Tips Cara Belajar Agar Lolos SBMPTN Tanpa Bimbel

Tips Cara Belajar agar lolos SBMPTN tanpa bimbel, Hallo pejuang PTN J Bagaimana persiapan kalian untuk menghadapi ujian tulis SMPTN 2018 ? Apakah sudah matang ? Tentu saja yang kelas 12 masih punya kesempatan untuk ikut jalur seleksi surga yaitu SNMPTN hehehe. Kenapa saya bilang surga ? Karena hanya dengan menginputkan nilai dari kelas 1 sampai kelas 3 kamu sudah bisa mengikuti seleksi nasional. Tanpa perlu ikut ujian tulis. Lalu bagaimana dengan yang ikut ujian tulis seperti SBMPTN ? Apakah kesempatan lolos besar dibandingkan dengan jalur SNMPTN ? Nah, simak terus infonya.

Penerimaan mahasiswa baru di hitung dari jalur masuk memang yang paling banyak adalah melalui SNMPTN. Kalian yang kelas 12 boleh berbahagia tapi untuk yang sudah terlanjur nganggur setahun di rumah ada baiknya tetap tersenyum karena peluang lolos SBMPTN juga lumayan besar.

Permasalahan yang sering dihadapi oleh camaba (calon mahasiswa baru) khususnya yang telah nganggur setahun dirumah adalah biaya dalam menghadapi ujian tulis SBMPTN. Bagaimana tidak ? Mengikuti SBMPTN saja sudah membayar beberapa ratus ribu, belum lagi mereka yang ikut bimbel pasti sudah mengeluarkan biaya banyak. Dan tragisnya mereka masih disubsidi oleh orang tua. Seperti saya L eh curhat. Bertambah parah lagi, karena mereka tidak lolos SBMPTN.

Untuk itu kali ini saya akan bagikan informasi jitu agar kamu dan saya bisa lolos SBMPTN. Lhoh saya ? Iya, saya penulis di Sekutu Keadilan memang nganggur setahun dan akan mengikuti ujian tulis SBMPTN 2018 nanti. Jadi kita adalah rival 😀 hehe. Kenapa rival tapi mau berbagi ? Sebab ilmu tidak akan habis meskipun kita bagi kepada orang lain. Oke langsung saja simak langkah-langkah agar lolos SBMPTN.

Targetkan Prodi yang akan dipilih serta analisis Passing Grade

Sekarang ini beredar rumor kalau Passing Grade bukanlah angka asli dari Universitas dan tidak bisa menjadi acuan lolos Seleksi. Tapi percayalah, dengan mengetahui Passing Grade seorang Camaba bisa memiliki setidaknya tolak ukur dalam membidik target prodi. Nah, pada langkah pertama ini tentukan prodi dan berapa passing grade tahun lalu.

Mengejar materi yang belum dikuasai dengan acuan Passing Grade

Selanjutnya, hitung Passing Grade prodi ditambah dengan 15%. Kenapa ditambah 15% ? Karena kamu harus bisa mencari titik aman dari jumlah minimum passing grade prodi. Lalu, hitung dari berapa jumlah soal yang bisa kamu kerjakan dan yakin bisa benar (cari contoh soal SBMPTN 3-1 tahun sebelumnya, di internet banyak). Dengan mengetahui jumlah soal yang sudah kamu kuasai maka akan bisa dihitung passing grade yang bisa kamu capai. Coba kerjakan ketiga soal SBMPTN dari setahun sampai 3 tahun sebelumnya kemudian Hitung PG (Passing grade) dengan rumus berikut :

4B-S * 100/jumlah soal

4B = 4 dikalikan jumlah jawaban benar

S = jumlah jawaban salah

Dengan menggunakan rumus tersebut kamu akan bisa mengetahui Passing grade yang bisa kamu capai. Nah, di langkah ini sudah ketahuan Passing grade target kamu. Misal masih kurang maka yang harus kamu lakukan adalah dengan mencari materi yang kurang kamu kuasai lalu belajar itu sampai menguasai.

Persiapan teknis Ujian dan Psikologi

Jangan teralu banyak menginsumsi motivasi hehehe karena orang yang terlalu banyak memakan motivasi, focus pikirannya malah ke motivasi tersebut, bukannya fokus ke apa yang harus dilakukan malah termakan dengan kata – kata motivasi. Okelah tidak apa mendengar motivasi sesekali tapi jangan banyak – banyak.

Persiapkan peralatan ujian sedini mungkin untuk menghindari nanti saat ujian kelupaan. Peralatan itu biasanya Papan, Pensil 2B, Karet Penghapus standar, pengerut (kacip). Jadi, jika secara teknis kamu sudah siap maka insyaAllah kamu bisa lancar dalam mengerjakan ujian SBMPTN.

Sekian tips dari saya, semoga kamu dan saya bisa lolos SBMPTN tanpa mengikuti bimbingan belajar yang mahal. Kurang lebih bimbel juga menerapkan strategi seperti saya diatas. 🙂





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.