Jagad.id – Secara umum definisi atau pengertian jadwal adalah pembagian waktu berdasarkan rencana pengaturan urutan kerja yang ditulis dalam bentuk daftar atau tabel kegiatan dengan pembagian waktu pelaksanaan yang tererinci. Proses dari pembuatannya disebut dengan penjadwalan yang merupakan suatu proses atau tindakan yang dilakukan sebagai rencana pengaturan urutan kerja serta pengalokasin waktu pelaksanaannya.
Cara Pembuatan Jadwal
1. Menulis Tugas Harian Berdasarkan Kepentingan
a). Buat daftar tugas harian yang akan dilakukan
Saat ingin membuat daftar tugas harian, sisihkan waktu khusus ± 1 jam untuk membuat daftar ini. List semua kegiatan yang akan dilakukan tanpa memikirkan urutannya karena daftar ini hanya untuk inspirasi.
b). Catat tugas utama dan pendukung
Saat mulai membuat jadwal, apapun yang harus dilakukan anggap semuanya adalah tugas.
c). Ajukan pertanyaan untuk diri sendiri tentang aktivitas harian
Untuk membuat daftar tugas lebih detail, perlu bertanya kepada diri sendiri, apa yang seharusnya dilakukan dan bagaimana prosesnya.
d). Lakukan analisis daftar tugas
Apabila kekurangan waktu, lakukan evaluasi pada tugas tertentu yang memang harus dilakukan. Untuk menentukan tugas-tugas mana yang harus diselesaikan secara efesien.
2. Membuat jadwal
a). Buat jadwal mengunakan microsoft excel atau program yang lain
Penggunaan Microsoft excel atau program lain dapat membantu pembuatan lebih cepat dan lebih detail.
b). Sesuiakan tugas dan waktu pelaksanaan
Mulai menulis jadwal untuk aktivitas yang harus dilakukan diwaktu tertentu sertiap hari dan tentunya berdasarkan hasil analisa tugas yang telah dilakukan sebelumnya.
c). Jadwalkan aktifitas yang membutuhkan waktu lebih lama
Agar pelaksaannya efisien perlu menjadwalkan aktifitas yang membutuhkan waktu agak lama namun yang harus diperhatikan adalah jangan sampai memadatkan jadwal dan memendekkan durasi kegiatan lainnya.
d). Buat jadwal yang fleksibel
Buatlah jadwal yang mudah disesuaikan jika diperlukan dan perhitungkan waktu tambahan untuk mengantisipasi kejadian tak terduga.
e). Cetak jadwal
Cetak jadwal dan tempelkan tempat-tempat yang menurut anda sesuai dan garis bawahi atau beri warna agar mudah dilihat.
f). Gunakan warna sebagai kode
Beri kode pada tugas-tugas tertentu dengan warna berbeda berdasarkan aspek kepentingan.
3. Mengoptimalkan jadwal
a). Perhatiakn level energi pada pagi hari, siang dan malam hari
Kreativitas dan kemampuan berfikir kritis biasanya paling kuat pada pagi hari, sehingga lakukan kegiatan yang paling berenergi atau yang perlu berfikir banyak pada pagi hari, seperti menulis artikel dan mendesain, pada siang hari lakukan pekerjaan rutin yang tidak perlu berfikir banyak begitupun pada malam hari lakukan sesuai kemampuan dan keinginan.
b). Mulai kebiasaan yang menunjang tercapainya tujuan
Biasakan lakukan pekerjaan positif yang dapat mendukung tujuan anda. Seperti berolahraga karena menyehatkan.
c). Manfaatkan jadwal dengan menerapkannya
Memanfaatkan waktu dengan sebaiknya lakukan penyesuaian kecil setiap hari agar terbiasa.
Fungsi dan Manfaat jadwal
- Melatih kedisiplinan
- Melatih tanggung jawab
- Tidak membuang-buang waktu
- Rutinitas lebih teratur
- Menciptakan target dalam hidup
- Membantu manajemen waktu
- Meningkatkan produktivitas
- Menghilangkan stress
- Memberikan manfaat kesehatan
- Mendorong kreatifitas
- Mengingatkan hal yang terlewatkan
Tips Mengatur Jadwal
1. Prioritas
Kerjakan pekerjaan sesuai dengan tingkat kepentingannya seperti mengerjakan pekerjaan yang penting dan mendesak terlebih dahulu dan dapat menunda sementara waktu untuk pekerjaan yang juga penting namun tidak mendesak.
2. Belajar mengatakan tidak
Mulailah berkomitmen untuk menolak sejumlah kegiatan atau hal yang akan menyia-nyiakan waktu.
3. Tidur yang cukup
Istirahat yang cukup merupakan aset penting dalam menjalankan tugas. Apabila kurang tidur akan sulit fokus dalam mengerjakan tugas.
4. Fokus pada pekerjaan
Dalam mengerjakan tugas hindari melakukan kegiata yang dapat mengganggu konsentrasi seperti bermain gadget.
5. Selesaikan lebih awal
Menunda-nunda pekerjaan bukan hal yang baik karena akan membuat terburu-buru saat tugas dekat deadline sehingga resiko membuat kesalahan sangat tinggi.
6. Jadikan pekerjaan utama sebagai kebiasaan
Dengan menjadikan pekerjaan sebagai kebiasaan akan menjadi sangat menyenangkan karena pekerjaan akan terasa lebih ringan.
7. Manfaatkan akhir pekan
Dengan memanfaatkan akhir pekan dengan bijak, kita akan terhindar dari kejenuhan yang setiap harinya harus selalu bekerja.
8. Buat semua lebih rapi dan terorganisir
Jangan biarkan rumah dan pekerjaan menjadi berantakan dan tidak teratur. Karena akan membuang banyak waktu juga tenaga untuk membereskannya.
9. Lakukan sesuatu ketika menunggu
Selagi menunggu atau berada dalam antrian pada hari anda, biasakan melakukan sesuatu agar tidak membosankan seperti melakukan hobby yang tentunya positif.
10. Berkomitmen untu melakukan sesuatu
Bagi yang memiliki kebiasaan menunda atau mengabaikan berbagai hal lainnya yang terbilang penting. Komitmen sangat diperlukan sehingga memiliki harapan untuk sebuah pencapaian.
11. Kerjakan tugas yang berkaitan
Kerjakan tugas yang memiliki keterkaitan dengan tugas lainnya sehingga anda bisa lebih berkonsentrasi sekaligus menyelesaikan secara berurutan.
12. Hilangkan pikiran-pikiran negatif
Pikiran negatif terkadang muncul dipikiran kita. Hal ini sangat mengganggu dan membuat tidak tenang dan nyaman dan yang pada akhirnya akan berimbas pada pekerjaan yang tidak maksimal.