Manfaat Tidur Dengan Lampu Redup

Manfaat Tidur Dengan Lampu Redup – Pada pembahasan kali ini, admin akan membahas lebih jauh tentang apa sih manfaat tidur dengan lampu redup. Kebanyakan orang diindonesia, sudah biasa dengan mematikan atau meredupkan lampu saat ingin tidur. Katanya agar tidur lebih nyenyak dan segar di pagi hari. Lalu sebagian kecil orang, lebih memilih menyalakan lampu saat tidur dan biasanya disebabkan oleh rasa takut akan gelap. Lantas manakah yang anda pilih? jawabannya ada di artikel ini. Berikut adalah manfaat tidur dengan lampu redup yang jarang diketahui oleh banyak orang:

1. Meningkatkan Kerja Otak

Otak manusia bekerja setiap detik tanpa ada waktu istirahat kecuali saat tidur. Namun tahukah anda, bahwa apabila saat tidur dengan menyalakan lampu maka otak manusia masih akan tetap bekerja? Kenapa? Alasannya karna otak manusia dapat merangsang cahaya yang dihasilkan oleh lampu walaupun mata tertutup rapat. Tanpa kita sadari otak terus bekerja dimalam harinya karna efek cahaya lampu ataupun cahaya tv sehingga otak manusia terutama anak-anak dapat memperlambat proses kerjanya atau sering lupa.

2. Tidur Terasa Nyenyak

Tidur tanpa cahaya lampu juga berdammpak baik pada kenyamanan tidur anda. Sebab, setiap hari dalam beraktifitas anda pasti tidak luput menggunakan gadged, tv, komputer ataupun barang elektronik lain yang banyak memancarkan cahaya infra biru pada mata. Sehingga dapat menurunkankan produksi hormon melatonin pada tubuh manusia. Dimana hormon ini sangat baik untuk kekebalan tubuh sehingga tidur terasa nyenyak saat malam hari. Lalu apabila anda tidak mematikan lampu saat sebelum tidur otomatis produksi hormon tersebut tidak akan terjadi oleh karna cahaya pada lampu tersebut.

3. Menghasilkan Hormon Melatonin

Tidur dimalam hari dengan cahaya yang redup atau mati baik bagi tubuh. Ini dikarenakan, bagian tubuh pada kelenjar pineal dapat memproduksi hormon melatonin ketika anda tidur di tempat yang redup atau tanpa cahaya. Hormon ini sangat berperan penting terhadap kekebalan tubuh dan dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker payudara dan kanker prostat. Beda halnya ketika tidur dengan menyalakan lampu, hormon ini tidak akan bekerja karna hormon ini sangat sensitif dengan ransangan cahaya dari luar.

4. Menghilangkan stress

Stress diakibatkan oleh banyak hal bisa seperti ditinggal kekasih, banyak hutang, tekanan dari luar dan banyak lagi faktor lainnya. Pada saat terjadinya stress tekanan darah dan temperatur di dalam tubuh menaik sehingga berakibat fatal bagi tubuh anda. Disinilah peran pentingnya hormon melatonin yang berguna untuk menstabilkan tekanan darah dan menurunkan suhu dalam tubuh. Jadi dengan tidur yang berkualitas yaitu dengan mematikan lampu maka banyak manfaat yang anda dapat rasakan.

5. Tidur Lebih Berkualitas

Menurut anda tidur yang berkualitas itu seperti apa? Tidur berkualitas yang baik adalah dimana otak dan organ tubuh lain benar-benar dalam keadaan istirahat atau non aktif. Jadi apabila sinar cahaya yang dihasilkan oleh lampu mengenai organ tubuh kita maka otomatis menjadikan kualitas tidur kita kurang baik atau tidak berkualitas. Sebab, otak dapat merangsang cahaya dari lampu dan menyebabkan otak tidak beristirahat secara optimal. Jadi walaupun anda menutup mata rapat-rapat, otak akan tetap merespon cahaya lampu tersebut melalui stimulator-stimulator.

6. Menurunkan Resiko terjadinya Kanker Payudara

dari pernyataan sebelumnya, apabila kekurangan hormon melatonin dapat menyebabkan tubuh akan mudah terserang penyakit salah satunya yaitu kanker payudara.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan mematikan lampu hormon melatonin dapat diproduksi dengan baik oleh tubuh. Dimana hormon ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Sehingga badan menjadi segar kembali dan dapat mencegah banyak penyakit berbahaya lainnya.

8. Mengurangi resiko kegemukan

Tahukah anda bahwa hormon melatonin juga sangat baik untuk mengontrol berat badan anda. Ini disebabkan, hormon melatonin dapat membakar banyak kalori dalam tubuh dan juga apabila anda kekurangan hormon ini anda akan mudah terkena penyakit obesitas, diabetes dan penyakit bawaan lainnya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.