Wayang Jathayu

Jathayu – Bagi pecinta seni pertunjukkan wayang tentunya sudah tidak asing lagi dengan cerita Ramayana. Cerita Ramayanan dalam seni pertunjukkan wayang selalu ditampilkan karena memang kisah ini adalah kisah legenda. Selain itu, banyak sekali pesan moral dan filosofi yang disampaikan dalam kisah Ramayana. Nah, ada dua tokoh wayang yang cukup berperan dalam kisah Ramayana ini, yaitu Jatayu dan Hanoman.

Jatayu dan Hanoman merupakan tokoh wayang dalam kisah Ramayana yang digadang-gadang memiliki peranan penting karena Jatayu dan Hanoman adalah tokoh pemberani yang membela Ramawijaya dan Dewi Sinta. Nah, apa sajakah ciri-ciri Jatayu? Bagaimana kisah singkat perjalanan Jatayu dalam kisah Ramayana? Dan bagaimana karakter tokoh wayang tersebut? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

Jatayu merupakan tokoh wayang yang ikut andil dalam kisah epos Ramayana. Dalam kisah tersebut Jatayu adalah sosok pemberani yang rela mengorbankan dirinya untuk keselamatan Ramawijaya dan Dewi Sinta dari amukan Rahwana. Nah, bagaimana ciri-ciri tokoh wayang tersebut? Simak penjelasan berikut.

Ciri – Ciri Tokoh Wayang Jatayu

Jatayu merupakan burung yang besar seperti raksasa. Jatayu adalah keponakan Garuda. Jatayu adalah putra Arun seorang kusir kereta Dewa Surya. Pada dasarnya, Jatayu adalah seekor burung garuda raksasa yang dapat berbicara dan bijaksana, berikut adalah ciri-ciri Jatayu.

  1. Dapat berbicara
  2. Memiliki pelatuk yang bergigi untuk mematuk musuhnya.
  3. Bersayap kokoh untuk menghalau musuh yang menyerangnya.

Jatayu dan Hanoman adalah tokoh protagonis dalam cerita wayang Ramayana. Jatayu dan Hanoman adalah tokoh penting yang gagah berani dan menebarkan kebaikan dalam seni wayang kisah Ramayana. Nah, bagaimana kisah singkat Jatayu dan Hanoman dalam epos Ramayana? Berikut adalah kisah singkatnya.

Kisah Singkat Tokoh Wayang Jatayu

Jatayu merupakan sahabat dekat raja dari negara Ayodya yang bernama Prabu Dasarata. Jatayu dan Prabu Dasarata bersahabat sejak masih kanak-kanak. Suatu ketika, Dewi Sinta diculik oleh Prabu Dasamuka (Rahwana). Saat itu Dewi Sinta dikempit oleh Prabu Dasamuka sedang terbang di atas hutan Dandaka dan berteriak memanggil nama suaminya Ramawijaya. Mendengar teriakan Dewi Sinta yang memanggil Ramawijaya, Jatayu merasa terpanggil untuk menolong menantu Prabu Dasarata itu.

Jatayu mengerahkan segala kesaktiannya untuk menolong Dewi Sinta dari cengkeraman Prabu Dasamuka. Namun, usaha Jatayu gagal karena Prabu Dasamuka teramat sakti dengan Ajian Rawarontek dan Pancasonanya. Kegagalan Jatayu membuat tubuh Jatayu luka parah hingga kedua sayapnya putus. Dengan kondisi Jatayu yang seperti itu, ia tetap berusaha memberitahu Ramawijaya tentang keberadaan Dewi Sinta yang diculik.

Jatayu dan Hanoman adalah tokoh pemberani dalam kisah Ramayana, tentunya saja karakter Jatayu dan Hanoman cukup dikenal dalam dunia seni wayang. Nah, apa saja karakter Jatayu dan Hanoman? Berikut adalah karakter tokoh wayang Jatayu dan Hanoman.

Karakter Tokoh Wayang Jatayu

Karakter Jatayu dalam kisah Ramayana adalah sebagai berikut.

  1. Burung yang mengajarkan kebaikan.
  2. Pemberani
  3. Suka membela kebenaran
  4. Tidak mudah menyerah.
  5. Setia kepada tuannya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.