Pengertian Otomotif

Kendaraan merupakan alat transportasi yang banyak digunakan di era modern ini, dimana dalam dunia teknologi kendaraan biasa disebut dengan otomotif. Dalam kendaraan ini terdapat serangkaian mesin yang berguna untuk menggerakkan kendaraan tersebut.

Secara umum definisi atau pengertian Otomotif adalah ilmu yang mempelajari tentang mesin kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Dimana di dalamnya terdapat bagian-bagian sistem yang saling memiliki hubungan untuk menggerakkan sebuah kendaraan.

Cabang Ilmu Otomotif

Di era modern ini dunia otomotif telah berkembang dengan sangat pesat, tak heran kini ia telah memiliki cabang ilmu yang cukup beragam. Umumnya cabang ilmu tersebut dapat dibedakan menjadi beberapa bagian seperti yang ada di bawah ini:

1. Perencanaan

Perencanaan adalah cabang ilmu otomotif yang mempelajari tentang rancangan sebuah kendaraan, dimana di dalamnya terdapat desain, proses, serta cara kerja dari kendaraan tersebut. Perencanaan ini adalah awal terciptanya teknologi kendaraan terbaru.

2. Pengembangan

Kemudian terdapat cabang ilmu pengembangan, disini semua perencanaan yang telah dibuat akan dikembangkan sesuai dengan prosedur yang ada. Mulai dari keamanan, kenyamanan, serta efektivitas kendaraan akan dibuat semaksimal mungkin agar menjadi sebuah kendaraan yang berkualitas.

3. Produksi

Tahapan produksi baru bisa dilakukan apabila proses pengembangan telah selesai, produksi ini dilakukan dengan cara menyiapkan bahan-bahan serta cara perakitannya. Selain itu uji kelayakan dan kekuatan sangat perlu dilakukan sebelum produk siap untuk digunakan.

4. Perawatan

Cabang ilmu otomotif yang terakhir ialah perawatan atau maintenance, ilmu ini mempelajari tentang perawatan kendaraan yang baik dan benar. Seperti perawatan mesin, penggantian suku cadang, ataupun proses perawatan lainnya.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.