Pemijahan Ikan Nila Secara Alami Cukup Mudah

Ada tiga kegiatan utama dalam alur waktu budidaya ikan nila: pembibitan bibit, pembesaran dan pemanenan, serta pengolahan hasil. Tidak semua kegiatan tersebut selalu dilakukan di tambak akuakultur, kecuali di tambak nila komersial terbesar kali ini kita akan ulas pemijahan ikan nila.

Tempat penetasan khusus menghasilkan bibit bibit berkualitas tinggi. Peternakan pedesaan yang terletak di area masyarakat akan menemukan pasar lokal untuk ikan segar kecil ataupun ketersediaan bibt ikan untuk tujuan di besarkan kembali.

Proses Pemijahan Ikan Nila Secara Alami

Membiakkan ikan nila, seperti program peningkatan stok canggih lainnya, memerlukan fasilitas khusus. Hari-hari pembibitan benih ikan campuran di rumah sudah lama berlalu, dan seharusnya sudah, dan tempat penetasan khusus sekarang menawarkan benih ikan nila jantan yang semuanya bergradasi dari strain yang berbeda dan dengan manfaat pertumbuhan dan ketahanan terhadap penyakit yang terbukti.

Penggunaan pembibitan adalah praktik yang menjadi populer dalam produksi ikan intensif karena memberikan banyak manfaat seperti

  1. efisiensi produksi yang lebih tinggi karena kompensasi pertumbuhan saat hewan dipindahkan
  2. peningkatan jumlah siklus per tahun
  3. kontrol yang lebih baik dalam hal kelangsungan hidup, pakan, parameter kualitas air, keseragaman bets, dan pencegahan terhadap patogen dan predator

Baca juga : Budidaya ikan nila

Pemijahan ikan nila notabennya tidak lah sulit karena naluri ikan ini sangat baik tidak pemakan sejenis pemijahan dapat di lakukan secara alami.  Untuk lokasi pemijahan iti sendiri sebaiknya kolam dibuat miring 3-6%  kemudian buat memelir di dasar kolam  sedalam 22-33 cm untuk tempat ikan melakukan pemijahan.

Setelah semua siap perhatikan tempat pemijahan dengan cermat pastikan air dalam kondisi bersih lalu siapkan indukan yang sudanh berisi telur kemudian tebarkan ikan nila betina dan ikan nila jantan kedalam kolam sebanyak 1 ekor/m2 dengan perbandingan 1:3.

Setelah ditebar beri ikan nila makanan secukupnya biasanya proses ini memerlukan waktu 6-7hari untuk proses pembuahan sampai dengan penetasan telur tersebut sejak indukan di tebar.proses itu dilakukan di cekungan kolam tersebut sampai dengan telur ikan setelah dibuahi pejantan akan dierami oleh induk betina sampai menjadi ikan kecil.

Selama proses pengeraman maka otomatis indukan akan enggan makan karemna proses pengeraman adadi dalam mulut indukan .maka dari itu pemberian pakan sebaiknya di kurang I menghindari pakan yang berklebihan.

Proses pengeraman biasanya berlangsung selama satu minggu setelah indukan mengeluarkan larva kecil-kecil atai anak ikan yang jumplahnya ratusan ingga ribuan  yang nantinya ikan kecil itu akan berenang ke dinding kolam maka segera ambil sarigan halus dan pindahkan k kolam lain ikan tersebut, untuk menghindari resiko yang di timbulkan.

Dan pindahkan ikan dari ikan predator. Pilihan yang tepat tidak akan mengganggu ikan nila dewasa Anda, tetapi mereka akan menjaga “kawanan” tetap terpangkas untuk Anda dengan memakan sebagian besar ikan nila muda. Ada berbagai jenis ikan predator yang menyenangkan yang bisa Anda

Pisahkan ikan nila  jantan dan betina: Ini jelas berhasil, namun, ini bisa sangat memakan waktu dalam sistem besar, dan hanya berfungsi sebaik kemampuan orang tersebut untuk mengidentifikasi jenis kelamin dengan benar. Di sebagian besar sistem rumah tangga, menangani 50-200 ikan bukanlah masalah besar.

Kurangi cahaya ikan nila  bertelur lebih jarang dan kurang berhasil bila diberi jam gelap lebih banyak daripada jam terang. Kurangi suhu sedikit. Nila  cenderung bertelur pada tingkat optimal pada suhu antara 78-84F derajat. Pada usia 72, sebagian besar strain hampir berhenti bertelur, meskipun mereka juga tumbuh lebih lambat… jadi bukan solusi terbaik dalam banyak kasus.

Secara pribadi, saya suka ide menggunakan ikan erkembang biak secara alami. Ini bukan metode bukti gagal dengan cara apa pun, tetapi bekerja cukup baik untuk mengendalikan populasi, dan ini juga bisa sangat menyenangkan. Anda dapat mempertahankan kondisi optimal untuk pertumbuhan yang cepat, sekaligus mengendalikan populasi. Untuk sistem aquaponik rumah kami sendiri.

nah itulah ulasan mengenai pemijahan ikan nila secara alami dan tentu tidak memakan banyak waktu tetapi harus dilakukan dengan teliti karena ikan atau larva yang baru menetas sangatlah riskan ataupun rawn kematian baik dari segi suhu udara ataupun faktor-faktor yang lain.

 

error: This content is protected by DMCA