Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal Yang Mudah

jagad.id – cara budidaya ikan nila di kolam terpal dengan media  terpal memudahkan siapa saja untuk memasang teknologi bahkan di rumahnya sendiri, tanpa harus melakukannya di pertanian subur di daerah pedesaan.Kolam terpal untuk budidaya ikan dapat diibaratkan dengan budidaya hidroponik untuk budidaya tanaman, dimana luas lahan tidak serta merta membatasi petani.

Inovasi tersebut, selain mengatasi kurangnya lahan subur untuk budidaya ikan, juga akan menciptakan lapangan kerja dan pendapatan bagi banyak masyarakat. inovasinya adalah untuk mengatasi masalah protein, ketahanan pangan, dan usaha menghasilkan pendapatan bagi kaum muda yang inovatif.

Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal Yang Sngat Menjanjikan

memelihara ikan nila di kolam  yang dibuat dengan terpal dan kayu karena kurangnya lahan dan ruang atau halaman belakang, menambahkan bahwa kolam harus sangat higienis sehingga ikan bahkan dapat bertahan hidup di air selama 48 jam dalam jangka waktu yang lama. tempat yang keren dan juga ramah lingkungan.

Kondisi air harus dipompa ke dalam kolam dari lubang bor terdekat atau air yang terjamin  dan pembudidaya akan siap memproduksi nila  selama enam bulan.Menekankan pada kualitas air sebelum memulai produksi ikan nila bahwa ikan seperti tanaman, di mana pun mereka ditemukan, beroperasi di media dan membutuhkan tingkat PH yang kondusif untuk berkembang.

Dia mengatakan kepada Ghana Times bahwa PH menunjukkan alkalinitas atau keasaman medium (air) setiap saat dan levelnya berkisar antara 6,5 hingga 8,5, menambahkan bahwa 7,0 netral dan aman. Bukan berarti Anda hanya memulai budidaya ikan, mengumpulkan benih dan memasukkannya ke dalam air tambak.

Tidak sembarangan Anda perlu mengetahui PH media dengan menguji kualitas airnya. Ikan memiliki tingkat toleransi untuk berkembang jika tidak mereka tidak akan dapat bertahan hidup.Untuk memastikan kualitas air sesuai dengan lokasi. Meskipun air ledeng, Anda perlu menguji kadar PH.

Oleh karena itu pembudidaya  ikan nila untuk menggunakan sumber air yang baik, baik itu sumur bor, sumur, air sungai, bawah tanah atau lainnya dan harus bebas dari klorin, garam, besi, minyak atau bahan kimia berbahaya dan kontaminan lainnya.

Membangun kolam ikan dengan bahan terpal dan kayu lebih murah dibanding kolam lain yang berukuran sama meski tidak sekuat yang lain. Ini juga sangat bagus untuk digunakan di tanah yang bukan situs permanen.

Namun kerugiannya adalah pencuri dapat dengan mudah merobohkan kolam dalam upaya untuk memburu ke peternakan ikan. Juga, jika perawatan yang memadai tidak dilakukan untuk memastikan bahwa kayu pendukung dipadatkan dengan baik, banjir dan angin dapat dengan mudah meruntuhkan struktur kayu tersebut.

Kolam terpal untuk budidaya ikan nila  bisa dibuat dengan menggunakan kayu, tanah, atau batu bata. Untuk tambak dengan tanah bisa dengan menggali lubang di tanah kemudian ditutup dengan terpal. Sedangkan kolam dengan rangka kayu atau bata dapat dibuat di atas permukaan tanah.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menebar benih ke dalam kolam sebaiknya kolam terpal bibit di isi dengan air yang kaya alga/plankton (biota air hijau) sebagai sumber pakan utama bibit ikan nila .

Agar ikan nila  tumbuh lebih cepat sebaiknya bibit  juga diberi palet khusus  sebanyak 4 kali sehari. Selain pelet, bisa juga diberikan pakan alami seperti bekicot, bekicot mas, kerang, rayap, dan lain-lain.Air kolam juga wajib diganti, agar tidak membuat kualitas air menjadi buruk dan bau. Kualitas air yang buruk akan berdampak pada munculnya berbagai penyakit.

Penggantian air alternatif dilakukan dengan membuang 10-30% air tambak, dan menambahkan air dengan jumlah yang sama ke pembuangan setiap minggu sekali atau setiap 2 minggu sekali.Saat umur ikan nila mencapai 1 bulan, maka dilakukan pemilihan dan pemisahan ikan lele berdasarkan kualitas dan ukurannya. Hal ini bertujuan untuk membudidayakan ikan lele agar sama baiknya dari segi ukuran dan kualitas ikan lele.

Apa itu Terpal? Terpal adalah lembaran polietilen yang kuat dan tebal. Itu juga bisa dibuat dari bahan lain. Ini sangat tahan, tahan air dan dapat disesuaikan, dan digunakan untuk menutupi produk pertanian dan hal lainnya.Kualitas terpal tergantung pada produsen yang berbeda, dan kualitasnya diukur dengan GSM (Gram Per Meter Persegi). Tangki terpal dengan volume tinggi sangat diperlukan untuk budidaya ikan komersial.

Manfaat dari tangki ikan yang dibuat dengan terpal adalah:

  1. Fleksibel, air bisa menyesuaikan diri di dalam tangki.
  2. Pengelolaan amonia mudah dibandingkan dengan tangki semen.
  3. Jumlah air yang perlu diputar/diganti sangat sedikit dibandingkan dengan media lainnya.
  4. Mudah mengembangkan bioflock.
  5. Mudah memanen ikan.
  6. Dapat dipindahtangankan.

baca juga : pemijahan ikan nila

Struktur Ideal Kolam Ikan Terpal ,Ukuran dan bentuk tangki dapat mempengaruhi pertumbuhan dan produksi ikan secara keseluruhan di dalam tangki.Tank berbentuk bulat lebih efisien daripada Tank berbentuk persegi atau lainnya. Tangki dengan radius 2 meter menyediakan ruang yang dibutuhkan untuk… ikan. Manfaat lainnya adalah sebagai berikut:

Sedikit ikan terakumulasi di dekat bagian tengah tangki di tempat paling bawah di mana saluran keluar telah dibuat. jika diberi makan dengan baik, mereka harus mencapai rata-rata 1kg dalam 6 bulan. Waktu yang dibutuhkan benih ikan untuk mencapai ukuran meja (ukuran pasar) tergantung pada pemberian pakan, tempat tinggal, dan setiap prosedur pengelolaan lainnya yang diterapkan.

Jika dikelola dengan baik, ikan Anda akan siap disajikan setelah enam bulan. Sementara itu, ini juga tergantung pada berat yang Anda targetkan untuk ikan Anda. Jika mereka diberi makan dengan baik, mereka harus mencapai rata-rata 1kg dalam 6 bulan.

Meskipun pertumbuhan ikan bergantung pada kualitas dan kuantitas makanan yang tersedia, faktor lingkungan, dll., ada tingkat pertumbuhan yang pasti untuk spesies ikan yang berbeda. Beberapa ikan tumbuh menjadi sangat besar selama bertahun-tahun sementara ada ikan berukuran kecil beberapa milimeter dan mencapai ukuran maksimumnya dalam beberapa hari atau minggu.

Dengan demikian pertumbuhan merupakan faktor genetik dan herediter. Dalam profesi akuakultur atau pembudidayaan ikan, faktor ini menguntungkan digunakan untuk menghasilkan keturunan ikan cepat tumbuh melalui hibridisasi dan selektif itulah ulasan mengenai cara budidaya ikan nila di kolam terpal.

error: This content is protected by DMCA