Pengertian Noktural : Ciri dan Contohnya

Pengertian Nokturnal, Ciri dan Contohnya – Pengertian nokturnal adalah binatang atau hewan yang beraktivitas dimalam hari dan tidur pada siang hari. Pada umumnya ditengah masyarakat yang masih percaya mitos, mengaitkan hewan hewan nokturnal sebagai hal yang menyeramkan dan mistis.

Aktivitas hewan nokturnal pada malam hari yang utama adalah berburu mencari mangsa untuk dimakan dan pada siang harinya mereka biasanya tidur. Binatang nokturnal pada umumnya memiliki indera pendengaran, penciuman dan penglihatan yang secara khusus tercipta untuk beradaptasi dengan lingkungan di malam hari yang gelap.

Jika binatang yang aktif pada malam hari entah untuk berburu atau mencari makan dan bahkan berkembang biak disebut sebagai binatang nokturnal, maka binatang yang aktif di siang hari disebut sebagai binatang diurnal.

Lalu kenapa terdapat Binatang Nokturnal ?

Beberapa binatang nokturnal memiliki perilaku dan sifat yang aktif di malam hari karena beberapa alasan yaitu : Mengurangi kompetisi dalam perburuan makanan, menghindari terik panas matahari, menghindari pemangsa, meningkatkan peluang besar dalam berburu dan mencari makan.

Semua alasan diatas sebenarnya memiliki satu inti yang sama yaitu untuk mempermudahkan dalam melakukan aktifitas juga supaya lebih aman dari para pemangsa. Tapi untuk penjelasan lebih lanjut silakan simak sub bab berikut ini.

1. Mengurangi Persaingan dalam mencari makan

Jadi sifat binatang yang aktif di malam hari untuk mencari makan merupakan adapatasi untuk menguarangi kompetisi dalam perburuan mencari makan pada wilayah dan jenis mangsa (makanan) yang sama, contohnya adalah burung elang dan burung hantu.

Burung elang dan burung hantu memiliki jenis makanan yang sama yaitu tikus maupun ular. Meskipun wilayah dan jenis makanannya sama, mereka berburu pada waktu yang berbeda. Burung elang pada siang hari dan burung hantu pada malam hari.

2. Menghindari Terik panas matahari

Wilayah yang memiliki suhu tinggi biasanya terdapat banyak binatang nokturnal, hal ini merupakan adaptasi dari binatang tersebut untuk menghindari menurunya cairan dalam tubuh akibat panasnya matahari.

3. Menghindari Kontak dengan Pemangsa

Spesies kecil seperti tikus aktif di malam hari karena menghindari kontak dengan pemangsa yang sering berkeliaran di siang hari. Berang berang juga aktif dimalam hari dan bersembunyi di siang hari untuk menghindari kontak dengan manusia yang sering mereka disiang hari.

Apa Ciri ciri Hewan Nokturnal ?

Bukan tidak mungkin bahwa setiap hewan memiliki ciri ciri, pun dengan hewan nokturnal yang memiliki beberapa ciri ciri sebagai berikut ini.

1. Indra Penglihatan yang tajam

Hewan nokturnal umumnya memiliki bola mata yang lebar. Oleh karena itu, mereka memiliki mata dan kualitas penglihatan yang sangat tajam. Seperti burung hantu yang mampu melihat pergerakan tikus sebagai mangsanya meskipun pada malam hari.

2. Indra Pendengaran yang unik

Hewan nokturnal pada umumnya memiliki pendengaran yang berbeda dari hewan hewan biasa. Hal itu membantu mereka dalam melakukan aktivitas pada malam hari. Pendengaran yang unik ini terdapat pada hewan kelelawar. Mereka mampu terbang di gua yang gelap tanpa terbentur dinding gua karena mereka mendengar dengan menggunakan gelombang ultrasonik.

3. Indra Pengecap (Rasa)

Selain penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam, kali ini ada lho hewan nokturnal yang terbantu dengan indera pengecap nya. Contoh saja adalah hewan ular nokturnal, sebagian ular beraktifitas pada malam hari dengan menggunakan bantuan lidahnya yang menjulur untuk membantu navigasi dan mendeteksi panas tubuh mangsanya.

4. Indra Penciuman

Selain dari ketiga indera yang telah disebutkan diatas, ada juga binatang nokturnal yang beraktivitas di malam hari dengan bantuan indra penciuman. Biasanya mereka menggunakan indra penciumannya untuk membantu mencari, mengikuti dan juga melacak mangsanya pada malam hari.

Contoh Binatang Nokturnal

Supaya lebih mengetahui mengenai definisi hewan nokturnal mari kita lihat apa saja sih binatang yang termasuk kedalam hewan nokturnal ? Baiklah simak contoh contohnya berikut ini.

  1. Berang berang
  2. Burung hantu
  3. Burung Kiwi
  4. Hamster
  5. Hyena
  6. Kalajengking
  7. Kanguru
  8. Katak
  9. Kelelawar
  10. Kukang
  11. Kuskus
  12. Landak
  13. Rubah Merah
  14. Tarsius
  15. Tikus



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.