Cara Memulai Podcast Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Jagad.idCara Memulai Podcast – Podcasting telah meledak dalam beberapa tahun terakhir dan merupakan salah satu jenis konten paling serbaguna yang tersedia. Meskipun podcast sangat populer, pasarnya masih penuh dengan peluang jika dibandingkan dengan blogging: ada lebih dari 600 juta blog dan masih hanya 1,9 juta podcast.

Podcast juga cukup mudah untuk dimulai dan tidak memerlukan banyak investasi di muka. Karena itu, ada sejumlah langkah penting yang tidak boleh Anda lewati. Dalam panduan ini, kami akan membagikan cara merencanakan, merekam, dan meluncurkan podcast Anda, termasuk rencana pemasaran agar Anda dapat memulai dengan benar. Baca terus untuk tips podcasting kami!

Bagaimana Merencanakan Podcast

Seperti halnya usaha yang bermanfaat, Anda pasti ingin merencanakan podcast Anda sebelum menyelam. Ini berarti mempersempit hal-hal seperti topik, nama podcast, audiens target, jenis format, dan banyak lagi. Semakin spesifik Anda bisa menjadi lebih baik. Merencanakan podcast Anda tidak harus sulit tetapi Anda memerlukan peta jalan yang jelas untuk mengukur kesuksesan dan memastikan upaya Anda bermanfaat.

Bagaimana Cara Memulai Podcast?

Hal yang pertama: Mengapa Anda memulai podcast? Apa yang ingin Anda capai dengan podcasting? Apakah ini tentang salah satu hobi Anda atau tentang topik dalam industri Anda?

Baca Juga : Cara Promosi Podcast Dengan Benar

Kemungkinan Anda memiliki merek atau bisnis solopreneur yang ingin Anda pasarkan dengan podcast Anda. Mungkin Anda mencoba menumbuhkan kesadaran tentang ceruk mikro Anda atau membangun otoritas Anda dalam suatu industri, dan itu sempurna!

Podcasting adalah cara yang bagus untuk menyebarkan berita tentang apa yang Anda tawarkan sambil memberi pendengar konten berharga yang mereka minati. Perjelas tentang tujuan podcasting Anda terlebih dahulu, lalu rencanakan podcast Anda sesuai dengan itu.

Tentukan Target Audiens Anda

Setelah jelas mengapa Anda ingin podcast, Anda perlu memutuskan untuk siapa podcast Anda. Siapa pendengar Anda? Seperti halnya rencana pemasaran apa pun, Anda ingin menentukan audiens target sehingga Anda dapat menyusun konten dan cara memulai podcast Anda di sekitar audiens atau grup audiens tertentu.

Untuk siapa produk atau layanan Anda? Tetapkan sifat demografis seperti usia, lokasi, tingkat pendapatan, minat, jenis kelamin, dll. untuk menentukan pendengar Anda sehingga Anda dapat menjangkau mereka dengan lebih baik.

Pilih Topik Podcast

Ini bisa terjadi sebelum atau sesudah menentukan audiens Anda, tetapi Anda mungkin sudah memikirkan topik, terlepas dari itu. Saat memilih topik podcast, Anda mungkin tergoda untuk memilih tema industri umum karena Anda memiliki lebih banyak pendengar potensial.

Meskipun ini bisa berhasil, persaingan untuk topik yang luas mungkin sangat tinggi. Alih-alih, pikirkan tema yang lebih khusus dalam industri Anda. Sesuatu yang Anda ketahui lebih banyak, atau lakukan lebih baik daripada sebagian besar pesaing Anda.

Misalnya, Anda adalah perusahaan produksi video olahraga. Alih-alih menyelenggarakan podcast tentang produksi video, fokuslah pada budaya seputar olahraga petualangan, wawancara dengan atlet, dan buat video tentang dunia tersebut. Dengan menjadi lebih spesifik, Anda akan lebih mungkin menjangkau audiens yang sangat terlibat dan tertarik, yang kemudian akan lebih terbuka untuk pemaparan pemasaran Anda berikutnya.

Beri Nama Podcast Anda

Cara memulai podcast selanjutnya memberi nama podcast Anda bergantung pada banyak faktor. Apakah nama merek Anda atau nama Anda sendiri sudah terkenal? Apakah Anda memiliki akun sosial menggunakan nama itu dengan banyak pengikut? Jika demikian, Anda mungkin ingin memasukkan nama itu saat menamai podcast Anda. Demikian juga, pastikan nama podcast Anda cukup deskriptif tentang topik Anda.

Menggunakan contoh di atas pada perusahaan produksi video olahraga, kita dapat menggunakan: “Klip Aksi: Cerita dari Gaya Hidup Petualangan”. Anda ingin menjadi deskriptif tetapi juga cukup umum sehingga calon pendengar memiliki gagasan tentang podcast Anda.

Pilih Format Podcast

Ini adalah langkah yang sangat penting dalam merencanakan podcast Anda. Beberapa episode fitur podcast paling populer yang merupakan wawancara format panjang atau diskusi antara co-host. Faktanya, inilah salah satu alasan podcast menjadi begitu populer—wawancara panjang tanpa naskah yang pada dasarnya tidak ada di media arus utama. Ini memberi kita wawasan yang jauh lebih intim dan manusiawi tentang kehidupan dan pola pikir orang.

Meskipun demikian, episode yang lebih pendek sekitar 20-30 menit juga merupakan pilihan yang bagus. Itu karena waktu itu adalah tentang lamanya perjalanan ke dan dari tempat kerja, yaitu saat banyak orang mendengarkan podcast. Terserah Anda apakah Anda ingin konten mentah yang belum dipotong atau episode yang lebih halus dan berukuran kecil. Satu ide adalah mensurvei audiens Anda (setelah Anda memilikinya) dan melihat apa yang mereka sukai.

Juga pertimbangkan apakah itu pertunjukan solo, dengan co-host, wawancara, diskusi meja bundar, dll. Jelas itu bisa bervariasi tetapi putuskan satu gaya sekarang dan sesuaikan seiring berjalannya waktu.

Cara Merekam Podcast

Anda telah merencanakan podcast Anda dan siap untuk memulai. Tapi bagaimana Anda benar-benar merekam podcast? Seperti yang dapat Anda bayangkan, ada sejumlah opsi untuk merekam episode Anda. Berikut adalah beberapa tips merekam podcast.

  • Pilih Peralatan Perekaman Berkualitas

Tidak ada yang lebih buruk daripada mencoba mendengarkan podcast dengan suara yang buruk. Tidak peduli seberapa bagus konten Anda atau jika Anda mewawancarai Elon Musk, jika kualitas suaranya buruk, Anda kehilangan pendengar. Beli pengaturan mikrofon terbaik sesuai anggaran Anda dan jika Anda memiliki tamu virtual, pastikan peralatan mereka sebanding dengan tes sebelumnya. Untuk podcaster pemula, Samson Q2U adalah mikrofon USB pemula yang sangat baik.

  • Tentukan Perangkat Lunak Perekaman

Selain merekam episode Anda, Anda juga memerlukan perangkat lunak untuk mengeditnya. Ada banyak pilihan di luar sana, termasuk:

  1. Audacity- Gratis dan mungkin cukup untuk sebagian besar podcaster
  2. Adobe Audition- Perangkat lunak yang lebih profesional dan mendalam dengan semua lonceng dan peluit
  3. Garageband- Opsi tambahan untuk pengguna Mac

Menulis Podcast Anda

Secara umum, menulis podcast Anda adalah ide yang buruk. Ini banyak pekerjaan untuk Anda dan pendengar Anda tidak ingin mendengar Anda membaca! Mereka ingin mendengar pendapat dan konten gaya percakapan. Pilih topik yang cukup Anda ketahui untuk dibicarakan tanpa skrip yang ditetapkan. Apakah, bagaimanapun, memiliki poin-poin. Ini memastikan Anda tidak melupakan pengantar, iklan, sub-topik, dan informasi penting lainnya.

Saat merekam podcast Anda, bicaralah dengan audiens target Anda secara langsung. Bayangkan satu ‘persona pembeli’ yang ideal. Siapa mereka? Mereka terlihat seperti apa? Bayangkan mereka mendengarkan Anda saat Anda berbicara. Ini akan membuat Anda tetap di jalur dan membuat konten Anda tetap fokus dan relevan.

Cara Meluncurkan Podcast

Podcast Anda telah direncanakan dan Anda telah merekam episode pertama Anda. Sekarang apa? Saatnya meluncurkan podcast Anda dan mulai memasarkan konten Anda.

Siapkan Hosting Podcast Anda

Langkah pertama dalam perjalanan penerbitan podcast Anda adalah memutuskan tempat menghosting konten podcast Anda. Cara paling umum untuk melakukan ini adalah menghosting episode podcast di situs web Anda yang sudah ada atau membuat situs khusus hanya untuk podcast Anda.

Anda juga dapat memilih layanan hosting media seperti Transistor atau Buzzsprout. Alat-alat ini membantu Anda menghasilkan, melacak statistik, dan mempromosikan episode Anda.

Kirim Podcast Anda ke Direktori

Sekarang setelah Anda memiliki hosting podcast, Anda dapat mengunggah episode Anda ke direktori agar orang dapat menemukan, berlangganan, dan mengunduh konten Anda. Alat seperti Buzzsprout dan Transistor dapat mengotomatiskan proses ini. Direktori paling populer adalah:

  • Spotify
  • Podcast Apple
  • Google Podcast
  • Stitcher

Pasarkan Podcast Anda di Media Sosial

Mengirimkan episode podcast Anda ke direktori adalah satu hal, tetapi bagaimana Anda mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke proyek baru Anda? Sederhana: sebutkan dan promosikan podcast Anda secara konsisten di semua saluran Anda yang lain seperti Facebook dan Instagram.

Jangan terlalu memaksa atau spam dengan ini, tetapi lebih baik lakukan sesuatu seperti: “Dan jangan lupa untuk melihat podcast baru saya untuk cerita lengkap dari postingan ini!”. Ini mendorong pengikut Anda yang ingin tahu untuk menemukan lebih banyak di media yang berbeda.

Dorong Langganan

Selalu sertakan ajakan bertindak untuk pendengar Anda. Orang-orang benar-benar menunggu ini dan bersemangat untuk memiliki ‘langkah selanjutnya’. Secara aktif mendorong pendengar untuk tidak hanya berlangganan tetapi juga memberikan ulasan di Apple atau Google Podcast. Selain itu, manfaatkan waktu mereka dengan melakukan giveaway mingguan atau bulanan di mana Anda memilih satu pengulas yang beruntung untuk menerima hadiah.

Publikasikan Konten Berkualitas Secara Konsisten

Anda mungkin tidak dapat menerbitkan episode mingguan atau bahkan dua mingguan, tetapi setelah Anda menetapkan jadwal penerbitan, patuhi itu. Bahkan jika Anda berkomitmen pada kalender sebulan sekali, pastikan Anda menyampaikan karena tidak ada yang lebih menjauhkan pendengar daripada ketidakkonsistenan.

Mengunggah lebih sering tetapi konten berkualitas rendah juga tidak disarankan. Meskipun episode Anda tidak perlu dipoles dengan super, pertahankan tema yang konsisten dan selalu ingat pendengar Anda: apakah mereka benar-benar melihat nilai dalam konten ini?

Podcasting adalah cara luar biasa untuk terhubung dengan audiens target Anda dan membangun komunitas. Podcast adalah format yang dinamis dan akrab yang dapat membantu Anda mengembangkan otoritas dan penjualan merek Anda secara organik. Masih banyak lagi untuk membuat dan menjalankan podcast yang sukses, tetapi panduan ini akan memberi Anda awal yang berjalan dan mudah-mudahan membuat Anda menjadi tuan rumah acara Anda sendiri dalam waktu singkat!

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang cara memulai podcast yang benar untuk bisnis anda. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda mengetahui memulai podcast yang baik dan benar. Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA