Home Pendidikan Pengertian Ide Pokok : Fungsi, Ciri Ciri, Cara Menentukan dan Contoh

Pengertian Ide Pokok : Fungsi, Ciri Ciri, Cara Menentukan dan Contoh

Pengertian Ide Pokok Adalah Fungsi, Ciri Ciri, Cara Menentukan dan Contoh

Sebuah cerita dibangun dengan beberapa unsur cerita. Unsur cerita tersebut dibagi menjadi dua jenis yakni unsur intrinsik yaitu unsur yang membangun cerita atau karya sastra dari dalam dan juga unsur ekstrinsik yakni unsur yang membangun sebuah karya sastra atau cerita dari luar.

Cerita memiliki pengertian sebuah karangan yang menuturkan tentang pengalaman, perbuatan atau penderitaan orang, kejadian dan masih banyak lagi baik itu yang benar terjadi atau yang hanya merupakan rekaan. Sebuah karangan atau cerita tersusun dari beberapa paragraf. Sedangkan pengertian dari paragraf adalah bagian dari sebuah karangan yang biasanya mengandung satu ide pokok dan disertai juga dengan kalimat pengembang atau kalimat penjelas atau biasa disebut juga dengan alinea.

Ide pokok merupakan gagasan atau ide yang dijadikan pokok dari pengembangan sebuah paragraf dan ada dalam kalimat utama. Ide pokok yang juga disebut dengan gagasan pokok atau gagasan utama hanya ada satu di dalam sebuah paragraf. Sedangkan kalimat utama merupakan kalimat yang didalamnya terdapat ide pokok paragraf. Kalimat utama tersebut akan dijelaskan dengan beberapa kalimat lain pada paragraf tersebut yang dinamakan dengan kalimat penjelas. Sedangkan nama lain dari kalimat utama adalah kalimat topik yang berguna untuk menjelaskan sebuah kalimat utama.

A. Pengertian Ide Pokok

Ide pokok adalah topik yang dijadikan pokok pengembangan sebuah paragraf sehingga bentuk kalimatnya akan selalu umum. Setelah atau sebelum ide pokok dalam kalimat utama memiliki penjelas yang dinamakan dengan kalimat penjelas. Gunanya adalah untuk menentukan ide pokok sebuah paragraf.  Jika dilihat secara umum, maka letak ide pokok akan mengikuti kalimat utama yakni pada awal paragraf atau deduktif, pada akhir paragraf atau induktif dan juga campuran antar keduanya.

B. Fungsi Ide Pokok

Fungsi dari ide pokok adalah untuk memberi penjelasan dari inti sebuah bacaan atau paragraf supaya pembaca bisa lebih mudah memahami paragraf tersebut serta menjelaskan inti dari sebuah paragraf. Dengan mengidentifikasi ide pokok, maka ide utama dari sebuah paragraf bisa diketahui.

C. Ciri Ciri Ide Pokok

  1. Mempunyai kalimat pendukung atau kalimat pengembang atau penjelasan.
  2. Didukung baik berbentuk penjelasan atau alasan yang menguatkan.
  3. Inti dari suatu paragraf atau pusat pembahasan.
  4. Mengandung topik permasalah untuk dijabarkan lebih lanjut lagi.
  5. Umumnya berbentuk kalimat lengkap.
  6. Dibentuk memakai kata sambung atau transisi.

Dalam paragraf induktif, ide pokok akan ditandai dengan beberapa kunci seperti yang penting, kesimpulan, oleh karena itu, bersama ini, melalui dan lain sebagainya.

D. Cara Menentukan Ide Pokok

1. Menentukan Kalimat Utama

Cara pertama yang bisa digunakan untuk menentukan ide pokok adalah dengan mengetahui mana bagian kalimat utamanya yakni yang bersifat umum. Lepaskan kalimat penjelasnya dan lebih fokus dalam kalimat utama sehingga itu menjadi ide pokok paragraf yang sedang anda baca.

2. Fokus Membaca

Cara kedua yang bisa digunakan untuk menentukan ide pokok adalah dengan fokus membaca. Ini bisa dilakukan dengan langsung membaca satu tulisan penuh secara fokus dan tidak pecah. Atau untuk cara mudahya, anda bisa membaca satu paragraf denga teliti dan fokus yang penuh. Dengan begitu, maka ide atau inti dari sebuah tulisan yang sedang anda baca dan bersifat umum menjadi ide pokoknya.

3. Kesimpulan Paragraf

Anda bisa menulis beberapa hal penting seperti pada buku ilmiah yang sedang anda baca yakni satu paragrafnya yang penuh. Dalam paragraf penuh tersebut kemungkinan akan ada lebih dari satu ide pokok. Catat poin umum yang anda temui dan catatan tersebut akan merujuk pada ide pokok yang sedang anda cari.

E. Contoh Menentukan Ide Pokok

1. Contoh Ide Pokok Pada Paragraf Deduktif

Cara agar diri sendiri bisa merasa bahagia sebenarnya sangat banyak dan mudah dilakukan. Anda bisa mulai dengan hal sederhana seperti tersenyum. Sesudah itu, carilah udara segar yang bisa membantu otak untuk rileks. Ingatlah jika ada banyak orang yang memperdulikan anda dan yang paling penting adalah hargai diri anda sendiri dengan wajar.

  • Ide pokok: Cara bahagia.
  • Kalimat utama: Cara agar diri sendiri bisa merasa bahagia sebenarnya sangat banyak dan mudah dilakukan.
  • Kalimat penjelas: Anda bisa mulai dengan hal sederhana seperti tersenyum. Sesudah itu, carilah udara segar yang bisa membantu otak untuk rileks. Ingatlah jika ada banyak orang yang memperdulikan anda dan yang paling penting adalah hargai diri anda sendiri dengan wajar.

2. Contoh Ide Pokok Dalam Paragraf Induktif

Terlalu memikirkan masalah nantinya bisa membuat anda sedih. Selain itu, akan lebih baik jika fokus untuk menyelesaikan. Tidak perlu menggerutu terlalu berlebihan. Tetap bersemangat dan minta bantuan pada orang yang bisa dipercaya jika memang dibutuhkan. Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesedihan karena terlalu banyak masalah.

  • Ide pokok: Cara mengatasi kesedihan.
  • Kalimat utama:Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesedihan karena terlalu banyak masalah [induktif].
  • Kalimat penjelas: Terlalu lama memikirkan masalah nantinya bisa membuat anda sedih. Selain itu, akan lebih baik jika fokus untuk menyelesaikan. Tidak perli menggerutu terlalu berlebihan. Tetap semangat dan minta bantuan pada orang yang bisa dipercaya jika memang dibutuhkan.

3. Contoh Ide Pokok Dalam Paragraf Campuran

SMP Terbuka sangatlah membantu para siswa yang kurang mampu. Dengan SMP terbuka tersebut, siswa yang memiliki orang tua tidak mampu untuk menyekolahkan anaknya bisa tersenyum dengan lega. Anak yang punya minta untuk melanjutkan jenjang sekolah dari SD hingga SMP nantinya akan merasa terbantu dengan adanya SMP Terbuka tersebut. Banyak siswa kurang mampu namun sebenarnya punya prestasi akademik yang cukup baik dan ini harus diperjuangkan. Dengan begitu, SMP Terbuka mempunyai peran penting untuk membantu siswa kurang mampu.

Ide pokok dari paragraf ini adalah SMP Terbuka akan sangat membantu para siswa kurang mampu. Kalimat ini ditulis pada awal kalimat dan kemudian diulang atau diperjelas kembali pada akhir kalimat.

4. Contoh Ide Pokok Pada Awal Paragraf

Orang yang akan segera pensiun sebenarnya tidak perlu stres. Pensium memang berarti tidak bekerja namun akan tetap memperoleh gaji. Dengan tidak berdinas lagi, maka berarti tidak ada beban pikiran karena pekerjaan dan akan ada banyak waktu luang yang bisa digunakan untuk santai. Apabila waktu luang tersebut bisa dimaksimalkan dengan banyak kegiatan produktif dan positif, maka tentunya stres tidak akan terjadi.

Ide pokok dari paragraf ini adalah “tidak perlu stres menghadapi pensiun”. Ide pokok ada dalam kalimat utama yakni “orang yang akan segera pensiun sebenarnya tidak perlu stres”. Ini diperkuat kembali dengan kalimat penjelas pada akhir kalimat yakni “,ala tentunya stres tidak akan terjadi”.

5. Contoh Ide Pokok Pada Akhir Paragraf

Seorang muslim sudah seharusnya rajin berdoa dan beribadah. Setiap hari, lantunan kata yang indah harus dipanjatkan kehadirat-Nya. Dia yakni dengan cara berdoa, maka seluruh harapannya akan dikabulkan dan semua kesulitan akan dengan mudahnya bisa terselesaikan. Untuk itulah, doa untuk seorang muslim merupakan senjata yang paling ampuh.

Ide pokok dalam paragraf tersebut adalah “kedudukan doa bagi seorang muslim”. Ide pokok dalam kalimat utama adalah “untuk itulah, doa untuk seorang muslim merupakan senjata yang paling ampuh”.

6. Contoh Ide Pokok Pada Awal dan Akhir Paragraf

Hari ini, keluarga kami merasa sangat bahagia. Di hari ini adalah hari Johan akan diwisuda. Kakak sulung saya terlihat rapi duduk pada barisan pertama. Berbaris rapi bersama dengan beberapa mahasiswa yang lain dengan pakaian serba hitam dan juga topi persegi yang menurut saya terlihat aneh. Dari tadi saya perhatikan, kedua bibir ayah serta ibu saya tidak pernah terkatup untuk berhenti mengucapkan tahmid sambil sesekali tersenyum. Hari ini tampak sangat spesial bagi keluarga saya.

Ide pokok dari paragraf ini ada pada awal dan juga akhir paragraf. Ini terletak pada kalimat utama yakni “hari ini keluarga kami merasa sangat bahagia” dan juga “hari ini tampak sangat spesial bagi keluarga saya”.

F. Cara Membedakan Ide Pokok Serta Kalimat Pokok

Agar bisa membedakan ide pokok dengan kalimat utama, maka pertama tama harus diketahui lebih dulu tentang maksud atau pengertian dari ide pokok serta kalimat utama. Kalimat utama merupakan kalimat berisi ide pokok dan juga diperjelas dengan kalimat lain pada sebuah paragraf.

Selain itu, ide pokok adalah bagian dari sebuah kalimat utama yang dijadikan inti sebuah bacaan. Kalimat utama umumnya ada di awal atau deduktif, di akhir atau induktif atau pada awal dan akhir yakni deduktif induktif atau kalimat campuran. Sesudah itu, anda juga harus mengetahui beberapa contoh dari ide pokok serta kalimat utama seperti berikut ini:

Indonesia punya kekayaan alam yang amat berlimpah. Kekayaan alam ini terdiri dari kekayaan alam yang bersumber dari laut, darat dan juga di perut bumi. Kekayaan alam bersumber dari darat contohnya adalah hasil hutan. Sementara untuk kekayaan alam bersumber dari laut contohnya adalah mutiara, rumput laut dan juga ikan. Sedangkan kekayaan alam bersumber dari perut bumi contohnya adalah emas, batu bara, minyak, nikel, timah dan masih banyak lagi.

  • Kalimat utama: Indonesia punya kekayaan alam yang amat berlimpah.
  • Ide pokok: Kekayaan alam Indonesia amat melimpah.

Kalimat utama di dalam paragraf ini adalah kalimat pertama yakni Indonesia punya kekayaan alam yang amat berlimpah. Ini disebabkan karena kalimat tersebut masih menjadi sebuah pernyataan umum. Sementara untuk ide pokok paragraf adalah kekayaan alam Indonesia amat melimpah.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.