Feses Keras Dan Bulat Susah Keluar - Sembelit BAB
No ratings yet.

Pernahkah anda mengalami susah buang air besar ? atau anda saat ini sedang mengalami hal tersebut. Sistem pencernaan manusia sangatlah penting untuk dijaga agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari penyakit yang dapat membahayakan oran tubuh. Umumya manusia mengkonsumsi makanan 3 kali sehari sesuai dengan porsinya dan tidak lupa juga memenuhi cairan tubuh dengan meminum air putih secukupnya. Biasanya manusia ada yang buang air besar 1 hari sekali, 2 hari sekali hingga yang ada yang 3 hari sekali dan umumnya 3 kali dalam 1 minggu. Lebih dari waktu normalnya itu bisa dikatakan manusia memiliki gangguan pada sistem pencernaan atau mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat sehingga proses buang air besar terganggu.

Susah BAB (Buang Air Besar) atau bisa disebut Sembelit (Konstipasi) adalah kondisi dimana manusia atau juga bisa terjadi pada seekor hewan mengalami kesulitan untuk mengeluarkan feses dan tidak keluarnya feses (kotoran/tinja) melebihi 3 hari dari waktu terakhirkali BAB. Jika saat ini anda sedang mengalami susah buang air besar padahal anda sudah berusaha sekuat tenaga untuk mengeluarkannya tetapi tidak juga keluar maka besar kemungkinan feses bertekstur kering dan berbentuk bulat hampir sama atau lebih besar dari ukuran bola basebal. Jangan khawatir dengan hal itu, anda bisa menggunakan metode dibawah ini untuk membantu agar feses yang keras bisa keluar dengan aman.

Cara Megatasi Feses Keras dan Langkah Mengeluarkannya

1. Tenang dan Jangan Panik

Banyak yang mengalami kejadian ini tetapi mengatasinya dengan panik. Panik bukanlah hal yang dapat mengatasi masalah dengan baik tetapi justru malah akan menimbulkan masalah lain nantinya. Tetap tenang dan berfikir positif, semua akan anda lalui dengan baik. Dengan perasaan yang tenang dan pikiran positif tubuh akan bekerja lebih baik dan juga mampu berkonsentrasi menemukan jalan keluarnya.

2. Minum Air Putih Secukupnya

Feses atau kotoran yang sulit dan tidak bisa keluar biasanya dikarenakan memiliki tekstur yang kering. Tentunya akan lebih susah mengeluarkan sesuatu yang kering daripada yang licin. Biasnya orang mengalami susah buang air besar juga disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh, makan penuhilah cairan tersebut dan jangan terburu buru tunggu beberapa saat.

3. Olah Raga Ringan

Tubuh yang tidak pernah atau jarang digunakan untuk beraktifitas ataupun berolahraga tidak baik untuk kesehatan otot otot dalam tubuh. Contoh simple nya, kotoran yang berada dalam usus besar akan kaku jika tubuh tidak banyak bergerak dan beraktifitas, sehingga kotoran tersebut akan mudah mengeras. Berbeda dengan seorang yang rajin berolahraga tentunya akan jauh lebih mudah dan lancar saat buang air besar. Lakuakan Olah raga ringan saja, seperti Shit Up sekitar 10-30 kali, skot jump 10 Kali, atau juga bisa lari lari kecil agar otot dalam tubuh bisa bekerja dengan baik.

4. Gunakan Obat Sembelit

Akan jauh lebih baik jika anda menggunakan obat sembelit agar bisa buang air besar secara aman dan lancar. Mulai dari obat oral yang dikonsumsi melalui mulut seperti obat herbal kaya serat, hingga obat rektal atauΒ supositoria untuk membantu agar lebih lancar BAB yang digunakan dengan cara dimasukan melalui anus. Pastikan penggunaan obat tersebut bebas dari alergi, perhatikan juga tanggal kadaluarsa dan hindari penggunaan jangka panjang. Jika anda tidak mengetahui cara dan aturan pakainya lebih baik langsung tanyakan ke dokter ahli anda.

5. Keluarkan dengan Baik

Setelah minum air dan berolahraga secukupnya sekitar 30 menit dari itu maka anda bisa mencoba untuk BAB. Santailah dalam mengeluarkan feses, buat kondisi tubuh dan pikiran setenang mungkin saat berusaha mengeluarkannya. Dengan sedikit tenaga secara berlahan maka BAB akan keluar. Jika terasa macet dalam arti keluar sebagian kemudian feses masuk lagi anda bisa menggunakan tangan untuk membantunya keluar. Agak terdengar jorok memang, tetapi cari ini cukup efektif untuk mengeluarkannya. Pastikan secara berlahan jangan terburu buru karena bisa menyebabkan lecet dan infeksi yang tentunya akan menambah parah luka di dalam anus.

Feses memang harus segera dikeluarkan jika memang sudah saatnya. Jika sering ditahan makan sangat dikhawatirkan akan menumpuk dan keras sehingga akan susah untuk dikeluarkan. Jika dibiarkan akan bisa berdampak lebih buruk seperti Wasir yang merupakan pembengkakan atau terjadinya radang di area anus atau rekum dan sekitar bokong. Wasri menyebabkan proses BAB yang bisa dilihat dengan adanya darah.

Penyebab Feses Keras dan Susah Keluar

Setelah anda mengetahui cara mengatasi dan megeluarkan feses yang keras dan susah untuk dikeluarkan maka ada baiknya untuk mengetahu penyebabnya sehingga anda bisa menghindari hal ini terjadi lagi. Anda juga bisa memberitahukan kepada teman atau kerabat anda sehingga mereka juga bisa terhindar dari susah BAB.

1. Kurang Serat

Hal yang paling banyak disepelekan orang ternyata merupakan sumber susah BAB atau sembelit. Banyak orang yang tidak suka makan Sayur atau Buah Buahan menyebabkan feses keras atau tidak lunak sehingga akan lebih susah untuk dikeluarkan. Oleh karena itu cukupilan serat alami dengan memakan sayur sayuran karena buah buahan untuk sebagian orang merupakan hal yang mahal. Sayur sayuran sangat baik untuk sistem pencernaan manusia, jika anda tidak suka memakan sayur dengan nasi maka coba makan sayurnya saja. Untuk buah buahan yang memiliki serat cukup tinggi seperti pisang dapat anda dapatkan dimana saja dan harganya juga murah. Pastikan selalu ingat untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh demi menjaga kesehatan agar tetap baik.

2. Kurangnya Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Kurangnya cairan ternyata tidak hanya menyebabkan dehidrasi saja. Efek lainnya seperti mengerasnya feses karena kurang cairan akan menyebabkan masalah pada saat seorang BAB. Jika cairan terpenuhi feses akan lebih lunak karena kanudngan air cukup yang membuat proses BAB akan lebih lancar.

3. Menunda dan Menahan BAB

Kebiasanan menunda ketika saatnya seorang memang harus BAB tidak bisa dianggap sepela. Memang masyarakat saat ini lebih memilih menahan BAB daripada menginggalkan sesuatu yang dianggapnya penting. Seperti menahan BAB karena pekerjaan, sedang bermain game dan sebagainya. Bagi anda yang memang kurang lancar dalam BAB jangan sesekali menahan dan menunda, yang akan menyebabkan feses menjadi lebih keras susah keluar dan paling parah bisa menyebabkan berbagai penyakit dalam saluran pembuangan atau anus.

4. Jarang Berolah Raga dan Kurang Gerak

Olah raga ataupun melakukan aktifitas yang bisa membuat tubuh bergerak terutama bagian perut akan lebih baik agar otot dalam tubuh tidak kaku. Kakunya otot karena kurang beraktifitas atau terlalu lama dukuk bisa menyebabkan feses susah keluar dan mengeras jika ditambah dengan kurangnya cairan dan serat yang semestinya. Pastikan rajin berolahraga, tidak perlu olah raga berat yang ringan juga bisa dilakukan seperti jalan sehat, lari pagi, shit up dll.

Itulah cara mengeluarkan feses yang keras dan berbentuk bulat serta penyebab mengapa tinja bisa keras dan susah keluar. Selalu perhatikan dan jaga kesehatan tubuh anda, jika segala masalah kesehatan yang ringan tidak segera diatasi tentunya akan menjadi lebih parah dan bisa menjadi kompikasi ditambah penyakit lainnya yang bisa muncul.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.