Pengertian Damai Adalah Arti Definisi Menurut Para Ahli dan Tingkat Konseptual


Sebuah konsep damai selalu membawa arti yang positif dan hampir tidak ada yang pernah menentang sebuah kata damai atau perdamaian. Perdamaian dunia juga menjadi tujuan yang utama dari kemanusiaan. Meski begitu, ada beberapa kelompok yang memiliki pandangan berbeda mengenai arti dari damai, cara mencapai kata damai dan apakah memang bisa benar benar benar terjadi atau tidak.

A. Pengertian Damai

Sebenarnya, damai memiliki arti yang cukup banyak dan bisa berubah menyesuaikan dengan hubungan kalimat. Damai bisa berarti persetujuan untuk mengakhiri sebuah perang atau sengketa dan masih banyak lagi. Damai juga bisa mengartikan sebuah kondisi yang tenang. Damai juga bisa diartikan sebagai kondisi emosi dalam diri.

Konsep damai yang dimiliki setiap orang juga berbeda beda menyesuaikan dengan lingkungan serta budayanya. Orang yang memiliki budaya berbeda terkadang juga tidak setuju dengan arti dari kata tersebut.

B. Pengertian Damai Menurut Para Ahli

Damai merupakan penyesuaian pada pengarahan dari seseorang atau kelompok dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan dalam hidup. Damai lebih identik dengan keseimbangan kehidupan sehingga kata damai tersebut ditujukan untuk seseorang supaya perpecahan seperti konflik bisa dicegah. Ada cukup banyak tokoh yang menjelaskan arti dari kata damai dan berikut beberapa pengertian damai menurut para ahli:

  1. Menurut Momodu: Momodu berpendapat jika damai merupakan suatu konsep dari semua tanggung jawab tanpa adanya kekuasaan ejekan serta lelucon.
  2. Paolo Friere: Paaolo Friere berpendapat jika damai merupakan dimensi kemurahan hati yang memiliki tujuan untuk mengikis penyebab dari sebuah pertempuran.
  3. Anand: Menurut Anand, pengertian dari damai di dalam pendidikan kedamaian adalah sebuah proses di mana seseorang bisa mengubah sikap serta perilakunya mengenai konflik kekerasan, mendapatkan beberapa nilai, pengetahuan serta mengembangkan keterampilan serta perilaku untuk hidup secara harmoni bersama orang lain.
  4. Adeyemi dan Salawudeen: Menurut Adeyemi dan Salawudeen, pengertian damai adalah sebuah filosofi serta proses yang berhubungan dengan akuisisi pengetahuan serta keterampilan dalam menciptakan perdamaian.
  5. Biswas: Biswas berpendapat jika arti damai memiliki tujuan untuk mengekspos berbagai cara tanpa menggunakan kekerasan untuk mengatasi sebuah konflik.
  6. Martin Luther King: Menurut Martin Luther King, damai merupakan ketegangan yang bisa dihasilkan dari sebuah keadilan.
  7. Yani: Yani berpendapat jika arti dari kata damai adalah tindakan yang dilakukan seseorang yang bisa mengendalikan rasa marah atau kemarahan dengan jaln sabar.

C. Damai Sebagai Kontrak Sosial

Perspektif dan makna dari damai yang berkaitan sudah dirangkum dalam beberapa prinsp sosial. Ini juga sudah didokumentasikan serta bukti diberikan untuk mereka yang berada di area lainnya.

1. Prinsp Konflik

Konflik merupakan penyeimbangan kekuatan di antara kemampuan, kepentingan serta kemauan. Ini merupakan sebuah penyesuaian timbal balik dari apa yang diinginkan seseorang, yang diperoleh dan yang ingin dikejar. Perilaku konflik baik itu tindakan saling bermusuhan, perang atau kekerasan kemudian menjadi sarana serta manifestasi dari proses tersebut.

2. Prinsip Kerja Sama

Kerja sama sangat tergantung dari harapan yang sejalan dengan kekuasaan. Lewat konflik pada kondisi tertentu, keseimbangan antara kekuatan dan kesepakatan yang terkait akan tercapai. Keseimbangan tersebut merupakan keseimbangan yang pasti di antara kemampuan, kepentingan serta keinginan semua pihak.

Perjanjian merupakan solusi simultan untuk persamaan kekuasaan yang berbeda sehingga akan tercapai harmoni, struktur dan harapan tertentu. Inti dari struktur ini adalah status quo atau harapan khusus pada hak serta kewajiban.

3. Prinsip Kesenjangan

Kesenjangan antara harapan serta kekuasaan bisa menyebabkan konflik. Sebuah struktur harapan saat didirikan mempunyai kelebaman sosial yang besar. Sedangkan keseimbangan kekuatan pendukung bisa berubah secara cepat. Nantinya minat dapat bergeser, kemampuan baru dapat berkembang serta kemauan dapat semakin kuat atau semakin lemah.

4. Prinsip Helix

Konflik bisa tidak terlalu intens dan kerja sama bisa berjalan lebih langgeng. Apabila interaksi terjadi pada sistem tertutup atau bebas dari perubahan tiba tiba serta tajam, maka penyesuaian timbal balik bisa lebih mudah dan harapan bisa lebih harmonis serta abadi.

D. Tingkat Konseptual Serta Dimensi Damai

Dimensi, bentuk serta urutan kontrak sosial menurut definisi adalah damai. Hal yang harus ditambahkan adalah perbedaan tambahan yang umumnya tidak diterapkan pada kontrak sosial namun sebenarnya bisa membantu menempatkan damai sebagai kontrak sosial di antara berbagai konseptualisasi perdamaian.

E. Tingkat Konseptual

  1. Tingkat: Damai secara konseptial adalah menentang perang. Tingkat konseptual untuk menganalisis perdamaian yang adil nantinya akan melibatkan kontrak sosial yang ditentukan oleh perang sipil, internasional atau revolusioner. Damai bagaimanapun di kalangan pasifis juga sangat menentang kekerasan.
  2. Ambang batas: Hal penting dalam teori damai yang adil adalah perbedaan antara konflik tanpa kekerasan serta antagonis pada satu sisi serta kekerasan di sisi lain. Damai yang adil serta bebas dari kekerasan jangka panjang setidaknya pada tingkat masyarakat hanya bisa terjadi dengan harga perdamaian dari konflik tanpa menggunakan kekerasan.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.