Pengertian Difusi : Jenis, Proses dan Contoh

Difusi adalah peristiwa zat yang ada didalam pelarut berpindah atau mengalir, dari bagian yang memiliki konsentrasi tinggi ke bagian yang memiliki konsentrasi rendah. Proses difusi akan terus terjadi hingga semua zat tersebar secara merata dan seimbang.  Proses ini terjadi karena adanya pergerakan partikel suatu zat cair, padat maupun gas.

Jenis Difusi

Difusi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :

1. Difusi Biasa

Difusi ini terjadi pada molekul atau partikel yang tidak berpolar dan terjadi pada sel yang akan mengambil nutrisi. Partikel akan langsung berdifusi tanpa harus memerlukan energi dan juga bisa melewati membran sel langsung.

2. Difusi Khusus

Difusi ini terjadi pada sel yang ingin mengambil nutrisi dan partikel yang memiliki ion hydrolhilic. Pengertian Difusi dan Contohnya – Pada difusi khusus, memerlukan protein yang khusus juga agar partikel dapat melewati membran.

Sebenarnya banyak sekali faktor-faktor yang dapat mempengaruhi difusi. Berikut adalah 5 faktor yang dapat mempengaruhi difusi :

1. Area yang luas dapat memperbesar kecepatan difusi.

2. Ukuran partikel, partikel yang kecil akan lebih mudah bergerak dan akan membuat difusi semakin cepat.

3. Ketebalan membran, membran yang tipis akan membuat difusi semakin cepat.

4. Suhu yang tinggi dapat mempercepat difusi, karena partikel mendapatkan energi dari panas.

5. Jarak, jarak diantara dua konsentrasi tentunya berbeda, kecepatan difusi pun akan melambat.

Proses Difusi

Proses difusi terjadi ketika adanya pergerakan partikel suatu zat padat, cair, maupun gas dari bagian yang memiliki konsentrasi tinggi ke bagian yang memiliki konsentrasi rendah yang melewati suatu membran. Proses difusi juga disebut sebagai proses transportasi, karena proses ini tidak memerlukan energi. Dalam proses ini salah satu syarat agar partikel dapat melewati membrane yaitu, partikel harus memiliki bentuk yang lebih kecil, sehingga dapat larut dalam air ataupun lemak.

Kecepatan difusi hanya akan ditentukan oleh jumlah zat yang ada, jumlah celah pada membran sel dan kecepatan gerak kinetik.

Cara terjadinya proses difusi juga sangat sederhana. Berikut adalah 2 proses terjadinya difusi.

  1. Melalui saluran licin yang ada pada protein transport.
  2. Melalui celah pada lapisan lipid ganda.

Contoh Difusi

Untuk memperjelas tentang pengertian difusi, pada tulisan ini saya juga akan memberikan contoh difusi. Berikut adalah beberapa contoh difusi :

1. Ketika menaburkan garam pada makanan, maka proses difusi yang terjadi pada garam dan makanan yaitu ketika garam lebur dan merata .

2. Ketika menyemprotkan parfum pada salah satu ruangan, maka aromanya akan langsung menyebar pada seluruh ruangan, karena parfum memiliki partikel yang berdifusi pada udara.

3. Ketika memberikan tambahan gula pada cairan teh tawar, lambat laun cairan teh tersebut akan menjadi manis, hal ini merupakan proses difusi yang terjadi ketika gula melebur dan merata dengan cairan teh.

4. Konduksi panas, energi suatu benda yang panas bergerak dari suhu yang tinggi ke suhu yang rendah, sehingga membuat benda lain yang akan menyentuhnya menjadi panas.

Itulah pengertian, penjelasan, serta beberapa contoh tentang difusi. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu tentang arti defusi. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengetahuan yang ada pada diri penulis. Jika ada kesalahan baik dalam penulisna dan juga penyampaian, penulis mohon untuk dimaafkan. Jika tulisan ini bermanfaat, jangan lupa untuk share kepada orang lain agar makin banyak orang yang tahu tentang arti difusi.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.