Kelebihan Dan Kekurangan kolam Terpal Yang Simpel

jagad.id – Sejujurnya, menjalankan peternakan ikan yang sangat menguntungkan melibatkan pemikiran yang baik dan kemampuan untuk membuat keputusan cerdas yang dapat membantu menghemat biaya Anda.Dimulai dengan pemilihan kolam ikan dan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan kolam terpal yang akan saya bahas di artikel ini.

Selama bertahun-tahun (ratusan tahun saya kira), berbagai jenis kolam ikan telah berevolusi dengan jenis yang lebih baru mengalami perbaikan dari pendahulunya.Kolam tanah dulunya merupakan masalah utama, tetapi memiliki keterbatasan yang perlu disingkirkan.

Kelebihan Dan Kekurangan kolam Terpal Yng Perlu Di Ketahui

Mudah terkena banjir karena hujan atau luapan sungai (bagi yang berlokasi di tepi sungai).Juga, karena kolam tanah sulit ditempatkan di lokasi tertutup, pemilik menderita kerugian dari pemburu dan pencuri.Kolam beton hadir dan menjadi sangat populer untuk digunakan dalam pemeliharaan ikan.Namun sekali lagi, kolam beton masih memiliki beberapa tantangan yang terkait dengannya.

Evolusi telah berlangsung seperti itu dan akhirnya kita berada di era kolam terpal, yang saat ini merupakan lebih dari 80 persen kolam di peternakan saya telah beralih dari kolam beton ke terpal sejak tahun 2016.Jika Anda berpikir untuk membeli atau menggunakan kolam ikan terpal seluler untuk ikan Anda, saya akan memberi Anda izin tetapi di sini ada beberapa saran untuk Anda beberapa 6 kesalahan yang harus Anda hindari

  1. Bersikeras pada “terpal yang diperkuat”

Ini adalah faktor terpenting yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan kolam ikan terpal seluler untuk peternakan Anda.Ada berbagai jenis terpal yang telah beredar di pasaran.

Ada yang biasa digunakan untuk membuat tenda (seperti gereja/persekutuan semi permanen dan pusat acara lainnya), ada yang digunakan untuk membuat kanopi (yang disewa orang untuk pernikahan adat) dan adabahkan jenis lain yang digunakan dalam pembuatan tempat parkir mobil.

Semuanya memiliki kualitas yang berbeda dan melayani tujuan yang berbeda, dan yang digunakan untuk kolam ikan adalah “terpal bertulang”. Kolam ikan yang dibuat dengan terpal jenis lain biasanya pecah dalam dua atau tiga bulan, atau bahkan lebih awal.Sederhananya, jika tidak diperkuat terpal, jangan beli!

Anda dapat online di Google dan mencari “kolam ikan terpal bertulang”, dan kemudian menemukan beberapa penjual. Namun, karena penjual yang putus asa masih mungkin mengayunkan produk mereka sebagai “terpal bertulang”,

  1. Hindari Membeli dari Pasar Online

Tempat pasar online mungkin bagus untuk produk lain seperti pakaian, elektronik, furnitur, dll., Tapi jelas tidak untuk kolam ikan terpal lipat karena kemudahan membeli di bawah standar (kualitas yang tidak diperkuat).

Sebagian besar keluhan tentang kolam terpal palsu yang saya terima dari anggota berbagai koperasi budidaya ikan yang saya bina adalah dari orang-orang yang membeli kolam ikan terpal dari pasar online .Biasanya mudah untuk membuat akun dan bergabung dengan pasar tersebut, sehingga mereka dapat dipadati oleh pembeli.

  1. Beli terpal kolam ikan dan atur sendiri (jauh lebih murah dengan cara ini).

Sekarang ini mungkin terdengar sedikit lebih menegangkan tetapi apa yang Anda hemat pada akhirnya sepadan. membeli kolam ikan terpal dari pedagang yang harus mengangkut sendiri, terpal dan pipa galvanis (atau kayu, bambu atau bahan lain yang dapat digunakan untuk ikan terpal kerangka kolam) sampai ke lokasi saya untuk mengatur semuanya. Tidak perlu biaya dan logistik yang tidak perlu seperti itu.

Dari pengalaman beberapa orang yang saya tahu bahwa awalnya mencoba menggurui penjual seperti itu di masa lalu, Anda dapat menghemat sekitar 500.000 hingga 1.000.000 per kolam jika Anda membeli terpal dan memasangnya sendiri.

Apa yang saya sarankan adalah Anda membeli terpal dan melibatkan tukang las pinggir jalan (atau tukang kayu) rata-rata di sekitar Anda untuk menyiapkannya untuk Anda.Sebagai panduan mudah bagi Anda dan tukang las Anda dalam memasang terpal.

  1. Beli lebih banyak dan coba bernegosiasi

untuk mendapatkan diskon jika Anda membeli dalam jumlah besar Saat membeli hingga lima atau lebih terpal kolam ikan, sebaiknya minta diskon. Dari pengalaman, mereka hampir selalu memberikan semacam diskon atau bonus pembelian sekala besar.

Jika Anda berniat untuk benar-benar memelihara ikan, Anda akan membutuhkan lebih dari satu kolam terpal, jadi mengapa tidak membelinya sekaligus dan menegosiasikan beberapa potongan. Bahkan jika itu adalah diskon 1 persen, itu adalah sesuatu.

  1. Lebih kecil bisa lebih baik

Jika misalnya Anda ingin memelihara sekitar 1000 lele hingga dewasa dan membutuhkan kolam ikan terpal untuk itu, Anda bisa memilih terpal yang mampu menampung 1000 ikan ukuran meja.Namun, selalu disarankan untuk memiliki dua atau bahkan tiga kolam saat memulai agar memiliki kesempatan untuk menyortir (atau memisahkan) ikan Anda berdasarkan ukurannya.

Kalau tidak, tunas-tunas (ikan yang cepat tumbuh lebih besar dari yang lain) akan mulai memakan yang lain.Jadi, daripada hanya membeli satu terpal besar berkapasitas 1000 untuk menampung semua ikan Anda dari benih/juvenil hingga ukuran meja (ukuran dewasa).

Anda sebaiknya membeli dua atau tiga terpal yang lebih kecil sehingga Anda dapat menyortir ke kolam terpal lainnya sebagai benih. Ingat, semakin banyak ruang yang dimiliki ikan untuk berenang, semakin baik hasil yang akan Anda dapatkan dalam hal ukuran dan berat ikan dalam jangka waktu tertentu.

  1. Beli dari pemasok terpercaya

Hal ini sudah saya coba bahas lebih detail di artikel saya yang lain berjudul “Kerugian Kolam Ikan Terpal Keliling”. Anda cukup Google untuk menemukan artikelnya.Masalahnya, baru-baru ini (sekitar akhir 2016), banyak orang membanjiri pasar dengan kolam terpal palsu, dan dengan itu muncul banyak keluhan tentang kolam terpal bergerak (maka dari itu kerugiannya).

Ada beberapa orang yang mengeluhkan bagaimana mereka membeli kolam terpal dari beberapa pedagang hanya untuk kolam terpal dalam waktu sekitar dua bulan.Saya mengenal kolam terpal keliling sejak tahun 2017 saat di terbitkan kolam jenis ini .

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan kolam terpal yang dapat anda pertimbangkan uantuk budidaya ikan jenis apapun. Tentunya menyangkut dengan modal yang saat ini anda miliki maka dari itu tetap selektif memilih media yang pas selamat mencoba.

 

error: This content is protected by DMCA