Pengertian Definisi dan Contoh Sinonim

Padanan kata atau sinonim seringkali membuat kita merasa bingung, bahwa kata ini merupakan kata yang sama dengan kata yang lain. Padahal dalam segi arti pun sudah memiliki definisi yang berbeda. Hal itulah yang sering luput dari kesadaran kita. Jikalau lebih teliti dalam mengkoreksi suatu kata maupun dalam satu kalimat, anda akan banyak menemukan persamaan antara yang satu dan yang lain. Sehingga padanan seperti ini juga perlu dipelajari lebih lanjut.

Akan tetapi, seringkali kita juga luput terhadap kata yang memiliki sifat homonim, homofon, homograf. Karena dalam kategori tersebut, banyak yang mengira bahwa, kata yang sama seperti halnya β€œtank dan tang” merupakan sinonim. Padahal makna dari dua kata tersebut sangat berbeda jauh, dimana yang satunya memiliki peralatan dalam memperbaiki (tang), sedangankan makna dari kata selanjutnya adalah senjata yang berbentuk mobil yang dapat menembakkan sebuah peluru.

Sinonim adalah satu kata dengan bentuk yang berbeda namun mempunyai arti atau makna yang mirip atau sama. Sinomin sering juga disebut dengan padanan kata atau persamaan kata. Karena banyaknya hal yang perlu dipelajari sebelum anda benar – benar bisa membedakan mana yang sinonim, mana yang homograf, serta makna yang homonim, dan homofon. Jadi, pada nantinya anda pun akan lebih mudah dalam memilih diksi ketika menginginkan membuat sebuah karya sastra maupun karya tulis yang lain. Agar, tidak kesulitan, lebih baiknya anda mempelajari sendiri, mengenai perbedaan sinonim dengan sifat kata yang lain.

Dalam pembagiannya sinonim juga memiliki tiga bagian

  • Sinonim Absolut : Relasi arti dari dua kata atau lebih yang sama pada semua konteks. Di dalam sebuah bahasa, kata yang bersinonim absolut umumnya jarang ditemukan.
  • Sinonim Proporsional : Relasi arti dari 2 kata atau lebih yang bisa bersubsitusi dengan beberapa ekspresi tanpa menimbulkan perbedaan arti. Dalam sinonim proporsional ini, perbedaan ada pada tingkat makna ekspresif, stylistik dan juga medan pembicaraan seperti suami dan laki, kamu dan anda, buat dan bikin.
  • Sinonim Dekat : relasi arti antara 2 kata atau lebih yang sebagian kata memiliki arti sama seperti besar dan luar biasa, cantik dan ayu, buta dan rabun.

Sedikit beberapa contoh dalam kalimat yang mengandung kata bersinonim.

  1. Sepeda motor pak Toni dibeli dengan menggunakan cara kredit, karena ia lebih suka mencicil dari pada membayar penuh. Jadi, Sinonim dari kalimat atas adalah, kredit = mencicil
  2. Kebanyakan orang menyukai seseorang yang jujur bukan orang yang suka berdusta. Karena orang berdusta hanyalah tukang pembohong. Sinonim berdusta = berbohong.
  3. Jika dilihat dari segi perspektif hukum, semua yang anda lakukan terbukti melanggar hukum. Sinonim perspektif = sudut pandang
  4. Indonesia akhirnya membuka asa untuk tampil pada final piala Uber tahun ini. Sinonim asa = harapan
  5. Hal paling utama dari naik kelas adalah proses pembelajaran dan pemahaman pelajaran pada setiap kelasnya. Sinonim dari utama = primer
  6. Anita memiliki paras yang sangat cantik, sehingga membuat semua anak laki-laki di sekolah merasa kagum saat melihatnya. Sinonim paras = wajah (bentuk)
  7. Lina tampak sangat sedih saat ia melihat neneknya meninggal dunia tadi malam. Sinonim meninggal dunia = mati
  8. Apabila kamu berusaha dengan sungguh-sungguh dan selalu bekerja keras, niscaya semua impianmu akan segera tercapai. Sinonim niscaya = pasti.
  9. Nenek selalu mempunyai harapan supaya semua cucunya bisa meraih kesuksesan saat dewasa nanti. Sinonim mempunyai = memiliki.
  10. Tim basket di sekolahku memiliki target untuk memenangkan perlombaan antar sekolah tahun ini. sinonim target = sasaran.
  11. Cara pemakaian alat teknologi terbaru itu memang sangat dibutuhkan supaya orang awam bisa mengerti dengan baik bagaimana cara memanfaatkan teknologi tersebut. Sinonim awam = umum.
  12. Pekara ini sebenarnya bukanlah sebuah perkara yang sukar jika diselesaikan dengan kepala dingin. Sinonim sukar = sulit
  13. Bahagia rasanya jika mendekati waktu Lebaran dimana semua keluarga besar akan berkumpul bersama. Sinonim bahagia = senang.

Selain dalam bentuk kalimat sinonim juga memiliki padanan kata dalam satu kata tunggal yang memiliki beberapa arti yang sama meskipun dalam pengucapan, serta tulisannya tidak memiliki kesamaan. Oleh karena itu, berikut beberapa contoh rangkuman kosakata sinonim yang ada dalam padanan kata:

  1. abadi = awet, baka, daim, infinit, kekal, langgeng.
  2. cantik = rupawan, ranggi, pantas, mahligai, adiwarna, adun, anggun, apas, ayu, bagus, bahari, baik, bergaya, kirana, berupa, laksmi, centil, manis, cakap, cendayam, elegan, ganjen, ganteng, geulis, gemar ber-setubuh, gombang, gasang, hasan, indah, jambu, jangak, janguk, jelita, jombang, juita, kacak, kemayu (tingkahnya), mewah, mempesona, menarik (hati), menawan, mentereng (terang), elok, mongel.
  3. dahulu = awal, berlalu, di depan, di muka, dulu, lalu, lampau, lepas, lewat, mulamula, purba, silam, sudah-sudah, tempo hari, waktu lalu.
  4. ejek, mengejek = acuh, sepele, memamerkan, mengumpat, mengusik, meledek, mempermainkan, mencebik, mencela, uring – uringan (mengejek), mencemeeh, cemooh, mencemuh (cak), mencibir, mengajuk, mengata-ngatai, mengecimus, mengeji, menggiat, menggonjak, menggonyakkan, menghina, mengolok-olok, mengumpat, mengusik, menistakan, rasan – rasan (jawa), ghibah.
  5. eksklusif = idiosinkretis, individual, istimewa, khas, khusus, privat, tunggal, unik; diskriminatif, parokial, sektarian, terbatas, terpilih.
  6. fasih = bacar, bijak, calak, cepat, galir, lancar, lincir, lincir lidah, pantas, petah, petah lidah, petes.
  7. imitasi = bikinan, buatan, tiruan, artifisial, lancung, lip-lap, palsu, selungkang, sintetis, handmade, manual.
  8. jahat = bandel, bangor, bangpak, bengal, bengis, biadab (cak), buas, busuk, curang, dengki, durjana, hina, jahanam, jahil, jalang, jelek, kejam, keji, khianat, kotor (ki), kurang ajar, lacur, licik, nakal, pasik, rusak, sadis, sundal, tambung, tebal hati, terkutuk.
  9. pendahuluan = alas kata, haluan kata, introduksi, kata pengantar, mukadimah, pembukaan, pengantar kata, pengenalan, permulaan, pimpinan, prakata, prawacana, prolog, awalan, pratemu, pengawalan.
  10. kontroversi = perbalahan, perbantahan, perdebatan, polemik, silang pendapat; percederaan, percekcokan, perselisihan, pertengkaran, pertikaian, prahara, permasalahan.
  11. muda = anak muda, anom, baru, belia, bujang, enom, jejaka, kecil, lembut, mengunjung, mentah, orang muda, pentil, peria, perjaka, rawan, remaja, teruna, yuana, yunior, yuvenil, yuwana.
  12. muncul = terbit, keluar, merapat, berlabuh (bertambat), bertambah, bertunas, hidup, kelihatan, keluar, lahir, membuntang, kemudian, mencagun, mencongol, mencuat (dari lubang), mengembol, menjedul, menjelma, menjengul, berubah, menjungkar, jungkir, menongol, berakar, menonjol, menyembul (permukaan), mendarat, terlintas, sempal, pegari, nampak, tepercul, terangkat, sampai, timbul, tumbuh, ada, datang, masuk (kedalam), pegari , terlihat, berbentuk, berdiri, jadi, lahir, mengemuka, menjelma, tampil, tumbuh.
  13. murid = anak buah, anak didik, anak sasian, cantrik, cekel, centerik, mahasiswa, mahasiswi, pelajar, pengikut, penuntut, siswa, santri, santriwati.
  14. panikβ€―= tegang, berpencar, salah tingkah, belingsatan, nanar, bingung, buncah, gagap, gamam, gelagapan, gelisah, kalangkabut, resah, senewen (cak), tersara bara, terkencar-kencar.
  15. hadir, datang, mampir, menengok, sampai, kemudian, berlabuh, mendarat, berkunjung, terlintas, tiba, timbul, turun, singgah, merapat, tampak.

Setelah mengetahui beberapa contoh diatas yang telah disebutkan banyak sekali. Semoga dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam mengetahui mengenai pengertian sinonim. Anda pun tidak perlu tergopoh – gopoh ketika menyusun susunan kata, karena anda telah mengikuti arahan yang sesuai dari beberapa kumpulan jenis kata yang disusun. Agar lebih mudah dan lebih yakin dalam penggunakan kata sinonim, makan anda bisa melihat referensi dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) sehingga tidak salah dan dapat menggunakan kata baku yang tepat.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.