10 Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

Jagad.id – Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak – Mempelajari bahasa baru bisa menjadi pengalaman menakutkan yang tidak mudah bagi banyak orang. Anak-anak, khususnya, dapat merasa kehilangan motivasi tanpa dukungan, sumber belajar, dan umpan balik yang tepat. Mencari tahu bagaimana belajar bahasa Inggris, seperti bahasa baru lainnya, bisa penuh dengan tantangan yang menghambat pembelajaran dan kemajuan. Tapi jangan khawatir!

Jika Anda tertarik untuk mempelajari bahasa Inggris selangkah demi selangkah dalam kenyamanan rumah Anda, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat! Meskipun bahasa Inggris dianggap sebagai salah satu bahasa yang lebih mudah diakses dan mudah dipelajari, bahasa ini dapat membuat siswa yang paling mahir dan penutur yang fasih sekalipun terpuruk.

Namun, sebagai bahasa kedua yang paling banyak dipelajari di dunia, pembelajar bahasa Inggris memiliki akses ke banyak sumber daya untuk membuat pembelajaran menjadi intuitif dan menyenangkan! Kami memberikan kiat, sumber belajar, dan aplikasi terbaik untuk memastikan bahwa waktu yang Anda habiskan untuk belajar bahasa Inggris bermanfaat dan efektif!

Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak di Rumah

Ada beberapa strategi yang dapat Anda terapkan sebagai pembelajar bahasa Inggris pemula dan lanjutan untuk meningkatkan kemahiran dan kelancaran Anda. Meskipun Anda mungkin sudah familiar dengan beberapa di antaranya, yang lain mungkin baru! Apa yang kita sukai dari tips ini? Anda dapat memasukkannya ke dalam proses pembelajaran Anda dari kenyamanan rumah Anda untuk membantu membawa bahasa Inggris Anda ke level berikutnya!

1. Mulailah Membaca!

Kita hidup di zaman dengan banyak sekali bahan bacaan untuk anak-anak yang tersedia hanya dengan sekali klik (atau ketuk!) saja. Dan ada banyak konten dalam bahasa Inggris! Membaca adalah cara yang bagus untuk membantu Anda membangun kosa kata dan memaparkan Anda pada struktur kalimat yang berbeda sambil membuat Anda tetap terlibat!

Apakah Anda memutuskan untuk menggunakan fiksi fantasi, atau artikel nonfiksi tentang perkembangan ilmiah terbaru, membaca menawarkan kesempatan bagi Anda untuk merasa nyaman dengan bahasa yang biasanya tidak sering Anda gunakan! Berikut adalah beberapa hal tips belajar bahasa inggris untuk anak yang dapat Anda jelajahi untuk memasukkan membaca ke dalam gaya hidup Anda:

  • Untuk beberapa bacaan santai, pertimbangkan untuk menjelajahi situs web yang mudah dibaca.
  • Jika ada buku yang ditulis dalam bahasa ibu Anda yang sangat Anda sukai, Anda dapat mencoba mengambil terjemahan bahasa Inggrisnya.
  • Mengalihkan bahasa default di browser pencarian dan ponsel Anda ke bahasa Inggris dapat membantu Anda memasukkan bahasa Inggris.
  • Jika Anda memiliki Facebook atau Twitter, coba ikuti lebih banyak figur publik yang memposting dalam bahasa Inggris untuk melihat lebih banyak konten berbahasa Inggris di feed Anda untuk dibaca!

2. Bergabunglah dengan Komunitas Pembelajar Bahasa Inggris!

Pembelajar bahasa Inggris akan terkejut mengetahui bahwa pembelajar lain dengan kemahiran serupa sering menghadapi tantangan dan masalah yang serupa. Entah itu melatih pelafalan Anda, atau memahami tenses dengan lebih baik, mempelajari bahasa baru apa pun bisa menjadi pengalaman yang membuat frustrasi. Namun, mengatasi frustrasi ini bisa menjadi mudah saat Anda berhubungan dengan pelajar yang berpikiran sama dengan tujuan yang sama.

Anda dapat membagikan wawasan dan terobosan Anda dalam perjalanan menemukan bahasa baru ini, langsung dari kenyamanan rumah Anda dan menjadi bagian dari proses pembelajaran berbasis komunitas. Berikut adalah beberapa tips belajar bahasa inggris untuk anak untuk menemukan dan terhubung dengan komunitas pembelajar bahasa Inggris saat ini:

  • Facebook penuh dengan grup untuk pelajar ESL (Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua). Anda dapat memfilter beberapa untuk menemukan satu yang melayani penutur bahasa Inggris yang memiliki tingkat kemahiran yang sama dengan Anda.
  • Anda harus memiliki keberuntungan yang sama di forum bahasa Inggris Reddit, yang merupakan komunitas besar pelajar dan penutur bahasa Inggris yang berkumpul untuk menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki sebagai pelajar pemula atau lanjutan.

3. Mulailah Berbicara!

Sebagai pembelajar baru, mungkin akan mengecilkan hati untuk mulai menggunakan bahasa yang belum Anda kuasai. Ketakutan membuat kesalahan konyol dapat membatasi pembelajar yang paling mahir sekalipun untuk berbicara bahasa Inggris untuk memesan di restoran, atau mencari bantuan untuk berbelanja bahan makanan.

Namun, buktinya tidak bisa lebih jelas. Siswa yang belajar bahasa melalui percakapan cenderung melihat hasil lebih cepat daripada siswa yang mengandalkan metode yang lebih tradisional.

Sebuah studi University of Michigan dari tahun 2016 menemukan bahwa siswa yang belajar bahasa Inggris dengan berbicara membuat peningkatan yang signifikan dalam keterampilan bahasa mereka dibandingkan siswa yang belajar melalui latihan kosa kata dan tata bahasa saja.

Belajar melalui percakapan memungkinkan pembelajar untuk meningkatkan ingatan mereka akan kata-kata baru, lebih memahami tata bahasa, mengenali kata-kata dengan lebih baik, dan berbicara dengan lebih lancar dan percaya diri.

Ada banyak tips belajar bahasa inggris untuk anak di rumah Anda. Anda dapat menelepon teman Anda untuk berlatih berbicara dengan mereka saat Anda bebas. Atau, Anda dapat menemukan tutor bahasa Inggris yang dapat berbicara dengan Anda melalui panggilan video untuk membantu Anda melatih bahasa Inggris Anda.

4. Tetapkan Target Pembelajaran yang Jelas dan Dapat Dicapai

Sangat mudah untuk berjanji pada diri sendiri bahwa Anda akan menguasai keterampilan atau hobi pada akhir tahun, atau pada saat Anda mencapai usia tertentu. Ini bisa terlihat seperti, “Saya akan fasih berbahasa Inggris saat saya di sekolah menengah!” Bagaimana cara belajar bahasa Inggris di rumah, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri.

Nah, ini dia, menetapkan target belajar yang jelas dan dapat dicapai dapat membantu Anda tetap mengikuti perkembangan belajar Anda. Ada begitu banyak hal selain “menjadi lancar” yang dapat difokuskan oleh target Anda untuk membantu Anda menjadi lebih lancar dan mahir.

Tujuan Anda malah bisa terlihat seperti ini. “Saya berjanji untuk mempelajari kata baru setiap hari hingga akhir tahun” atau “Saya berjanji untuk merujuk ke kamus setiap kali saya menemukan kata bahasa Inggris yang tidak saya mengerti.”

Daripada menetapkan tujuan yang luas, akan lebih efektif untuk memiliki target pembelajaran yang lebih kecil, tetapi lebih jelas, yang dapat dicapai yang juga dapat membantu Anda mengukur kemajuan Anda. Berikut adalah beberapa target lain yang dapat Anda tetapkan sendiri.

Dalam sembilan bulan, saya ingin mendapat skor 110 pada ujian TOEFL sehingga saya dapat lulus persyaratan penerimaan bahasa untuk universitas impian saya.
Dalam enam bulan, saya ingin dapat melakukan percakapan singkat tentang olahraga dan cuaca dengan penutur asli bahasa Inggris.

Dalam waktu tiga bulan, saya ingin dapat mengirim pesan kepada teman-teman saya dalam bahasa Inggris untuk menanyakan pekerjaan rumah dan sekolah tanpa perlu kamus.

5. Pertahankan Konsistensi Anda!

Bahasa Inggris memiliki lebih dari 750.000 kata, aturan tata bahasa yang sering dilanggar, dan penyimpangan pengucapan yang bahkan membingungkan penutur asli. Jadi jika Anda kesulitan memahami bahasa ini, tips belajar bahasa inggris untuk anak ini akan membantu.

Ketika Anda berada dalam posisi di mana Anda merasa kemajuan Anda tidak seperti yang Anda harapkan, yang merupakan pengalaman sebagian besar pelajar, Anda tidak boleh membiarkan pemikiran seperti “Saya tidak akan pernah mendapatkan ini”. Alih-alih, ganti pikiran negatif dan mengganggu itu dengan “Sekarang tidak mudah, tapi saya akan sampai di sana!”

Alih-alih mengatakan pada diri sendiri, “Saya tidak berbicara bahasa Inggris dengan baik dan saya harus berhenti belajar”, Anda harus mengingatkan diri sendiri bahwa Anda “belajar sedikit setiap hari dan meningkat perlahan”. Mempelajari bahasa baru apa pun bisa terasa seperti jalan yang terjal dan menanjak, tetapi itu hanya karena bahasa baru datang dengan kurva belajar yang curam.

Selama Anda menjaga konsistensi Anda, Anda akan sampai di sana. Berfokus pada cara belajar bahasa Inggris dengan cepat mungkin berlawanan dengan intuisi, dan fokus Anda harus belajar sedikit setiap hari.

6. Carilah Kata-Kata Baru!

Kata-kata adalah blok bangunan dari bahasa apa pun. Semakin banyak kata yang Anda miliki di saku, semakin baik Anda dapat mengekspresikan diri untuk berkomunikasi dengan orang lain dan mengartikulasikan pikiran Anda. Saat Anda membaca buku, menonton film, atau berbicara dengan seseorang, ada kemungkinan besar Anda menemukan kata yang tidak Anda kenal.

Bayangkan saja berapa banyak kata baru yang dapat Anda pelajari jika Anda berusaha mencatat kata-kata baru yang Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Setiap kali Anda menemukan kata yang tidak Anda kenal, tips belajar bahasa inggris untuk anak yang harus Anda lakukan.

  • Alih-alih mengabaikan kata itu, gunakan itu sebagai kesempatan belajar untuk mencatatnya, dan mencari artinya.
  • Membangun kosa kata Anda sangat penting untuk menguasai bahasa baru, dan bisa sesederhana menuliskan kata baru yang tidak Anda kenal sehingga Anda memiliki kesempatan untuk mencarinya nanti.
  • Anda dapat melangkah lebih jauh dan mengunjungi kembali koleksi kata Anda yang terus bertambah untuk melihat apakah Anda masih mengingat arti kata-kata tersebut.
    Cobalah untuk membentuk kalimat dengan kata-kata baru yang telah Anda pelajari. Anda dapat melangkah lebih jauh dengan mencoba menggunakannya dalam percakapan.

7. Tonton TV!

Apakah Anda sedang mencari film baru untuk anak-anak, ingin mendapatkan kabar terbaru tentang cuaca, atau mengikuti berita, TV masih memiliki tempat dalam kehidupan modern kita. Ini terutama benar jika Anda mencoba mempelajari bahasa baru.

Jika Anda berusaha untuk melihat lebih banyak penutur asli berbicara dalam bahasa yang Anda pelajari, Anda harus dapat mendengarkan dan belajar. Anda dapat meningkatkan pelafalan kata-kata Anda dengan mendengarkan mereka berbicara sambil membangun kosa kata Anda. Jika Anda ingin mengetahui cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan bersenang-senang sambil melakukannya, inilah yang harus Anda coba.

  • Nyalakan televisi pada saat Anda tidak ingin mempelajari pelajaran bahasa Anda berikutnya dan temukan acara yang menurut Anda akan Anda sukai.
  • Jika Anda ingin membawa ini ke tingkat berikutnya, Anda bahkan dapat melihat ekstensi Pembelajaran Bahasa untuk Chrome ini yang memungkinkan Anda untuk melihat subtitle acara apa pun yang Anda tonton dalam dua bahasa.
  • Satu aliran subtitle bisa menjadi bahasa asli Anda, sedangkan yang lainnya bisa menjadi bahasa Inggris. Menjalankan dua aliran subtitle ini secara berdampingan dapat membantu Anda memahami bahasa Inggris lisan dengan lebih baik.
  • Mengkonsumsi konten bahasa Inggris di TV atau media lainnya juga merupakan cara yang bagus untuk menemukan aksen baru dan meningkatkan kemampuan Anda untuk memahami kata-kata dalam aksen yang mungkin tidak Anda kenal.

8. Bernyanyi dalam bahasa Inggris

Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki suara nyanyian terbaik atau kurang latihan! Nyanyikan saja lagu bahasa Inggris yang dapat Anda akses. YouTube, Spotify, dan Apple Music hanyalah beberapa platform tempat Anda dapat mengakses koleksi lagu dalam bahasa Inggris yang kaya, dan mungkin bahkan beberapa yang Anda sukai! Tapi mengapa Anda harus ikut bernyanyi dalam bahasa yang sedang Anda coba pelajari?

Sebagai permulaan, bernyanyi bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat bahasa baru terasa lebih alami. Seperti mendengarkan penutur asli berbicara, ini dapat membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pengucapan, dan struktur kalimat, dan membangun kosa kata Anda tanpa memberi Anda perasaan bahwa Anda sedang mengikuti pelajaran bahasa.

9. Mendaftar di Kelas Online

Kenyamanan teknologi modern memungkinkan Anda mengambil kelas dari mana saja di zaman sekarang ini, termasuk kenyamanan rumah Anda. Terlepas dari tingkat kemahiran dan kelancaran Anda, Anda harus dapat menemukan kursus bahasa Inggris yang sesuai dengan tingkat keahlian dan tujuan Anda!

Jika Anda harus melakukan perjalanan untuk mengikuti turnamen sepak bola ke negara berbahasa Inggris, misalnya, Anda mungkin dapat menemukan kursus yang dapat membantu Anda mengasah keterampilan percakapan Anda sebelum tiba di sana!

Sebagai alternatif, Anda dapat mengambil kursus yang lebih lama yang dapat membantu Anda meningkatkan tata bahasa, kosa kata, dan pelafalan Anda secara perlahan. Salah satu keuntungan terbesar mendaftar di kelas online adalah, tidak seperti kelas bahasa sekolah biasa, Anda dapat mengaksesnya pada waktu yang nyaman bagi Anda.

Banyak kelas bahasa online juga dilengkapi dengan kuis reguler, flashcard digital, dan pekerjaan rumah yang dapat membantu Anda menguji apa yang telah Anda pelajari!

10. Berlatih

Anda tahu apa yang mereka katakan! Latihan membuat sempurna. Anda bisa melakukannya dengan baik di kelas bahasa Inggris Anda minggu ini dengan sumber belajar bahasa Inggris, tetapi kecuali Anda mempraktikkan apa yang telah Anda pelajari secara teratur, Anda mungkin merasa sulit untuk mempertahankan dan menerapkan apa yang telah Anda pelajari.

Latihan dapat mengambil bentuk yang berbeda! Mempelajari lembar kerja bahasa Inggris, catatan kelas, dan menanyai diri sendiri tentang apa yang telah Anda pelajari di rumah adalah titik awal yang baik!

Cara hebat lainnya untuk melatih bahasa Inggris Anda adalah dengan membuat kartu flash dari kata-kata baru yang Anda temui, dan menuliskan definisinya di bagian belakang. Anda dapat membaca flashcards secara teratur untuk melihat apakah Anda mengingat arti kata-kata tersebut. Jika Anda merasa sangat percaya diri, mencoba menggunakan kata-kata tersebut dalam kalimat sebelum Anda beralih ke flashcard lain mungkin akan membantu.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang tips belajar bahasa inggris untuk anak yang dapat anda pelajari. Dengan ini anda bisa memberikan pembelajaran anak anda dengan tepat. Semoga membantu!

error: This content is protected by DMCA