Tugas Staff Gudang

Banyak sekali perusahaan yang memiliki gudang untuk menyimpan barang-barang produksi maupun hasil pembelian. Tentu itu tidak otomatis tanpa adanya pengawasan maupun pekerja di dalamnya. Salah satu petugas yang penting adalah staff gudang. Tugas staff gudang tentu berkutat di lingkungan gudang tersebut dan sedikit berbeda dengan staff kantor.

Tugas Staff Gudang

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tugas seorang staff gudang yang patut Anda ketahui, khususnya sebelum melamar kerja di bagain tersebut.

1. Bertanggungjawab atas bongkar muat barang

Dalam lingkungan gudang tidak pernah terlepas dari aktivitas bongkar muat. Salah satu yang bertanggung jawab atas hal itu adalah staff gudang. Artinya, mereka bertugas untuk mengawasi sekaligus mencatat setiap barang yang dimuat maupun dibongkar. Hal itu kemudian dicatat berdasarkan jumlah, nama, jenis, pengirim atau penerima, sampai waktunya.

2. Ikut serta menandatangani surat penerimaan barang

Sebagai petugas yang mencatat setiap aktivitas dan kondisi barang di gudang, maka staff juga ikut serta menandatangani surat penerimaan barang dari produsen, eksportir, dan sebagainya. Tentu saja semua itu ada prosedur dan aturan khusus, sehingga bisa dikatakan sebagai suatu hal yang legal. Namun, bukan sembarang surat harus ditandatangani oleh staff gudang. Hanya beberapa terkait dengan aktivitas barang di lingkungan gudang dan memang itu sangat diperlukan.

3. Mengecek barang di gudang

Staff gudang juga bertugas untuk melakukan pengecekan kualitas dan kuantitas barang yang ada dalam gudang baik itu diruangan penyimpanan, pembongkaran, atau lainnya. Mereka harus memastikan barang tersebut apakah sesuai dengan data yang telah ada atau tidak. Tujuannya yaitu memastikan kondisi serta jumlah barang untuk dicatat dan dibuat laporan secara berkala.

4. Menyiapkan pengiriman dan penyimpanan barang

Tugas lain seorang staff gudang adalah ikut serta menyiapkan pengiriman dan penyimpanan barang. Apabila ada konsumen atau klien yang memesan barang dalam jumlah tertentu, mereka juga menyiapkan semua kebutuhannya mulai dari persiapan alamat tujuan, kelengkapan administrasi, penghitungan barang, packing, sampai pengangkutan.

5. Membuat laporan aktivitas barang

Baik jumlah maupun kondisi barang dalam gudang selalu mengalami perubahan, ada kalanya naik dan turun. Semua itu tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja tanpa adanya pencatatan yang mendetail. Oleh sebab itu, pihak perusahaan membutuhkan jasa staff gudang untuk mengurusnya.

Tugasnya adalah membuat laporan arus barang sekaligus jumlahnya secara berkala dan terperinci. Misalnya, barang masuk, keluar, rusak, pengembalian barang, sampai stok barang yang tersedia dalam gudang termasuk nama serta jenisnya. Adapun laporan ini biasanya dibuat dalam bentuk harian, mingguan, dan tahunan.

6. Melakukan koordinasi dengan divisi lain dan klien

Satu lagi yang menjadi tugas penting bagi staff gudang yaitu melakukan koordinasi. Hal itu harus dimulai dengan menjalin komunikasi yang baik dan intens dengan divisi lain, pihak menejemen, sampai klien. Mengingat semua tugas pokoknya cukup kompleks serta selalu berkaitan dengan bagian lain seperti penjualan, bagian produksi, dan lainnya. Tak sampai di situ, mereka juga harus berkomunikasi baik dengan klien untuk memastikan prosedur, jumlah, dan kondisi barang yang akan dikirim. Dengan begitu, pekerjaan mereka bisa teratasi dengan baik.

Melihat rincian beberapa tugas staff gudang tersebut, bisa dikatakan bahwa bekerja sebagai staff gudang tidak boleh dianggap remeh atau sepele. Sebab, ternyata banyak sekali yang harus dikerjaka, begitu pula tanggungjawabnya yang besar. Karena itulah, mereka dituntut untuk teliti, inisiatif, terampil, dan energik.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.