Pengertian Tulang - Fungsi, Macam Jenis dan Contoh

Tulang adalah jaringan tubuh yang kaki dan terdiri dari sel yang tertanam pada sel keras yang berjumlah banyak. Dua komponen paling utama pada tulang adalah kalsium gosfat dan juga kolagen. Inilah yang membedakan tulang dengan jaringan keras lain seperti enamel, kitin dan juga cangkang. Berikut penjelasan tentang pengertian tulang lengkap dengan fungsi, jenis dan contohnya.

A. Pengertian Tulang

Tulang adalah jaringan ikat yang terdiri dari serat, sel serta matriks ekstraselular. Matriks tulang merupakan bagian yang paling keras yang ada pada lapisan luar tulang akibat pengendapan mineral dalam matriks yang membuat tulang mengalami klasifikasi.

Pada tubuh manusia memiliki tulang rawan atau cartilago yaitu jaringan ikat yang mampu meregang, membentuk penyokong kuat untuk jaringan lunak, memberikan kelenturan serta tahan pada tekanan. Contohnya tulang paha ayam yang pada kedua ujungnya merupakan tulang rawan. Sementara bagian di antara keduanya atau bagian terkeras dinamakan dengan tulang.

B. Fungsi Tulang

Tulang memiliki begitu banyak fungsi yang tidak dapat diganti bagian lainnya. Berikut beberapa fungsi dari tulang:

  1. Untuk membentuk postur tubuh: Membentuk kerangka sehingga bentuk tubuh bisa terlihat sekaligus mendukung kepala jaringan tubuh.
  2. Untuk perlindungan: Berguna untuk melindungi organ penting seperti paru paru, jantung serta otak.
  3. Untuk bergerak: Berguna untuk bekerja bersama dengan tendon, otot, seni serta ligamen sehingga tubuh bisa bergerak.
  4. Sebagai tempat penyimpanan lemak serta mineral: Lemak akan disimpan pada rongga tulang dan menyimpan mineral penting seperti fosfor, kalsium serta magnesium.
  5. Memproduksi sel darah: Sel darah akan dibuat pada bagian sumsum tulang merah.
  6. Mengatur regulasi endokrin.

C. Macam Jenis Tulang

1. Tulang Tengkorak Bagian Kepala

Tulang tengkorak adalah tulang yang menyusun bagian kerangka kepala. Tulang tengkorak terdiri dari 8 buah tulang yang menyusun kepala serta 14 tulang yang menyusun wajah. Tulang tengkorak bagian kepala adalah bingkai pelindung otak. Sendi yang ada di antara tulang tengkorak adalah sendi mati atau disebut dengan sutura.

  • Bagian parietal: Tulang dahi.
  • Bagian temporal: Tulang sampi kiri dan kanan kepala di dekat telinga.
  • Bagian occipitas: Daerah di belakang tengkorak.
  • Bagian spenoid: dekat dengan tulang rongga mata seperti tulang baji.
  • Bagian ethmoid: Tulang yang menyusun rongga hidung.

2. Tulang Tengkorak Bagian Wajah

Rahang bawah: Menempel di tulang tengkorak bagian temporal dan menjadi satu satunya penghubung tulang dengan gerak yang lebih bebas.

  • Rahang bawah: Menyusun sebagian dari langit langit dan hidung.
  • Pelatinum atau tulang langit langit: Menyusun sebagian rongga hidung serta bagian atas atap rongga mulut.
  • Zigomatik: Tulang pipi.
  • Tulang hidung.
  • Tulang lakrimal: Sekat tulang hidung.
  • Samping tengkorak.

3. Tulang Dada

Tulang dada termasuk ke dalam tulang pipih yang ada di bagian tengah dada. Sedangkan pada bagian kiri dan kanan tulang dada ada lokasi tempat melekatnya rusuk. Bersama denganrusuk, tulang dada nantinya akan melindungi jantung, paru paru serta pembuluh darah besar dari kerusakan. Tulang dada ini tersusun dari 3 jenis tulang, yakni:

  • Tulang hulu atau manubrium: Ada di bagian atas tulang dada tempat melekatnya tulang rusuk pertama serta kedua.
  • Tulang badan atau gladiolus: Ada di bagian tengah tempat melekatnya tulang rusuk ketiga hingga ketujuh yakni gabungan tulang rusuk ke delapan hingga kesepuluh.
  • Tulang taju pedang atau xiphoid process: Ada di bagian bawah tulang dada yang terbentuk dari tulang rawan.

4. Tulang Rusuk

Tulang rusuk memiliki bentuk yang pipih serta melengkung. Bersama dengan tulang dada, tulang rusuk akan membentuk rongga dada yang berguna untuk melindungi paru paru serta jantung. Tulang rusuk ini dibedakan menjadi 3 bagian yakni:

  • Tulang rusuk sejati sebanyak 7 pasang: Ada di bagian belakang berhubungan dengan ruas tulang belakang dan ujung bagian depan berhubungan dengan tulang dada serta perantaraan tulang rawan.
  • Tulang rusuk palsu sebanyak 3 pasang: Mempunyai ukuran lebih pendek dibandingkan tulang rusuk sejati. Di bagian belakang berhubungan dengan ruas tulang belakang  dan pada bagian depan disatukan tulang rawan yang melekatkan satu titik tulang dada.
  • Rusuk melayang sebanyak 2 pasang: Tulang rusuk ada di ujung belakang yang berhubungan dengan ruas tulang belakang dan ujung depannya bebas.

5. Ruas Tulang Belakang

Ruas tulang belakang dinamakan juga dengan tulang belakang yang terdiri dari 33 buah tulang yang berbentuk tidak beraturan. 33 buah tulang tersebut dibagi lagi menjadi 5 bagian, yakni:

  • 7 ruas pertama dinamakan tulang leher: Ruas pertama disebut tulang atlas dan ruas kedua poros atau tulang pemutar. Bentuk dari tulang atlas memungkinkan kepala melakukan gerakan.
  • 12 tulang selanjutnya membentuk tulang punggung: Ruas tulang punggung bagian kiri dan kanan adalah tempat tulang rusuk melekat.
  • 5 ruas selanjutnya adalah tulang pinggang: Ukurannya lebih besar jika dibandingkan dengan tulang punggung. Ruas tulang pinggang ini bertugas menahan sebagian besar berat tubuh dan ada banyak otot yang melekat.
  • 5 ruas tulang kelangkangan atau sacrum: Menyatu dan berbentuk segitiga di bawah ruas tulang pinggang.

6. Skeleton Apendikular

Tersusun dari tulang yang merupakan tambahan skeleton axial. Skeleton axial terdiri dari:

  • Anggota gerak atas.
  • Anggota gerak bawah.
  • Gelang bahu.
  • Gelang panggung.

D. Contoh Tulang

Berikut adalah beberapa contoh dari tulang:

  1. Tulang kompak: Tersusun dari serat kolagen bernama lamela ossea.
  2. Tulang spongiosa atau kaselosa: Bagian dari tulang kompak seperti rongga sumsum tulang dimana pada bayi akan menghasilkan sel darah merah dan pada orang dewasa akan berwarna kuning yang diisi dengan sel lemak.
  3. Tulang rawan: Tulang yang lentur dan tidak punya pembuluh darah serta saraf kecuali lapisan paling luar atau perikondrium.



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.