Aplikasi Kaligrafi Digital Terbaik 2023

Jagad.idAplikasi Kaligrafi Digital. Apa yang pertama kalinya tebersit di pikiran Anda saat dengar kata kaligrafi? Yah, media gambar eksklusif dengan beragam alat cat khusus untuk kreasi kaligrafi? Tetapi pada kenyataannya, teknologi digital sudah memasuki beragam faktor kehidupan kita, satu diantaranya ialah seni menulis ayat-ayat Alquran ini (Kaligrafi).

6 Aplikasi Kaligrafi Digital Terbaik 2023

Awalnya, hanya beberapa orang dengan keterampilan khusus yang dapat membuat kaligrafi. Nah karena adanya teknologi, untuk anda yang kemungkinan belum akrab dengan pengetahuan kaligrafi atau bahkan juga tidak mempunyai talenta seni menggambar tulusan arab, anda benar-benar bisa belajar menggambar kaligrafi secara digital. Karena saat ini telah banyak aplikasi khusus yang bisa anda gunakan untuk belajar membuat kaligrafi tanpa memerlukan alat-alat cat khusus.

Berikut 6 Aplikasi Kaligrafi Digital 2023 yang bisa anda gunakan, antara lain :

1. Ana Muhtarif Al-Khat

Aplikasi Kaligrafi Digital 3

Ini adalah Aplikasi Kaligrafi Digital terbaik untuk membuat kaligarfi, karena produk dari Diwan Software Ltd ini menyediakan banyak font Arab yang mendukung anda dalam membuat kaligrafi. Maka anda dapat pilih sesuai keperluan dan kebutuhan anda saat memakai aplikasi ini. Terdapat beberapa pilihan seperti khat Diwan Thuluth, Diwan Farsi, Wassim, dan Diwan Nasakh al-Mishafi.

Baca Juga : Ini dia 5 Contoh Landing Page yang Menarik

Oleh karena itu, Anda tak perlu cemas kebingungan dalam memakai program aplikasi ini, karena banyak panduan langkah memakainya di Youtube . Maka sesudah anda menginstal, Anda langsung bisa coba mendesain kaligrafinya. Lalu, jika sudah selesai mendesainnya, hasilnya bisa anda jadikan sebagai format PDF dan siap dipakai untuk kebutuhan komersial, cetak atau menguploadnya di sosial media anda, bahkan bisa menjadi bahan portofolio anda. Aplikasi Kaligrafi Digital ini full gratis! Sehingga anda tinggal mendownloadnya di AppStore atau Playstore untuk menginstalnya.

2. Arabic Calligrapher

Arabic-Calligrapher_2

Nah berikut ini adalah Aplikasi Kaligrafi Digital yang tidak kalah bagusnya untuk mendesain kaligrafi. Ada beberapa font Arab yang tersedia yang bisa Anda gunakan dan karakternya masing-masing. Kemungkinan ada semakin banyak cara untuk memakai aplikasi ini dibanding dengan apk Ana Muhtarif Al Khat, tapi kreativitas Anda sebetulnya semakin lebih terasah. Hingga anda benar-benar pas untuk anda yang menyenangi banyak uji dan bereksperimen dalam seni.

Perlu diketahui, aplikasi ini hanya bisa dipakai di PC Windows, jadi tidak dapat dipakai melalui smartphone atau handphone mobile yang lain. Disamping itu, bila Anda ingin memakainya dalam periode panjang, Anda bisa mengupgradenya dengan membayar $150. Tapi tenang, Anda dapat mencobanya dengan gratis, karena ada masa trian untuk penginstalan pertama kali.

3. Calligraphy HD

Calligraphy HD-Aplikasi Kaligrafi Digital  Calligraphy HD1

Apabila Anda memakai Arabic Calligrapher, Anda bisa menelusuri beberapa hal dan mengeksplor kreativitas anda, jadi dengan memakai aplikasi ini, Anda akan bebas seutuhnya mengekspresikan kreativitas dan keterampilan Anda saat membuat kaligrafi. Karena tidak ada template font khusus yang siap gunakan, seperti di Arabic Calligrapher. Sehingga Anda bisa menghasilkan karya yang betul-betul unik dari kreativitas Anda.

Baca Juga : Tutorial Memakai Editor Video Windows 11

Terdapat beberapa pilihan kuas dan pulpen dalam beragam ukurannya yang dapat Anda tentukan untuk mendesain sketsa kaligrafinya. Hingga nanti hasil kaligrafinya dapat semakin artistik dengan gabungan ukuran pulpen dan kuas yang lain, serta gradasi warnanya. Anda juga dapat memiilih dari beragam background untuk medesain kaligrafi, seperti kertas perkamen. Program Aplikasi ini dapat anda download di Playstore dan App Store sehingga Anda bisa menginstal dan memakainya di Smartphone, tablet ataupu iPad.

4. Calligraphy Penmanship

Calligraphy Penmanship

Perlu diketahui latihan kaligrafi bisa membuat seorang jadi lebih tenang lho. Menggambar dengan pensil/pena dan membuat kreasi seni Anda menjadi sistem meditasi yang efisien, khususnya untuk mereka yang mempunyai hoby/minat pada seni. Tetapi sayangnya, kemampuan/keterbatsan skill yang terbatas sering jadi masalah untuk Anda, hingga Anda kerap merasa tidak senang dengan hasil kaligrafi Anda.

Tetapi tidak boleh cemas dan khawatir, Anda dapat menghasilkan kaligrafi yang baik dengan memakai Calligraphy Penmanship yang dapat Anda unduh dari Apple Apps. Fitur khusus dari aplikasi ini adalah penyesuaian tekanan saat menggambar dan kehalusan pena, anda berlatih garis demi garis, latihan stroke, tersedianya skema dan pola untuk panduan mendesain, mengganti dan mengubah, serta bisa membuat cuplikan tulisan Anda sendiri, yang terbagi dalam satu set warna untuk pena. Terdapat efek tambahan berbentuk warna gradasi yang dapat diubah-ubah sesuai keinginan anda.

5. Calligraphy Styles

Calligraphy Styles-Aplikasi Kaligrafi Digital

Perlu di ingat bahwa tidak semua orang dapat bangga dengan hasil tulisan tangan yang bagus dan enak dibaca. Banyak faktor yang memengaruhi hal itu, dari yang paling simpel sampai yang kompleks, seperti belajar menggenggam pulpen secara benar dari sekolah, atau bawaan semenjak kecil.

Perihal ini pula yang kerap jadi masalah saat anda ingin membuat kaligrafi, walau sebenarnya kemauan anda besar sekali namun tidak berusaha belajar membuatnya akan sama saja. Tetapi, jangan khawatir, saat ini benar-benar gampang untuk membuat karya kaligrafi yang bagus dan mudah dalam mendesainnya. Yaitu dengan aplikasi Calligraphy Styles walau keterampilan Anda terbatas.

Baca Juga : Aplikasi Lensa AI Avatar Gratis, Buat Selfie Avatar Ajaib

Program aplikasi ini banyak memiliki koleksi style font, ada pula background dan gradien yang lain, dan Anda dapat membuat tanda-tangan yang estetik. Semua benar-benar simpel, cukup instal aplikasinya, tentukan photo dari galeri Anda dan mulai membuat dekorasinya. Ada beragam style font, stiker, lambang text, background, dan gradien untuk Anda tentukan dalam mendesain kaligrafi.

6. Calligrapher

Calligrapher-Aplikasi Kaligrafi Digital

Seirama dengan itu, Calligrapher memberi kesempatan untuk beberapa inisiator untuk tuangkan kreasi sebanyaknya saat membuat kaligrafi. Tidak ada template huruf arab, tetapi banyak tersedia opsi pena dan pensil yang bisa dipakai untuk menggambar. Bila ingin atur ketebalan, warna dan tingkat transparan tulisan, tinggal memakai fitur yang ada. Walaupun aplikasi ini lebih ke desain tulisan grafiti, tetapi anda juga bisa membuat kaligrafi didalamnya.

Baca Juga : 5 Fitur Utama Google Search Console

Anda dapat mendapatkan alikasi ini di Playstore atau AppStore. Bedanya ialah Anda bisa meningkatkannya ke versi pro dengan membayar sekitar Rs. 26.000. Menarik, kan? Anda bisa memperoleh banyak pilihan teknologi untuk memdesain kaligrafi digital Anda seperti seorang ahli seni menggambat hanya dengan aplikasi kaligarfi digital diatas.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai Aplikasi Kaligrafi Digital semoga menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam memebuat desain kaligrafi digital. Walaaupun terbatas alat-alat cat, canvas dll tidak mengapa, dengan memanfaatkan teknologi digital kita sudah bisa berkarya membuat sebuah tulisan arab yang estetik. Semoga bermanfaat dan SemangArt. Sekian dan terima kasih.

error: This content is protected by DMCA