5 Tips Sukses Mengelola Keuangan UMKM Dengan Cerdas

Banyak yang berpikiran bahwa dengan bisnis / usaha yang maju, keuangan akan berjalan dengan sendirinya. Pemikiran seperti ini lah yang harus dihindari. Perlu diingat, bisnis tidak selamanya akan maju, ketika saat sedang melemah, justru keuangan yang harus dipertimbangkan.

Walaupun terlihat sangat mudah untuk dilakukan, para pengguna usaha UMKM lebih tertarik dalam membahas strategi bisnis yang akan dijalankan dan seringkali melupakan dalam mengelola keuangan. Berikut ini ada beberapa tips supaya sukses mengelola keuangan UMKM :

Tips Sukses Mengelola Keuangan UMKM

1. Rencanakan Anggaran Keuangan

Tanpa adanya perencanaan yang matang, Anda akan segera mengalami keadaan dimana Anda kekurangan dana. Anda tetap harus merencanakan penggunaan uang Anda dengan sebaik mungkin walaupun pada saat itu uang kas yang Anda miliki cukup maupun berlebih.

Jangan hambur-hamburkan modal Anda dengan sia-sia tanpa tujuan yang jelas. Sesuaikan rencana pengeluaran dengan target-target penjualan dan penerimaan kas. Prioritaskan pengeluaran Anda agar dapat dilihat bagian mana yang berguna dalam meningkatkan penjualan atau menurunkan biaya-biaya dalam menjalankan usaha.

Lakukan analisa cost and benefit untuk meyakinkan bahwa penggunaan uang Anda tidak keluar dengan sia-sia.

2. Putar Arus Kas

Usaha tidak melulu menghasilkan keuntungan, kadang perusahaan juga mengalami kerugian. Manajemen keuangan juga meliputi bagaimana Anda mengelola hutang piutang dan juga persediaan. Banyak usaha mengalami kesulitan kas meski catatan akuntansi yang mereka pegang menunjukan angka yang baik.

Perhatikanlah dalam menggunakan Kartu Kredit dalam membeli suatu hal seperti termin jatuh tempo pembayaran ataupun juga apabila Anda harus menyimpan banyak barang dagangan Anda. Anda harus mengusahakan termin penjualan kredit sama dengan pembelian kredit Anda.

Anda juga harus mampu menekan tingkat persediaan sedemikian rupa agar tetap dapat memenuhi order namun tanpa membebani keuangan.

3. Berikan Batasan Antara Keuangan Pribadi dan Keuangan Usaha

Kesalahan yang paling banyak dan sering dilakukan oleh para pelaku UMKM adalah mencampurkan uang pribadi dengan uang usaha. Dengan pemikiran bahwa usaha Anda masih kecil maka tidak ada masalah jika mencampur uang usaha dengan uang pribadi.

Namun pada kenyataannya, Anda akan kesulitan dalam mengatur pengeluaran pribadi dan usaha. Sehingga, keperluan pribadi sedikit demi sedikit akan memakai uang hasil dari usaha Anda. Jadi segera pisahkan rekening untuk pribadi dan usaha. Buka rekening khusus yang akan digunakan untuk bisnis. Dan yang paling penting, bersikap disiplin dalam menerapkan pemisahan ini.

Sekali lagi, kuncinya adalah disiplin diri dan komitmen dalam memisahkan uang pribadi dan uang usaha.

4. Memantau dan Mengevaluasi Secara Konsisten Pergerakan Keuangan Bisnis Anda

Anda harus mengetahui kemana saja aliran uang bisnis Anda mengalir secara detail dan efisien untuk keperluan Manajemen Keuangan. Meskipun mungkin ini adalah kegiatan yang sulit dilakukan secara konsisten dan persisten, Anda harus mengetahui setiap uang yang digunakan dan diterima dari transaksi bisnis Anda dan melacak semua pergerakan modal Anda secara teratur.

Evaluasi ini akan membantu Anda menentukan area mana yang berkinerja paling efisien dan di sektor mana Anda perlu mengendalikan dana Anda. Anda juga perlu mempelajari data ini untuk mengembangkan anggaran agar lebih realistis dan mempertahankan kemajuan bisnis Anda.

5. Investasi Terhadap Pengembangan Bisnis Melalui Course Atau Seminar Pelatihan

Tidak bisa dipungkiri di era saat ini banyak bisnis yang kesulitan bertahan. Oleh karena itu tidak ada salahnya Anda menginvestasikan berapa persen keuntungan UMKM Anda untuk diinvestasikan ke pelatihan maupun course.

Course atau pelatihan yang cocok bagi Anda pemilik bisnis yang ingin Belajar Mengelola UMKM ada di Skill Academy.

Keunggulan Pelatihan Sukses Mengelola UMKM di Skillacademy

1. Topik Pelatihan Lengkap

Beberapa topik yang menarik seputar pelatihan ini antara lain :

– Mengelola Pembukuan

– Tips Melakukan Pembukuan Berbasis Kas & Akrual

– Konsep Dasar Akuntansi

2. Pemateri Handal

Pemateri dari pelatihan Sukses Mengelola UMKM di Skillacademy adalah Bapak Bernad Hasiholan beliau merupakan Head Finance dari salah satu startup teknologi di Jakarta. Sehingga beliau sangat paham & expert dibidang keuangan maupun akuntansi.

3. Mendapatkan Sertifikat

Anda akan mendapatkan sertifikat pelatihan ketika Anda telah menyelesaikan semua topik bahasan & ujian exam.

Dengan adanya sertifikat, menjadi bukti bahwa orang tersebut pernah mengikuti kelas atau bahkan menguasai skill mengelola keuangan UMKM

Cara Mudah Daftar Kelas Sukses Mengelola Keuangan UMKM di Skill Academy

Untuk mengikuti kelas pelatihan β€œSukses Mengelola Keuangan UMKM” di Skill Academy, caranya cukup mudah.

1. Kalian harus daftar di website (dari desktop/PC maupun HP) atau aplikasi Skill Academy by Ruangguru (download dari Playstore atau Appstore)

2. Lalu isi data bisa melalui akun google maupun medsos kalian

3. Setelah terdaftar, langsung konfirmasi dari email, dan kamu siap memilih kelas pelatihan

4. Klik kelas Sukses Mengelola Keuangan UMKM, lalu checkout dan lakukan pembayaran sesuai dengan panduan. Maka Anda berhasil membeli kelas online tersebut.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.



Previous articlePengertian Red Hat : Produk, Kelebihan dan Kekurangan
Next articlePengertian Plugin : Fungsi, Macam Jenis dan Contoh