyak program beta yang dijalankan oleh Microsoft, dan juga pemberian dukungannya masih kurang lengkap.

Walaupun sudah beredar cukup lama, akan tetapi sistem operasi ini masih banyak mendapatkan pembaruan berkala, dan ini sudah menjadi hal biasa bagi developer aplikasi. Dan berbeda dengan Windows 7 yang benar-benar sudah stabil dan mungkin pembaruan cuman diberikan terhadap sistem keamanan saja jika perlu.

Jadi untuk permasalahan seperti error sistem, tidak bisa melakukan hal tertentu, atau bahkan fitur kendali ganda tidak akan dijumpai pada W7. Dikarenakan memang pihak Microsoft sudah sejak lama mematangkan pembaruan terhadap sistem operasi terbarunya itu.

2. Banyak Dukungan dan Compatibilty

Masalah kompatibilitas sendiri juga demikian, dimana banyak developer aplikasi yang masih mengandalkan Windows 7 sebagai sistem operasi utamanya. Ada beberapa yang memang sudah melakukan penyesuaian terhadap OS versi terbaru, akan tetapi beberapa perusahaan ada yang memang telah berhenti memberikan dukungan, sehingga tidak akan bisa kalau tidak dijalankan di W7.

Kemudian untuk Driver juga demikian, dimana dukungannya sangat lengkap. Pengguna tidak akan kesusahan lagi dalam menyesuaikan hardware saat menjalankan sistem operasi Windows 7 tersebut, apalagi perangkat Laptop/ Komputer yang digunakan memang masih versi lama. Lebih nyaman dan stabil bila menggunakan W7.

3. Software yang Kompatibel Sudah Lengkap

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, perusahaan masih membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum merilis aplikasi yang kompatibel dengan sistem operasi Windows versi baru tersebut, bahkan tidak menutup kemungkinan pihak perusahaan tidak akan memberikan pembaruan lagi terhadap aplikasinya.

Biasanya ini terjadi di kalangan enterprise, dimana pengguna memang benar-benar harus menggunakan sistem operasi yang stabil, begitu juga dengan aplikasinya yang harus dipasangkan dengan OS murni dan fixed. Tidak lagi banyak pengembangan, dikarenakan kalau terjadi error tidak membahayakan terhadap data dan produktifitas kalangan pekerja.

Mungkin untuk sekarang ini sudah ada beberapa penyedia aplikasi yang sudah mulai bergerak untuk mengembangkan layanannya, namun tidak sedikit yang masih menunggu Windows 10 benar-benar sudah fixed dan tidak akan lagi mengalami perubahan signifikan lagi dari segi kompatibiltas dan kestabilan sistem terutama.

Sehingga hal inilah yang menjadikan Windows 7 masih menjadi andalan bagi beberapa pengguna, karena memang aplikasi untuk mendukung produktivitas dalam pekerjaannya masih belum ada dukungan terhadap sistem operasi terbaru dari Microsoft.

4. Fitur Multimedia yang Lengkap

Dikarenakan sudah melalui pengembangan dan perbaikan dalam waktu yang lama, wajar saja bila Windows 7 ini memiliki fitur multimedia yang sangat lengkap, semua format bisa dijalankan dengan lancar melalui aplikasi multimedia yang otomatis terpasang pada Windows 7 sejak awal pertama pemasangan, terlebih untuk format video.

Melalui dukungan codec yang lengkap inilah, menjadikan pengguna yang suka dan bahkan berkecimpung dalam dunia multimedia akan sangat cocok bilamana menggunakan sistem operasi ini. Akan tetapi pihak Microsoft juga terus melakukan pembenahan agar hal serupa bisa ditawarkan pada OS Windows versi terbarunya tersebut.

5. Lebih Mudah Digunakan

Bagi beberapa pengguna yang sudah merasakan kedua sistem operasi ini jelas akan merasakan perbedaannya. Dimana pada versi terbaru untuk fitur pengendaliannya masih bercampur-campur, dimana terkadang masih menggunakan tampilan lama, namun juga bisa dilakukan pengaturan dalam tampilan baru.

Memang hal ini bermanfaat bagi pengguna yang masih dalam tahap penyesuaian, akan tetapi ini jelas tidak efektif dan malah memberatkan sistem operasi untuk berjalan di perangkat Laptop/ Komputer pengguna. Kalau memang ada perubahan, segera lenyapkan yang lama dan hadirkan kendali secara terpusat.

Salah satu kejadian yakni seperti pengaturan jaringan dan juga adapter, dimana pengguna bisa melakukan pada aplikasi setting secara langsung, akan tetapi masih bisa mengaturnya pada menu control panel. Bukan sebagai mempermudah, melainkan beberapa pengaturan memang masih belum bisa ditemukan pada versi terbarunya.

Kelemahan Windows 7

1. Rentan Diserang Virus

Untuk kalian yang sudah cukup lama menggunakan Laptop/ Komputer dengan OS WINdows 7, mungkin pernah yang namanya penyerangan Ransomware Wannacry, dimana malware berikut sangat jahat dimana akan melakukan enkripsi terhadap data pengguna, dan meminta tebusan dalam durasi tertentu agar datanya bisa kembali lagi.

Dan kejadian seperti itu rata-rata menyerang perangkat Laptop/ Komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 7 atau sistem operasi yang memang lebih lama lagi besutan Microsoft. Hal itu dikarenakan memang teknologi dan script sistem operasi yang dipakai sudah familiar bagi para hacker, sehingga mereka bisa lebih mudah melakukan tindakan seperti ini.

2. Tiba-Tiba Update ke W10

Perusahaan Microsoft telah memaksa para penggunanya untuk melakukan pembaruan sistem operasi Windows 10, dimana ini berlaku untuk seluruh pengguna yang sering aktif di jagat maya. Bahkan beberapa kali pengguna kedapatan perangkat Laptop/ Komputer miliknya secara otomatis berada di W10 tanpa sepengetahuannya.

Untuk update terkadang dilakukan secara tiba-tiba ketika dalam beberapa waktu pengguna tidak aktif dalam menggunakan perangkatnya. Dan tentu saja ini membutuhkan data yang besar, juga akan mengganggu aktivitas pengoperasian pengguna lantaran proses update yang sangat lama.

Akan tetapi masalah seperti ini bisa diatasi dengan cara mematikan update yang sebelumnya aktif secara otomatis. Dengan begitu kalian akan tetap berada di sistem operasi versi lama, dan tidak akan otomatis direct ke versi terbaru dengan cara paksa ketika terhubung ke jaringan.

3. Dukungan Berakhir

Salah satu alasan kenapa Microsoft memaksa melakukan update dan mengalihkan pengguna Windows 7 ke W10 yakni karena pihaknya telah memutuskan tidak lagi memberikan dukungan update terhadap sistem operasi tersebut.

Dengan demikian, pengguna yang mendapati masalah terkait kebocoran sistem, keamanan data dan lain sebagainya juga tidak akan mendapatkan dukungan dari Microsoft. Dan bila ada celah keamanan sistem yang teresploitasi oleh hacker tidak akan lagi ditambal oleh raksasa software tersebut lantaran pihaknya sudah menaruh fokus pada W10.

Memang sih ada beberapa layanan khusus yang diberikan terhadap kalangan enterprise, dimana mereka tetap bisa mendapatkan dukungan seperti keamanan dan semacamnya. Tapi harus membayar biaya bulanan untuk itu dan harganya semakin mahal seiring berjalannya waktu hingga batas toleransi benar-benar berakhir.

4. Semakin Banyak Aplikasi Jadi Semakin Lambat

Memang sih untuk dukungan aplikasi yang diberikan terhadap Windows 7 dikatakan lengkap, akan tetapi ini juga berdampak buruk terhadap OS tersebut. Dikarenakan sampah registry akan lebih cepat menumpuk, dimana kalau ini terus dibiarkan akan membuat performa Laptop/ Komputer semakin lambat saja.

Dengan demikian, pengguna sebaiknya terus melakukan perawatan dan pemeriksaan registry juga membersihkan file sampah tidak perlu guna menjaga performa tetap bisa stabil dan nyaman digunakan. Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat mengatasi masalah seperti itu, salah satu diantaranya yakni seperti Ccleaner.

5. Hardware Baru Tak Lagi Mendukung

Dari segi aplikasi memang masih diberikan dukungan, akan tetapi beberapa perangkat keluaran terbaru tidak lagi memberikan dukungan terhadap Windows 7 karena dianggap sudah usang dan kurang memadai dengan teknologi yang ditawarkan.

Jadi bagi kalian yang menggunakan Laptop/ Komputer atau build sendiri dengan menggunakan teknologi terbaru, tidak disarankan memasang Windows 7 lantaran akan terjadi beberapa error atau mungkin ketidakcocokan sistem yang membuat performanya tidak bisa maksimal.

Akan tetapi bagi kalian yang memiliki Laptop/ Komputer model lama, mungkin masih bisa dan bahkan lebih baik menggunakan Windows 7 karena mampu menawarkan performa lebih stabil berkat dukungan dan juga kebutuhan resource yang sesuai dengan kemampuan perangkat.

Seperti itulah berbagai macam kelebihan dan kekurangan Windows 7 yang bisa kalian ketahui dan pertimbangkan, apakah masih yakin untuk melakukan pemasangan terhadap sistem operasi lama dari Microsoft ini atau mungkin yakin untuk menggunakan versi terbarunya saja.

Namanya sistem operasi atau apapun yang ada di dunia ini tidak ada kesempurnaan, dimana meski sangat kaya akan sebuah fitur, namun pengguna masih tetap bisa menemukan celah kalau memang mengerti bagaimanakah sistem tersebut bekerja.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.