Pengertian Pembuluh Nadi Adalah Fungsi, Ciri, Struktur dan Jenis

Pembuluh nadi merupakan pembuluh darah yang berotot dan bertugas membawa darah dari jantung. Fungsi pembuluh nadi berbeda dengan pembuluh balik yang membawa darah ke jantung. Di dinding pembuluh darah sekitar nadi ini terdiri dari 3 lapisan berbentuk lapisan luar elastis, lapisan tengah berupa sel otot polos dan juga lapisan dalam terdiri dari satu lapis sel berdinding tipis.

Pembuluh nadi memiliki dinding yang tebal, kuat serta elastis yang berguna untuk memberikan tenaga pemompa jantung sehingga bisa menyalurkan darah ke semua bagian tubuh. Pemompaan jantung tersebut menyebabkan darah mengalir dan akhirnya memberikan tekanan di sepanjang dinding pembuluh darah yang dilalui serta membuat denyutan. Biasanya, pembuluh nadi atau biasa disebut dengan arteri terletak di bagian dalam tubuh.

Untuk pembuluh nadi yang paling besar disebut dengan aorta. Dalam pembuluh nadi berpangkal di bilik kiri jantung serta berfungsi untuk membawa darah mengandung oksigen ke semua tubuh. Pembuluh nadi memiliki katup yang berada di luar jantung. Aorta memiliki 2 cabang yakni 1 cabang menuju kepala dan cabang yang lainnya menuju ke tubuh bagian bawah.

A. Pengertian Pembuluh Nadi

Pembuluh nadi adalah salah satu pembuluh yang ada dalam tubuh manusia dan memiliki peran yang sangat penting yakni untuk membawa oksigen. Pembuluh nadi atau biasa disebut dengan arteri merupakan pembuluh darah yang memiliki otot dan bertugas membawa darah dari jantung. Fungsi dari pembuluh nadi ini bertolak belakang dengan fungsi pembuluh balik yakni membawa darah ke jantung.

Sistem sirkulasi sendiri sangat penting untuk mempertahankan hidup dan fungsi utamanya adalah untuk membawa oksigen serta nutrisi ke semua sel dan membawa zat buangan seperti karbon dioksida. Sementara di negara berkembang, ada 2 peristiwa kematian utama yang bisa disebabkan oleh infark miokardium dan juga stroke di sistem pembuluh nadi contohnya seperti arterosklerosis.

Pembuluh nadi atau disebut dengan arteri berada lebih dalam jika dibandingkan dengan arteri yang lain. Pembuluh nadi memiliki 3 lapisan dan salah satunya terdiri dari kumpulan otot yang ada di sepanjang saluran tersebut. Ini disebabkan karena pembuluh nadi memiliki tugas sangat penting dan berat yakni untuk mengalirkan darah pada tekanan yang tinggi dan kuat. Karena tugas tersebut, maka pembuluh nadi jauh lebih kuat dibandingkan dengan pembuluh yang lain.

B. Fungsi Pembuluh Nadi

  1. Berguna untuk mengalirkan darah dari jantung menuju seluruh tubuh.
  2. Berguna untuk mengantarkan oksigen serta nutrisi ke semua sel.
  3. Berguna untuk mengalirkan zat buangan seperti karbon dioksida.
  4. Berguna untuk menjaga keseimbangan mobilitas protein, kimia serta unsur sistem kekebalan tubuh dan juga sel.

C. Ciri Pembuluh Darah

  • Memiliki dinding yang terdiri dari 3 lapis yakni paling luar berbentuk sel otot elastis, lapisan tengah berbentuk sel otot polos dan juga lapisan dalam yang terbentuk dari satu lapis sel berdinding tipis.
  • Memiliki dinding yang elastis, tebal dan juga kuat.
  • Memiliki satu katup yakni awal pembuluh yang terletak dekat dengan jantung.
  • Apabila terluka maka akan mengalirkan darah.
  • Ada di bagian tubuh dalam.
  • Pembuluh nadi bisa dirasakan di beberapa bagian tubuh seperti pergelangan tangan dan juga pangkal leher.

D. Struktur dan Anatomi Pembuluh Darah

Sistem sirkulasi arteri bisa dibagi menjadi 2 cabang yakni arteri sistemik yang membawa darah mengandung oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Sedangkan arteri pulmonaris berguna untuk membawa darah tidak megandung oksigen ke paru paru dan juga jantung. Lapisan paling luar dari pembuluh nadi dinamakan dengan tunica eksterna atau tunica adventitia yang tersusun dari serat kolagen dan juga jaringan elastis.

Pada lapisan berikutnya terdapat tunika media yang tersusun dari otot polos, jaringan elastis dan juga serat kolagen. Lapisan paling dalam yakni tunika intima tersusun dari sel endotelial dan juga lapisan kolagen kaya akan elastin pada arteri elastis. Nantinya darah akan mengalir di dalam rongga yang disebut dengan lumen.

E. Jenis Pembuluh Nadi

1. Arteri Pumonalis

Arteri pumonalis atau biasa disebut dengan nadi paru paru merupakan pembuluh yang dilewati darah dari bilik ke paru paru. Pembuluh ini diisi dengan banyak karbon dioksida yang kemudian akan dilepaskan paru paru atau lebih tepatnya di dalam alveolus.

2. Arteri Sistemik

Ini adalah pembuluh nadi yang berguna untuk membawa darah ke arteriol kemudian akan dilanjutkan ke pembuluh darah kapiler tempat zar nutrisi dan oksigen akan ditukar.

3. Aorta

Aorta adalah pembuluh nadi berbentuk paling kecil yang berhubungan dengan pembuluh kapiler.

4. Arteriol

Arteriol merupakan pembuluh nadi terkecil yang berkaitan dengan pembuluh kapiler.

5. Pembuluh Kapiler

Pembuluh kapiler bukanlah pembuluh nadi sesungguhnya yakni tempat terjadinya pertukaran zat yang berguna untuk sistem sirkulasi. Pembuluh kapiler merupakan pembuluh yang menjadi penghubung cabang pembuluh darah dengan cabang pembuluh balik terkecil dengan sel tubuh. Pembuluh nadi dan juga pembuluh balik memiliki cabang dan ukuran cabang pembuluh tersebut akan semakin kecil ketika semakin jauh dari jantung.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.