Pengertian Pulsa Adalah Arti Definisi Kategori, Fungsi dan Contoh

Secara umum definisi atau pengertian Pulsa adalah media penghubung untuk sarana berkomunikasi baik itu jarak dekat atau jarak jauh. Pulsa bisa juga diartikan alat perhitungan atau sistem perhitungan yang akan menentukan tarif pelanggan. Fungsi dari pulsa adalah untuk satuan biaya saat melakukan telepon atau komunikasi, chatting, mengirim pesan short message, messenger atau bahkan untuk sarana bermain game online.

Pengisian pulsa bisa dilakukan dengan cara prabayar dan juga pasca bayar. Pulsa memakai sistem prabayar merupakan pengisian yang bersifat real time yakni pembayaran yang dilakukan sebelum pelanggan bisa memakai pulsa. Sedangkan puksa prabayar tidak bersifat realtime yang dilakukan sesudah pelanggan memakai pulsa.

Untuk sistem billing prabayar serta pasca bayar sekarang ini dilakukan terpisah serta mempunyai karakteristik berbeda. Sebagai contoh, pasca bayar merupakan proses charging yang dilakukan sesudahnya sesuai dengan batas waktu yang sudah ditentukan setiap bulan dan sesudahnya pelanggan akan menerima tagihan. Sementara untuk sistem prapabayar merupakan proses operator yang memakai teknologi Intelligent Network atau IN yang menawarkan kemudahan untuk pengelolaan data secara real time.

Pulsa bisa berbentuk elektrik atau voucher. Untuk voucher atau voucher isi ulang adalah pulsa fisik yang berwujud yakni pengisian pulsa dilakukan secara sendiri dengan cara memasukkan 12 digit angka yang tertera di voucher sesudah digosok. Kode ini nantinya akan dikirim via short message service menuju operator seluler pelanggan.

Sementara pulsa elektrik merupakan non fisik atau tidak berwujud dimana pengisian akan ditranfer langsung lewat media elektronik yang dilakukan penjual pada saat pelanggan atau costumer sedang membelinya di counter.

A. Kategori Pulsa dan Cara Pembayarannya

Cara untuk mendapatkan pulsa sangatlah beragam sehingga pulsa bisa dikategorikan atas dasar cara membelinya yang terdiri dari dua jenis:

  • Pulsa prabayar : Pulsa jenis ini bisa diartikan pulsa yang dapat dipakai sesudah melakukan pembayaran di awal yang biasanya ditemui di kartu yang sudah diisi pulsa sebelumnya. Sebelumnya, anda harus membeli pulsa elektrik atau voucher agar bisa mengirim SMS, telepon dan juga bisa digunakan untuk bermain internet.
  • Pulsa pascabayar : Untuk jenis pulsa ini, anda bisa menggunakan layanan lebih dulu dan baru membayar pulsa yang dilakukan pada periode tertentu.

B. Kategori Pulsa Berdasarkan Fungsi

Pulsa merupakan alat perhitungan telepon yang harus dibeli dari provider yang sudah tersedia. Para penggunanya juga sangat luas dan sudah menjadi kebutuhan pokok kebanyakan manusia sekarang ini. Berikut adalah kategori pulsa berdasarkan dari fungsinya:

  • Pulsa telepon : Digunakan untuk melakukan hubungan jarak jauh lewat suara. Untuk melakukan komunikasi ini tidak diperlukan smartphone sebab jenis handphone biasa juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan.
  • Pulsa SMS : Pulsa ini berguna untuk mengirim pesan teks berupa SMS. Nominal pulsa yang ada nantinya akan berkurang sesudah mengirimkan setiap pesan. Meski sekarang sudah ada banyak provider yang memiliki sistem paket SMS sehingga bisa mengirim SMS lebih hemat.
  • Paket data atau internet : Jenis pulsa yang sudah banyak digunakan masyarakat secara luas untuk menjelajah internet dalam bentu voucher atau mendaftar paket internet ke provider yang digunakan.
  • Pulsa listrik : Jenis pulsa yang digunakan untuk membayar tagihan listrik yakni kebijakan pemerintah yang menyediakan cara membayar tagihan listrik lewat pulsa. Disini, pengguna harus membeli pulsa pada nominal tertentu untuk melakukan top up. Sesudah itu, listrik akan dipakai yang besarannya sesuai dengan kapasitas yang sudah dibeli.

C. Kategori Pulsa Berdasarkan Bentuk Fisik

Dilihat dari segi bentuk fisik, ada dua jenis pulsa yang bisa anda beli dan gunakan yakni voucher fisik serta pulsa elektrik.

  • Voucher fisik : Isi ulang atau pulsa dalam bentuk voucher yang bentuk fisiknya bisa dilihat yakni berbentuk seperti kartu perdana atau voucher belanja. Di dalam voucher tersebut akan tertera barisan angka yang berguna untuk mengisi ulang nomor handphone dengan cara memasukkan urutan nomor pada provider yang digunakan.
  • Pulsa elektrik : Pulsa elektrik merupakan proses isi ulang yang bentuk fisiknya tidak bisa terlihat atau biasa disebut dengan elektrik. Isi ulang yang dilakukan dengan jenis ini berbeda dengan voucher fisik sebab isi pulsa bisa tetap dilakukan dengan sebuah chip atau sim card khusus yang dikeluarkan provider. Pada setiap provider yang berbeda antinya juga diterapkan kode yang berbeda ketika top up pulsa.

D. Fungsi Pulsa

Pulsa bisa dikatakan sudah menjadi bagian penting sekarang ini sehingga fasilitas beli pulsa online juga lebih disukai oleh masyarakat. Ada beberapa fungsi dari pulsa yang bisa dipakai untuk mendukung kegiatan sehari hari, seperti:

1. Membeli Paket Internet

Pulsa dapat digunakan untuk membeli paket internet. Internet memungkinkan pengguna untuk bisa berkomunikasi secara mudah. Supaya pemakaian internet bisa semakin hemat dan lancar, maka pengguna bisa membeli pulsa dengan cara mendaftar pada salah satu paket internet.

2. Membeli Aplikasi

Pulsa yang ada juga bisa dipakai untuk membeli aplikasi. Beberapa jenis aplikasi memang berbayar sehingga jika ingin mengunduh dan memasang aplikasi tersebut, maka harus membayar. Pembelian aplikasi bisa dilakukan dengan memakai pulsa yang mudah dilakukan.

Voucher ini bisa dalam bentuk fisik seperti kartu yang berisi kode pengisian pulsa atau juga bisa non fisik yang ditransfer langsung lewat media elektronik. Ini juga sering disebut dengan voucher isi ulang sebab memang berguna untuk menambah atau mengisi ulang nilai dari kredit pulsa.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.