5/5 (1)

Bahaya Begadang Cara Mengatasi Begadang – Akhir-akhir semakin banyak orang yang memilih tidak tidur atau tidur lebih sedikit agar bisa menikmati suasana malam. Terlebih lagi saat liburan seperti ini, mereka akan semakin giat dalam beraktifitas malam dengan alasan besoknya libur sehingga tidak perlu bangun pagi untuk bersiap pergi ke kantor ataupun sekolah. Mereka rela begadang dan mengorbankan waktu istirahat mereka. Akan tetapi, karena mereka kurang tidur maka mereka tidur di siang hari.

Ada beberapa alasan orang memilih begadang, diantaranya :

  • Kerja lembur

Kerja LemburSebagian orang menganggap bahwa urusan pekerjaan atau bisnis jauh lebih penting daripada istirahat yang cukup. Seorang workaholic pasti waktunya lebih banyak tersita untuk bisnis daripada waktu yang digunakan untuk istirahat. Selain itu, dengan alasan dikejar deadline atas pekerjaan atau tugasnya, seseorang lebih memilih mengerjakan pekerjaan sampai larut malam supaya pekerjaannya bisa selesai tepat waktu. Sebagai akibat dari kerja lembur ini, seseorang akan telat bangun dan bahkan akan tertidur di siang hari.

  • Kerja shift malam

Kerja Shift MalamMencari pekerjaan di era globalisasi ini memang sangat sulit. Seorang yang telah lulus menjadi sarjana belum tentu langsung mendapat pekerjaan. Sedangkan biaya kehidupan dari hari ke hari semakin meningkat. Oleh karena itu, setiap orang akan menerima segala bentuk peluang pekerjaan yang ada. Termasuk dengan peluang bekerja sebagai pekerja shift malam. Sebagian pekerja shift terbentur dengan peluang kerja yang semakin kecil dan kebutuhan yang terus bertambah sehingga menerima pekerjaan ini. Apabila mendapatkan shift siang tentu tidak masalah karena sama dengan pekerja lain. Akan tetapi, apabila mendapatkan shift malam seseorang akan terus begadang hingga shiftnya selesai yang biasanya selesai jam enam pagi. Tentu saja menjadi pekerja shift malam memang bukan hal yang gampang karena seorang pekerja shift malam harus dipaksa tetap terjaga ketika seharusnya ia dan setiap orang sedang istirahat.

  • Insomnia

Kumpulan Obat Tradisional Susah Tidur Ampuh dan AmanInsomnia adalah keadaan dimana seseorang tidak dapat tidur karena gangguan jiwa. Gangguan jiwa di sini bukan berarti gila melainkan gangguan psikis atau mental. Biasanya orang yang sedang stres akan lebih mudah mengalami gangguan tidur ini. Insomnia memang bukanlah sebuah penyakit, akan tetapi apabila seseorang sering mengalami insomnia, ia seharusnya cepat-cepat berkonsultasi dengan spesialisnya.

  • Terlalu asik bermain

Dampak Negatif Bermain Game Terlalu Lama Bagi AnakPada saat waktu liburan seperti ini, banyak sekali orang mulai dari kalangan anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa yang terlalu asik bermain hingga lupa waktu dan sampai larut malam. Mulai dari bermain game di gadget hingga bermain di lingkungan luar yang jelas menyita banyak waktu. Lagi-lagi, libur menjadi alasan yang lumrah yang diutarakan oleh setiap pelakunya.

Efek Akibat Sering Begadang Dan Bangun Siang

Begadang adalah aktifitas yang sangat tidak baik untuk kesehatan. Rasa kantuk di siang hari menjadi efek mutlak yang didapatkan setelah begadang. Saking tidak baiknya begadang bagi kesehatan, ada banyak sekali efek-efek lain yang timbul setelah begadang yaitu sebagai berikut.

  • Mudah mengantuk

Cara Ampuh Menghilangkan Ngantuk Di Pagi Hari Dengan CepatSudah pasti seorang yang begadang akan mudah mengantuk. Seseorang yang begadang di malam hari hanya tidur dengan waktu yang sangat sedikit. Tidur yang dibutuhkan setiap orang adalah delapan jam perhari. Apabila seseorang tidur kurang dari delapan jam, maka ia akan mudah mengantuk di siang hari.

  • Muka pucat dan lingkaran hitam di sekitar mata

Muka pucat dan lingkaran hitam di sekitar mataSeseorang yang sering begadang akan terlihat lemas, lesu, dan tidak bergairah. Muka seorang yang kurang tidur akan terlihat lebih pucat daripada orang lain. Terdapat lingkaran hitam di sekitar mata dan terdapat kantong mata yang besar. Selain itu, mata seorang yang sering begadang akan berwarna merah.

  • Sakit kepala dan susah konsentrasi

Sakit kepala dan susah konsentrasiBegadang menyebabkan otak harus terus bekerja nonstop atau hanya mendapatkan waktu istirahat yang sedikit. Hal ini dapat menyebabkan rusaknya sel otak sehingga dapat menyebabkan gangguan pada kepala seperti pusing ataupun sakit kepala. Tidak hanya itu, rusaknya sel otak juga dapat menurunkan kemampuan berpikir dan daya ingat. Seseorang yang kurang tidur akan susah berkonsentrasi sehingga ia akan mudah lupa akan suatu hal.

  • Daya tahan menurun

Daya tahan menurunEfek samping dari kebiasaan buruk begadang ialah menurunnya daya tahan tubuh atau sistem imun dan kekebalan tubuh. Daya tahan tubuh dipengaruhi oleh metabolisme tubuh, sedangkan metabolisme tubuh bekerja pada saat seseorang tidur. Apabila seseorang kurang tidur, kekebalan tubuhnya akan turun sehingga ia akan mudah terserang penyakit seperti demam, flu, batuk, dan tidak enak badan atau meriang.

  • Pola makan tidak teratur

Pola makan tidak teraturSeseorang yang terbiasa begadang di malam hari dan tidur di siang hari akan mengalami ketidak teraturan pola makan. Di malam hari, ketika begadang, kondisi lambung benar-benar kosong sehingga menimbulkan rasa lapar. Sehingga seseorang yang sedang begadang akan berusaha mengisi perut dengan makanan ringan ataupun makanan berat seperti nasi dan mie instan. Di siang hari seseorang yang begadang di malam hari akan memilih tidur dibandingkan beraktifitas. Ia sudah tidak memiliki tenaga lagi untuk melakukan aktifitas. Karena ia memilih tidur, maka ia tidak dapat mengisi perut yang sebenarnya sudah kosong lagi. Sehingga begadang dapat membuat pola makan menjadi tidak teratur. Pola makan yang tidak teratur dapat mendatangkan berbagai macam penyakit.

  • Stres dan depresi

Aku Lelah dengan Hidup ini - Merasa Menyerah Putus AsaTidur dapat membuat pikiran menjadi rileks dan tenang. Kurang tidur justru dapat membuat pikiran menjadi tidak stabil, gelisah, dan emosi yang berlebihan. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan stres ataupun depresi.

Cara Agar Tubuh Tetap Bugar Meski Sering Begadang

Lalu, bagaimana agar kita bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup dan tidur yang berkualitas ? Atau setidaknya mengurangi efek samping dari begadang apabila terpaksa begadang ? Ada bebera cara yang dapat dilakukan, yaitu :

  • Hindari minuman yang mengandung kafein tinggi

Hindari minuman yang mengandung kafein tinggiSebelum tidur kita tidak boleh untuk meminum minuman dengan kadar kafein yang tinggi seperti kopi dan teh. Kafein dapat meningkatkan hormon adrenalin. Hormon adrenalin mampu membuat seseorang menjadi terjaga sehingga ia tidak akan bisa tidur.

  • Olahraga sore

Manfaat Bersepeda Bagi PriaOlahraga baik pagi maupun sore memang sangat baik bagi tubuh. Olahraga dapat meningkatkan kebugaran jasmani. Setelah melakukan olahraga sore, biasanya tubuh akan mudah mengantuk sehingga dapat tidur tepat waktu dan tidur menjadi lebih berkualitas.

  • Banyak minum air putih

Banyak minum air putihKetika begadang, tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga sangat perlu meminum air putih secara cukup untuk mengembalikan cairan tubuh. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, tidak bertenaga, dan menurunkan kemampuan berpikir.

  • Hindari makanan berminyak dan cepat saji saat begadang

Hindari makanan berminyak dan cepat saji saat begadangMakanan berminyak dan cepat saji mengandung kadar kolesterol jahat yang tinggi. Kolesterol tersebut sangat tidak baik bagi tubuh sehingga harus dibersihkan. Orang yang bertugas membersikan racun dalam tubuh ialah hati. Jika ketika begadang memakan makanan berminyak dan cepat saji, kerja hati akan semakin berat. Jika siang hari, makanan akan diserap sebagai tenaga. Apabila kerja hati semakin berat, maka kemungkinan hati akan menjad rusak dan tidak berfungsi normal lagi. Oleh karena itu, gantilah makanan berminyak dan cepat saji dengan makanan yang lebih banyak mengandung vitamin seperti buah-buahan ataupun sayur-sayuran.

Baca Juga : Kumpulan Obat Tradisional Susah Tidur Ampuh dan Aman

Melihat dari begitu banyaknya dampak yang dihasilkan dari begadang, sudah seharusnya kita menghindari begadang. Hindarilah makanan ataupun aktifitas yang dapat mengganggu kebutuhan tidur kita. Tidurlah dengan cukup dan berkualitas. Apabila terpaksa begadang di malam hari, maka konsumsilah makanan dan minuman yang bergizi sehingga dapat menurunkan efek samping dari begadang.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.