Surpanaka – Raksasa Adik Rahwana

Supranaka diIndonesiakan menjadi Sarpanaka sedangkan jika diJawakan menjadi Sarpakenaka yang mana merupakan tokoh jahat dalam cerita pewayangan Ramayana. Dia adalah adik kandung Rahwana yang mana adalah seorang raksasa perempuan yang tinggal di Yanasthana. Kota ini merupakan pos perbatasan para raksasa di Chitrakuta. Dalam bahasa sansekerta, Surpanaka berarti dia yang mempunyai kuku tajam.

Surpanaka memiliki wajah tua dan jelek dengan perut buncit dan bermata juling. Supranaka merupakan seorang putri ketiga dari seorang resi yang bernama Resi Wisrawa dan Dewi Sukesi yang merupakan putri Prabu Sumali sang raja Alengka. Ia memiliki tiga saudara bernama Rahwana, Arya Kumbakarna, dan Arya Wibisana. Ia pun juga memiliki saudara tiri yang bernama Danapati sang raja Lokapala yang merupakan anak dari Resi Wisrawa dengan Dewi Lokawati.

Kisah Singkat Surpanaka

Supranaka pernah berkelana di sebuah hutan dan ia bertemu dengan Rama. Ia pun jatuh cinta terhadap Rama. Namun, dia malu karena wajahnya yang tak rupawan, hingga ia mengubah wajahnya menjadi cantik jelita dan mulai mendekati Rama. Namun, permintaan Surpanaka karena ia sudah bersumpah Eka Patnivrataa yaitu menikah hanya sekali dalaam seumur hidupnya. Hingga ia disarankan Rama untuk mendekati orang yang lelbih tampan darinya yaitu Laksamana.

Surpanaka pun mulai menggoda Laksamana, namun ternyata ia juga ditolak karena ia adalah pelayan kakaknya. Ia pun menyarakan Surpanaka untuk menjadi istri keduanya Rama. Surpanakan kesal karena merasa dipermainkan, hingga ia mencoba membunuh Shinta dengan cakarnya.

Rama pun melindungi Shinta dari serangan Surpanaka. Bahkan Laksamana pun juga melindungi Shinta dengan mengambil pedang dan tanpa sengaja, ia telah memotong hidungnya Surpanaka. Hingga akhirnya Surpanaka mengadu kepada Kara, namun Kara kalah dan tewas di tangan Rama. Kemudian Surpanaka pun mengadu ke Rahwana. Di sinilah dendam Rahwana mulai kesumat.

✔️  Pembangunan Ekonomi : Tujuan, Perencanaan, Faktor dan Indikator

Surpanaka walaupun seorang raksesi, ternyata ia memiliki kesaktian tersendiri. Di mana ia memiliki kuku yang sangat tajam di mana kuku itu digunakan sebagai senjata utamanya dalam bertarung. Dia memiliki sifat yang ganas, congkak, angkara murka, bengis, dan serakah. Dia juga memiliki dua suami yang bernama Ditya Kardusana dan Ditya Nopati.

Cerita Ramayana Versi Jawa

Berbeda halnya kisah pewayangan di Jawa, yang mana mengkisahkan Surpanaka ternyata tak bertemu Rama, namun langsung menggoda Laksamana. Karena Laksamana mencium bau amis pada Surpanaka, ia pun merasa marah dan memotong hidungnya serata pipi. Hingga Surpanaka mengadu ke Rahwana dan rahwana pun memiliki dendam dengan menculik Dewi Shinta. Di sinilah alasannya kenapa Rahwana menculik Shinta. Karena dendamnya yang kesumat pada Rama, walaupun yang berulah adalah adiknya Rama, Laksamana.

error: This content is protected by DMCA