Software Desain Rumah Terbaru

Perkembangan teknologi yang semakin maju sekarang ini membuat segala hal bisa dilakukan dengan mudah termasuk juga ketika ingin mendesain rumah. Ada cukup banyak software desain rumah untuk PC Desktop dan juga smartphone yang sekarang ini bisa digunakan bahkan beberapa diantaranya juga bisa anda pakai secara gratis.

Tentunya, kehadiran berbagai aplikasi ini sekaligus juga menghemat biaya anda karena tidak lagi perlu menyewa jasa desain interior atau eksterior sebab semuanya sudah bisa anda rancang sendiri dengan memanfaatkan software. Meski anda tidak punya basic skill desainer, namun beberapa aplikasi ini tetap bisa anda pakai dengan mudah karena sudah dilengkapi dengan tutorial. Jika masih bingung, berikut akan kami berikan rekomendasi software desain rumah terbaru yang bisa anda pakai tanpa ribet sekaligus paling lengkap.

1. NCH DreamPlan

NCH DreamPlan

Software desain rumah pertama yang bisa anda pakai adalah NCH DreamPlan. Software ini bisa anda pakai untuk membuat sketsa rumah, apartemen atau kondominium dengan sangat mudah. Nantinya anda bisa menentukan furniture, warna, tekstur serta dekorasi khusus ditambah dengan rencana ide landscape eksterior dan juga halaman rumah.

Software NCH DreamPlan ini bisa dijalankan di banyak platform yang punya antarmuka menarik lengkap dengan fitur desain interior yang juga bagus sebab sudah dilengkapi dengan banyak item seperti furniture dan bahkan untuk merancang ruang bawah tanah. Software NCH DreamPlan ini bisa digunakan untuk Windows 7, XP, Vista, Windows 8, Windows 8.1 dan juga Windows 10.

2. SketchUp Pro

SketchUp Pro

Untuk anda yang masih pemula dalam bidang desain interior dan ekterior, software desain rumah bernama SketchUp Pro ini sangat cocok untuk digunakan dan bahkan anda bisa memakai forum online di SketchUp Pro yang sudah berisi banyak tutorial hingga diskusi yang bisa membantu anda untuk menyelesaikan desain rumah impian anda.

Dengan menggunakan SketchUp Pro ini, anda bisa merancang desain rumah 3D secara detail sehingga juga cocok digunakan untuk membuat dokumen presentasi karena sudah didukung dengan banyak fitur dari mulai perancangan sampai ilustrasi vektor dan banyak animasi objek 3D.

Kelebihan dari SketchUp Pro ini diantaranya adalah memiliki interface yang simpel dan menarik sehingga bisa mudah digunakan untuk pemula, memiliki banyak open source serta plugin yang mendukung kinerja SketchUp Pro, ada banyak fitur import file ke ekstensi seperti jpg, 3ds, pdf, dwg dan sebagainya serta ringan sehingga bisa berjalan pada komputer berbasis standar.

3. Home Designer Professional

Home Designer Professional

Lanjut ke software desain rumah selanjutnya yang paling lengkap adalah Home Designer Professional. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa anda pakai untuk desain rumah dari mulai interior, eksterior, halaman bahkan hingga perkiraan budget yang dibutuhkan.

Software Home Designer Professional ini sudah dilengkai dengan begitu banyak objek arsitektur 3D yang bisa anda pakai dari mulai furniture sampai warna lantai dan juga dinding.

Software ini mencakup lebih dari 8.800 objek arsitektur dari berbagai gaya, finishing dan jugarincian desain lain dengan akurat. Sedangkan fitur CAD mencakup banyak tool untuk merencanakan dari mulai lantai sampai elevation views.

4. Sweet Home 3D

Sweet Home 3D

Software desain rumah bernama Sweet Home 3D ini adalah freeware dari SourceForge.net yang bisa anda pakai untuk mendesain rumah dari mulai tahap pembangunan hingga peletakkan furniture rumah tangga dan anda bisa mendesainnya dalam format 2D serta melihat hasilnya dalam bentuk 3D.

Anda juga bisa membuat blueprint dari mulai dapur, ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi hingga halaman belakang dengan menggunakan aplikasi ini. Hanya dengan menggunakan keyboard serta mouse, nantinya anda bisa menggambar tembok lurus, miring dan bahkan bulat dengan dimensi akurat dan bahkan bisa menambahkan pintu serta jendela memakai drag and drop.

Software ini dilengkapi juga dengan 3D furniture model sehingga rumah bisa dibuat dan didekorasi sesuai dengan furniture yang anda punya. Ada lebih dari 75 jenis furniture dari mulai tempat tidur, kursi, meja, komputer, TV sampai perlengkapan kamar mandi yang terirganisasi secara baik sesuai dengan kategori penempatan umumnya di dalam rumah.

Tidak hanya desain, namun dengan aplikasi ini, anda juga bisa mengatur cahaya lampu di dalam rumah, pantulan cahaya pada cermin hingga sinar matahari yang masuk ke dalam rumah sehingga menghasilkan desain yang nyaris menyerupai kondisi rumah sebenarnya.

5. ArchiCAD

ArchiCAD

Jika dibandingkan dengan software desain rumah lainnya, software ini memiliki banyak kelebihan yang bisa anda pakai. Selain karena mudah dipelajari dari segi tampilan dan fitur, anda juga bisa belajar dari pelatihan atau tutorial ArchiCAD. Software ini akan memudahkan anda untuk menggunakannya karena setiap lantai akan dipisahkan per layer dengan otomatis.

ArchiCAD juga sudah menyediakan fasilitas render dengan kaulitas yang sangat baik dan masing masing objek yang dibuat sudah dilengkapi dengan parameter berukuran detail dan ukurannya flesibel.

6. Punch Home & Lanscape Design Premium 19

Punch Home & Lanscape Design Premium 19

Punch Home & Lanscape Design Premium 19 adalah software desain rumah bagus karena sudah dilengkapi dengan banyak fitur untuk membuat desain rumah secara visual dengan visualisasi 2D atau 3D bahkan lengkap dengan perkiraan biaya yang dibutuhkan.

Software ini juga sudah didukung dengan sekitar 4.700 objek berupa firnutire, perlengkapan kamar mandi, lampu, jendela, pintu dan lain sebagainya. Untuk menggunakan software ini, anda bisa klik pada menu quickstart lalu gunakan langkah langkah berikutnya untuk merancang desain rumah yang anda inginkan.

Itulah tadi beberapa rekomendasi software desain rumah yang bisa anda pakai untuk membuat desain rumah impian tanpa harus menyewa jasa seorang desainer dan tidak butuh skill khusus sekaligus mudah digunakan untuk pemula. Semoga bisa bermanfaat dan membantu anda mewujudkan hunian impian anda.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.