Cara Ternak Ikan Koi Di Kolam Beton Yang Ideal

jagad.id – cara ternak ikan koi di kolam beton Membangun dan memelihara kolam koi adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat, tetapi tidak selalu mudah. Mempelajari cara merawat kolam dan ikan Anda diperlukan untuk membuat konstruksi kolam Anda sukses.

seorang Ayah dan anak menikmati kolam koi Pertama, konstruksi dan pemeliharaan kolam adalah usaha yang memakan waktu. Sementara ikan koi adalah makhluk yang anggun, mereka membutuhkan banyak perhatian. Menjaga kesehatan ikan Anda akan menghabiskan waktu dan uang Anda.

Cara Ternak Ikan Koi Di Kolam Beton Menjadi Penyejuk Mata

Hal lain yang perlu diingat adalah mengubah kolam halaman belakang yang sudah ada biasanya tidak akan berhasil. Koi membutuhkan kondisi khusus untuk berkembang, yang berarti kolam yang sehat dimulai saat konstruksi. Ada opsi yang lebih murah, yang akan kita bahas lebih lanjut di bawah ini, tetapi umumnya yang terbaik adalah membangun kolam koi dari awal.

Untuk memastikan kolam koi Anda berfungsi dengan baik anda memastikan bahan yang anda gunakan kualitas baik untuk membangun kolam beton.Anggaran dan bahan  Saat batu bata Anda disusun, pertimbangkan anggaran Anda untuk menentukan bahan apa yang akan Anda gunakan. Anda harus memilih antara opsi seperti beton atau pun batu bata merah.

Mulailah dengan menentukan seberapa besar kolam yang ingin Anda bangun. Minimal, kolam koi membutuhkan setidaknya 1.000 galon air dengan kedalaman 150 m, 2 -3 m Tentu saja, jika Anda berniat untuk memperkenalkan lebih banyak ikan dari waktu ke waktu, Anda harus mulai dengan kolam yang lebih besar.

Pada titik ini, Anda juga harus mempertimbangkan iklim tempat tinggal Anda. Ikan koi dapat bertahan hidup dengan lapisan es tipis di bagian atas kolam, tetapi udara tetap perlu berinteraksi dengan air. Di iklim yang lebih dingin, fitur air seperti air mancur atau air terjun adalah pilihan yang sangat baik untuk memastikan air kolam tetap diangin-anginkan.

Meskipun hawa dingin tidak terlalu menjadi perhatian di daerah pegunungan tetap penting untuk mempertimbangkan bagaimana iklim dapat memengaruhi keragaman koi di kolam Anda.

Setelah pemasangan batubata  Anda selesai, saatnya untuk mulai membangun kolam koi Anda. Sekarang, Anda harus memiliki gagasan tentang berapa banyak ikan yang perlu Anda tampung dan di mana tepatnya Anda ingin membangun kolam Anda.

baca juga :Cara Pemijahan Ikan Koi Cukup Mudah

Bangun kolam Anda untuk mencegah koi lompat area kolam yang airnya tergenang. Para ahli merekomendasikan beton yang dirawat dengan fiberglass untuk mencapai sirkulasi air terbaik. Ini membuat air teroksigenasi di seluruh kolam, menjaga keseimbangan pH yang sehat dan koi yang berkembang biak.

Sebagai pengganti beton yang dilapisi fiberglass, opsi yang lebih murah adalah menggunakan lapisan karet. Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa opsi pengurangan biaya ini juga membutuhkan perhatian tambahan untuk perawatan yang tepat.

Meskipun mungkin salah satu hal terakhir yang terlintas dalam pikiran Anda, kolam koi Anda juga membutuhkan semacam perlindungan untuk ikan. Burung dan mamalia pemangsa dapat mengancam ikan Anda tanpa penghalang pelindung. Menutupi kolam Anda dengan jaring pengaman akan menjauhkan predator alami.

Lebih mudah menjaga kebersihan kolam koi dengan konstruksi yang tepat. Seperti disebutkan di atas dengan menggunakan kolam beton , banyak aspek desain membantu menjaga air tambak. Terlepas dari itu, masih ada beberapa langkah untuk menjaga kebersihan kolam.

Kualitas air
Sangat penting untuk menjaga kualitas air di kolam koi Anda. Tingkat pH harus antara 7,0 dan 8,0. Apa pun di atas 8,0 dapat menyebabkan alkalosis, dan apa pun di bawah 7,0 dapat menyebabkan asidosis. Kedua kondisi tersebut dapat membahayakan ikan Anda.

Mempertahankan kadar amonia, nitrit, dan nitrat yang tepat juga penting. Pertahankan kadar nitrit dan amonia sedekat mungkin dengan 0, sedangkan nitrat harus tetap di bawah 50 bagian per juta. Level ini dapat naik dan turun secara alami, jadi sangat penting untuk memantaunya dengan cermat.

Investasikan alat uji air untuk memastikan kualitas air kolam Anda tetap layak huni. Kit ini memeriksa tingkat kimiawi air kolam Anda, menunjukkan perawatan apa yang mungkin harus Anda lakukan.Fitur penting lainnya untuk menjaga kebersihan kolam Anda adalah metode penyaringan yang berkualitas. Sama seperti akuarium dalam ruangan, penting untuk menyaring air agar tetap bersih dan teroksigenasi.

Ada banyak metode penyaringan alami. Bakteri menguntungkan yang terjadi secara alami di dalam air mengubah amonia dan nitrit menjadi nitrat. Selain itu, desain konstruksi yang menyediakan ruang pengendapan mendorong puing-puing yang lebih besar ke area yang mudah diakses untuk dibersihkan.begitulah ulasan mengenai cara ternak ikan koi di kolam beton yang dapat di praktekan di belakang rumah anda.

error: This content is protected by DMCA