Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu

Rumah tidak hanya menjadi sebuah tempat untuk berteduh saja, tetapi juga menjadi sebuah gaya hidup di era milenial seperti zaman sekarang. Keindahan menjadi salah satu fokus utama untuk hunian yang nyaman.

Pemilihan lantai kayu atau parket bisa menjadi solusi untuk hunian agar terlihat lebih cantik. Namun, ada kelebihan dan kekurangan lantai kayu yang harus Anda ketahui.

Apa sajakah itu ?

Lantai kayu atau parket merupakan salah satu jenis pilihan menarik untuk hunian Anda, khususnya bagi yang menyukai nuansa alami. Selain lantai kayu parket, ada jenis lain seperti lantai kayu solid dan vinyl yang bisa Anda pilih.

Lantai kayu dianggap lebih praktis dan artistik, tetapi sebelum memutuskan menggunakan lantai kayu, perhatikan beberapa hal penting berikut ini :

Kelebihan Lantai Kayu

1. Aneka Variasi Lantai Kayu

Lantai kayu atau parket memiliki berbagai macam motif yang bisa Anda pilih sesuai dengan konsep hunian.

Variasi yang ada akan lebih artistik dengan sistem pemasangan yang berbeda seperti system susun bata, herring bone, zigzag, hingga anyaman kayu. Anda juga bisa memilih warna kayu natural, gelap maupun terang.

2. Lebih Murah daripada Kayu Solid

Lantai kayu khususnya parket terbuat dari 100% bahan kayu seperti jati. Namun, jika dibandingkan dengan lantai kayu solid, parket dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau sehingga banyak konsumen yang menggunakan parket untuk mempercantik hunian.

3. Mudah Dibersihkan

Bagi Anda yang sangat sibuk, tentunya sangat menyukai hal yang praktis bukan? Jika hunian Anda menggunakan lantai kayu, maka Anda tidak perlu khawatir saat ada kotoran atau noda. Anda cukup membersihkannya dengan sapu atau mengelap dengan kain setengah basah. jika menginginkan lantai lebih berkilau, gunakan cairan khusus pengkilap secara rutin.

4. Awet dan Tahan Lama

Selain mempercantik ruangan didalam rumah, lantai kayu juga memiliki keunggulan lain yakni mampu bertahan hingga 50 tahun. Hal ini tentunya menjadi pertimbangan tersendiri khususnya bagi kaum milenial yang suka mendekorasi ruangan. Lantai kayu memang diklaim lebih awet dan tahan lama untuk dipakai dalam kebutuhan sehari-hari.

5. Anti Alergi

Bagi Anda yang memiliki alergi atau takut jika si buah hati terkena alergi saat bermain di lantai, jangan takut lagi ya! Lantai kayu parket bisa menjadi solusi Anda karena bahan yang digunakan sangat aman dan ditambah dengan finishing mengkilap sehingga lantai kayu ini tidak akan menimbulkan alergi saat bersentuhan dengan kulit.

Kekurangan Lantai Kayu

1. Agak Licin Saat Basah

Penggunaan lantai kayu juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah agak licin ketika lantai basah. Maka, sebaiknya gunakan lantai kayu di area selain dapur atau dekat kamar mandi karena sudah pasti sering terkena air. Tentunya lantai yang licin juga akan membahayakan penghuni rumah khususnya anak-anak.

2. Berpotensi Rusak

Meskipun lantai kayu diklaim tahan lama dan awet, namun jika Anda tidak pintar dalam mengatur kelembaban ruangan sudah pasti akan mempercepat lapuknya lantai kayu. Bahan kayu memang sangat rentan lapuk jika kondisinya lembab, sehingga pastikan untuk menjaga kondisi lantai agar tetap kering.

3. Warna Memudar

Tidak seperti lantai keramik yang warnanya tidak mudah memudar, justru lantai kayu sangat rentan dengan perubahan warna. Memudarnya warna lantai disebabkan banyak factor mulai dari jangka waktu penggunaan hingga paparan sinar matahari secara terus-menerus. Agar warna lantai kayu Anda tetap cantik, gunakan lapisan dan cat ulang dalam kurun waktu tertentu.

4. Timbul Bunyi

Berbeda halnya dengan lantai keramik yang tidak menimbulkan suara, lantai kayu sudah pasti akan menimbulkan suara ketika di tapaki. Penggunaan lantai kayu memang kurang cocok bagi Anda yang kurang nyaman dengan suara yang ditimbulkan dari si lantai. Jika ingin mengurangi suara, Anda bisa memilih pemasangan parket yang ditempel mati.

5. Rentan Tergores

Lantai kayu parket memiliki kekurangan lain yakni rentan terhadap goresan. Untuk mencegahnya, pastikan lebih berhati-hati saat menggunakan benda-benda tajam seperti pisau atau ketika memindahkan barang. Anda juga perlu memindahkan hewan peliharaan untuk tidak bermain di area lantai kayu agar kukunya tidak menggores lantai.

Rumah yang cantik adalah idaman setiap orang karena selain memberikan kenyamanan juga menjadi tempat berkumpulnya anggota keluarga.

Tidak heran jika berbagai macam pernak-pernik rumah menjadi incaran konsumen. Harga pernak-pernik rumah juga sangat variatif sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda dan pasangan.

Penggunaan lantai kayu saat ini memang menjadi pilihan kaum milenial karena dianggap lebih praktis, futuristik dan ekonomis.

Konsep rumah minimalis yang diusung kaum milenial sangat cocok dengan penggunaan kayu sebagai lantai di dalam hunian. Pilihan harga dan motif yang beragam juga menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan dekorasi rumah yang satu ini.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.