Wayang Laksmana Wayang Kulit

Laksmana atau nama lainnya Laksmana Widagda merupakan seorang putra dari Prabu Dasarata (raja negeri Ayodya) yang berpermaisurikan Dewi Sumitra (Permaisuri kedua, putri Prabu Ruryana, raja negeri Maespati). Laksamana memiliki empat saudara tiri yang bernama Ramawijaya/Ramadewa (dari permaisuri Dewi Kusalya), Barata, Satrugna, dan Dewi Kawakwa (dari permaisusi Dewi Kekayi).

Laksamana dalam kisah pewayangan, ia sebagai tokoh protagonis, di mana ia adalah adiknya Rama, pangeran kerajaan Kosala. Bisa dibilang kalau Laksamana adalah adik yang paling dekat dengan Rama dibandingkan dengan adik-adik lainnya.

Laksmana atau Lesmana bertempat tinggal di Kesatrian Girituba, di mana ia adalah seorang satria Brahmacari yaitu ksatria yang tidak menikah. Dengan begitu, ia memiliki sifat setia, halus, dan tak kenal takut. Namun ada juga kisah yang mengkisahkan bahwa laksmana menikah dengan adiknya Dewi Shinta yang bernama Urmila. Namun di kisah lain juga mengatakan bahwa Dewi Shinta hanya memiliki seorang adik pria yang bernama Mayretna.

Menurut kepercayaan Hindu, Laksmana adalah titisan Bathara Suman yaitu pasangan Bathara Wisnu. Jadi tak heran jika ia sejak kecil akrab sekali dengan Rama.

Menurut kitab Purana, Laksmana adalah titisan Sesa yang merupakan ular pengabdi Dewa Wisnu. Sesha dikenal sebagai pendamping Wisnu yang sangat setia. Hingga di dalam kisah Ramayana, ia menitis menjadi Laksamana, namun dalam kisah Mahabarata, ia menitis kepada Baladewa.

Ketika ia menitis kepada Laksamana, ia sangat setia dengan Ramawijaya yang merupakan titisan Dewa Wisnu. Ia menemani Ramawijaya ketika diasingkan selama 13 tahun bersama Dewi Shinta. Bahkan ketika Dewi Shinta diculik Prabu Dasamuka atau Rahwana, Laksmana ikut membantu Rama merebut kembali Dewi Shinta. Hingga Laksmana berhasil menggugurkan senapati ulung andalan negara Alengka di medan perang besar Alengka.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.