Home artikel Stun Gun : Macam Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Stun Gun : Macam Jenis, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Macam Jenis Stun Gun Terbaik dan Harga Jualnya

Stun gun adalah senjata kejut yang berfungsi dan ditujukan untuk membela diri dari tindak kejahatan. Stun gun pada saat ini sangat sering ditemui dan digunakan oleh warga dunia barat terutama di negara Amerika Serikat. Pasalalnya, negara yang memiliki kota kota besar cenderung dan rawan dengan banyaknya tingkat kriminalitas dijalanan, umumnya aksi kejahatan biasanya dilakukan dimalam hari dimana penjahat akan sengat leluasa dan memiliki kesempatan untuk melakukan perbuatannya dengan resiko yang minimalisir.

Daftar Isi Penjelasan Stun Gun :

Kejahatan dan Kriminalitas yang dimaksud antara lain percobaan Pencurian, Penjambretan, Perampokan, Pembunuhan, Penganiayaan, Pemerkosaan dan lain sebagainya. Tentunya banyak dari para korban tidak berani untuk membela diri dan hanya pasrah dengan apa yang dialami, mereka berpikirΒ  jika melawan balik dan sampai melukai pekau kejahatan malah korban sendiri yang bisa terkena hukuman kepolisian hingga akan dimasukan dipenjara. Seperti cerita kasus pembegalan yang dilakukan oleh dua orang tetapi korban berhasil menggagalkan kejahatan tersebut dengan terbunuhnya salah satu pelaku pembegalan, tetapi korban malah dijadikan tersangka kasus pembunuhan.

Bagi anda yang tidak bisa bela diri dalam menguasai teknik silat, karate, taekwondo dll sangat disarankan menggunakan senjata yang tidak terlalu berahaya untuk melakukan perlawanan jika sedang terancam tindak kriminalitas. Paling aman dan tidak begitu berbahaya adalah semprotan cabai, karena senjata jenis ini sangat kecil resiko untuk bisa terbunuhnya pelaku kejahatan yang mungkin malah membuat korban tersangkut kasus hukum karena hilangnya nyawa seseorang. Tetapi anda juga bisa menggunakan stungun yang tentunya akan lebih beresiko bisa menyebabkan kematian pada target yang ditujukan.

Efek Terkena Stun Gun :

1. Kaget

Kaget adalah reaksi paling ringan yang bisa dihasilkan dari stun gun. Seorang yang terkena listrik tegangan rendah tentunya hanya akan mengalami efek kaget sementara yang mungkin tidak menyebabkan luka jika hanya menggunakan stun gun tegangan rendah yang sudah di setting.

2. Luka Bakar dan Organ Dalam Tubuh

Sengatan listrik merupakan suatu reaksi fisiologis terlihat dengan adanya rasa nyeri serta spasme otot, disebabkan adanya suatu kontak dengan aliran listrik & penjalaran arus listrik menuju ke seluruh bagian tubuh. Tubuh manusia yang juga merupakan perantara (konduktor) yang cukup baik bagi aliran listrik. Kerusakan organ dalam hingga gangguan pada jantung bisa disebabkan dikarenakan efek dari sengatan listrik, umumnya luka bakar yang sering terjadi akibat dari terkena listrik.

3. Pingsan dan Tidak Sadarkan Diri

Pada satu Voltase dan durasi tertentu listrik yang dihasilkan dari tembakan stun gun bisa menyebabkan pingsan pada target mahluk hidup manusia ataupun hewan yang ditujukan. Hal ini mungkin juga bisa dijadikan sebagai senjata untuk melindungi diri anda dari serangan hewan buas, tetapi untuk penanganan hewan buas yang dilindungi utamanya hanya boleh menggunakan bius.

4. Kematian

Pada Tegangan dan Durasi tertentu manusia memiliki batasan untuk menerima jumlah tengangan listrik yang menyengat pada tubuhnya, jika aliran listrik yang diberikan melebihi batas yang mampu diterima oleh manusia sangat mungkin bisa mengakibatkan kematian. Terutama stungun akan sangat berbahaya dan mematikan jika terkena pada orang yang memiliki penyakit jantung, efek kejutan yang ditimbulkan bisa menyebabkan seorang tewas seketika.

Macam Jenis Stun Gun :

Stun gun terbagi menjadi dua jenis, yaitu stungun jarak dekat dan stun gun jarak panjang. Kedua jenis ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing. Harga dari keduannya juga berbeda-beda tergantung dari jenis dan kualitasnya.

Stun Gun Jarak Dekat

1. Stun Gun Normal – Kotak

Stun GunStun gun jenis ini yang paling umum digunakan oleh masyarakat, pasalnya bentuknya yang simple dan juga mudah digengam serta digunakan membuat stun gun ini laris terjual dipasaran. Sangat cocok digunakan untuk wanita dalam melindungi diri dari pelecehan seksual. Harga stun gun jenis ini bisanya yang paling murah dari jenis stun gun yang lainnya berkisar mulai dari Rp60.000, 80.000 hingga 120.000 mungkin harga mempengaruhi kualitas dan keawetan dari barang elektronik yang satu ini. Umumnya stun gun paling sederhana ini dilengkapi dengan lampu senter. Biasanya jenis stun gun stick juga dilengkapi dengan lampu senter. Biasanya banyak juga yang jual stun gun model pistol jarak dekat, hanya bentuknya yang seperti pistol, tidak menggunakan amunisi jarak jauh tetapi hanya digunakan untuk jarak dekat.

2. Knuckle Stun Gun

Knuckle Stun GunHargannya mulai dari 70rb hingga 130rb belum termasuk ongkir jika anda membeli di Online Shop. Stun gun ini terlihat keren dengan modelnya dimana merupakan jenis senjata umum yaitu melee weapons. Merupakan stun Gun jarak dekat dengan kemampuan attack speed yang paling cepat (tergantung kemampuan si pengguna) dibanding dengan stun gun lainnya. Kelemahanya pada jarak (Range) yang hanya menjangkau sejauh tangan memukul sehingga tidak cukup efektif untuk digunakan melawan senjata jarak panjang.

3. Stick Stun Gun

Stick Stun GunStick stun gun merupakan perpaduan antara stun gun jarak dekat dan jarak jauh, karena bisa dipanjangkan dan pendekan seperti antena, tetapi ada juga model stick stun gun statis yang hanya pada satu ukuran saja. Pada ukuran pendek berkisar 30cm dan pada ukuran panjang sekitar 55cm bisa dikatakan seukuran dengan Pisau dan Parang yang nanggung tetapi tidak sepanjang pedang katana. Jenis letak strumanya bervariasi tergantung modelnya, ada yang diujung dan ada di samping atau pada bagian batang stick stun gun. Harga Stun gun stick sekitar Rp.150.000 hingga 350rb.

Stun Gun Jarak Jauh

1. Stun Gun Pistol Cable

Stun Gun Pistol CableStun Gun Tembak yang dilengkapi dengan senter ini merupakan jenis stun gun yang paling bagus dan termahal di Indonesia. Menggunakan media kabel untuk ditembakkan ke arah lawan dan melumpuhkan tubuh target dengan menyalurkan tegangan listrik. Paling efektif untuk digunakan jarak cukup jauh tetapi kabelnya memiliki batasan tertentu, biasanya di pasaran memberikan kabel yang mampu menjangkau jarak 5m. Kekurangan dari stun gun yang satu ini, setelah tembakan dilakukan harus menunggu kabel masuk terlebih dulu kedalam Tembakan kemudian baru bisa ditembakan lagi. Harganya mulai 300rb -600rb, tentunya stun gun yang ini tidak cocok untuk melawan orang banyak dengan jarak dekat karena hanya malah merepotkan pengguna.

2. Stun Gun Shooter (Wireless)

Stun Gun Shooter (Wireless)Stun Gun Shooter mungkin belum tersedia di Indonesia, karena dipasaran belum ada kabar dari jenis stun gun yang satu ini. Hampir seperti air soft yang menggunakan amunisi, tetapi Stun gun Shooter menggunakan amunisi elektronika penyengat yang mampu melumpuhkan target hingga jatuh pingsan. Stun gun ini digunakan oleh kepolisian di Amerika Serikat untuk melumpuknan narapidana yang melawan petugas. Stun gun ini saat ini mungkin menjadi stun gun terbaik yang bisa digunakan untuk membela diri. Tetapi jika hadir di Indonesia mungkin akan membutuhkan izin dari pihak yang berwajib untuk memiliki senjata ini sebagaimana hukum kepemilikan air soft gun.

4.75/5 (4)

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.