Tips Belajar yang efektif dan menyenangkan – Belajar menuntut ilmu merupakan hal yang wajib kita lakukan sejak lahir hingga kita sampai ke liang lahat. Belajar tidak harus selalu melalui pendidikan formal, kamu pun bisa belajar secara mandiri atau otodidak dengan memanfaatkan media yang saat ini beredar. Untuk seorang pelajar, kita bisa memanajemen waktu belajar yang efektif sehingga apa yang kita pelajari menjadi mudah di tangkap. Ciptakan juga suasana belajar yang menyenangkan.

Berikut ini saya akan membagikan informasi mengenai tips belajar yang efektif tapi juga mengasyikkan bagi seorang pelajar. Untuk umum silakan terapkan sendiri sesuai dengan kesenangan hati nurani.

1. Memilih Jam Belajar yang Tepat

Belajar yang tepat adalah pada waktu waktu setelah bangun tidur pada dini hari. Pada jam ini, otak masih fresh dan siap untuk menampung ilmu baik pelajaran sekolah atau ilmu yang lainnya. Jika kamu seorang muslim alangkah baiknya bangun dini hari antara jam 3 hingga jam 4 untuk melaksanakan sholat sunnah tahajud, setelah itu baru belajar.

Belajar dini hari sangat disarankan mengingat suasana hening dan tenang pada waktu tersebut menambah kemudahan kita dalam menangkap isi dari suatu pelajaran. Selain jam belajar pada dini hari, kamu bisa juga membagi waktu belajar pada waktu sehabis sholat isya’ atau anatara jam 7 hingga jam 8 atau 9.

2. Tidak memaksakan belajar berat

Kesalahan pelajar saat ini adalah menerapkan pola belajar kebut semalam ketika menghadapi ujian. Hal ini malah akan membuat tubuh menjadi lelah dan capek, alhasil pada pagi hari pikiran akan menjadi lemah dan ngantuk. Tentu saja ketika menghadapi ujian, kamu akan terganggu karena kondisi tubuh yang kurang fit.

Belajar yang baik adalah belajar sedikit sedikit tapi selalu diulang ulang, dengan begitu ingatan tidak akan mudah hilang. Jangan sekali kali memiliki pola belajar kebut semalam.

Oh iya, jangan juga belajar ketika keadaan lingkungan kamu menekan batin atau pikiran, hal ini akan membuat kamu menjadi susah dalam menangkap ilmu ilmu yang sedang dipelajari. Carilah tempat yang pas dan sesuai dengan kesukaan kamu untuk memulai belajar.

3. Belajar sambil mendengarkan musik

Mungkin sebagian orang akan mudah mencerna ilmu pengetahuan sambil mendengarkan lantunan musik kesukaan. Jika kamu adalah salah satunya, silakan belajar sambil mendengarkan musik yang disukai. Gunakan headset dengan volume tidak melebihi 50%. Saran saya adalah jangan belajar sambil mendengarkan musik dengan volume keras.

Masalah musik, kamu sendiri yang tahu apa saja membuat pikiran menjadi rileks. Mungkin ada yang rileks belajar dengan musik keroncong, instrumen musik, atau bahkan mungkin musik rock mampu merilekskan pikiran seseorang yang sedang belajar karena kesukaan musik berbeda beda pada tiap manusia.

4. Belajar Individu atau kelompok

Kita sering mendengar ucapan pelajar yang katanya adalah belajar kelompok. Namun, pada realitasnya kebanyakan mereka tidak segera melakukan belajar kelompok tapi kebanyakan ngobrol. Tentu hal ini tidak efektif dan malah membuang buang waktu untuk belajar.

Jika dalam kelompok belajar ada seorang leader yang mampu mengatur anggotanya, ikuti dia dan patuhi selama ia benar. Waktu belajar ya belajar, waktu ngobrol ya ngobrol, itu tugas seorang leader dalam kelompok belajar antar teman. Jika tidak ada leader yang mampu menjaga tujuan awal yaitu belajar lebih baik kamu tidak ikut kelompok tersebut.

Di khawatirkan nanti kamu malah ikut terjun kedalam kelompok tersebut dan tidak kunjung belajar nantinya. Jadi, jika berniat belajar kelompok usahakan ada yang membimbing, misalnya kakak atau orang tua.

Sebenarnya tujuan belajar kelompok adalah membantu kamu dalam memahami suatu ilmu yang sulit dipahami, sehingga teman kamu bisa membantu. Tapi, jika kamu lebih fokus dan mampu belajar secara mandiri kenapa tidak ? Daripada buang buang waktu untuk hal yang tidak bermanfaat saat belajar kelompok lebih baik belajar sendiri.

Kesimpulan

Belajar yang efektif dan menyenangkan bisa dilakukan dengan memilih jam belajar yang tepat. Selain itu, jangan sampai memaksakan dalam belajar dan pilihlah kelompok belajar yang benar benar membantu kamu dalam memecahkan suatu permasalahan dalam memahami pelajaran. Anggap lah bahwa belajar adalah kegiatan menyenangkan, karena kamu bisa sambil melakukan hal hal menyenangkan seperti mendengarkan musik.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.