Home artikel Fungsi Tulang Telapak Tangan Manusia

Fungsi Tulang Telapak Tangan Manusia

Fungsi Tulang Pengumpil - Artikel Belajar Biologi

Fungsi Tulang Telapak Tangan Manusia – Tangan terdiri atas jari-jari, telapak tangan, dan pergelangan tangan. Telapak tangan adalah bagian tubuh dengan fungsi yang penting terutama untuk memegang maupun mencengkeram suatu benda. Telapak tangan terdiri dari rangkaian tulang telapak tangan yang terletak di pangkal jari-jari tangan.

Di dalam telapak tangan anda terdapat dua struktur anatomis yang utama yaitu sebagai berikut.

Bagian Keras (tulang)

Di bagian keras terdapat beberapa macam tulang yaitu tulang carpal metacarpal, dan phalangs. Carpal merupakan tulang-tulang berbentuk bulan dan pendek yang berjumlah delapan buah, beratikulasi atau bersambungan dengan ujung tulang distal dan radius. Metacarpal merupakan tulang di pergelangan tangan yang berjumlah lima. Tulang phalangs adalah tulang jari-jari yang terdapat sendi peluru.

Bagian Lunak

Di bagian lunak telapak tangan terdapat otot tangan yang bermacma-macam dengan fungsi yang berbeda-beda, syaraf-syaraf yang terdiri dari syaraf nervus medianus dan syaraf nervus ulnaris. Di telapak tangan juga terdapat arteri telapak tangan yang terdiri dari arteri ulnaris dan arteri radialis.

Tulang telapak tangan atau juga bisa disebut dengan tulang metakarpal terdiri dari lima ruas tulang yang berartikulasi atau menyambung dengan tulang karpal di daerah pergelangan tangan dan tulang jari tangan (phalangs). Artikulasi dengan tulang pergelangan tangan membentuk lima sendi yang disebut dengan carpometacarpal. Sendi-sendi ini mampu menggerakkan tulang hingga membentuk busur.

Sendi yang menghubungkan kedua jenis tulang ini memungkinkan pergerakan ke banyak arah misalnya tulang telapak tangan dengan tulang jempol sehingga mampu bergerak dengan gerakan ekstensi maupun fleksi. Tulang-tulang metakarpal ini tersusun pada bidang yang sejajar satu sama lain. Di antara susunan yang sejajar ini terdapat rongga yang nantinya diisi oleh otot-otot tangan.

Fungsi Tulang Telapak Tangan pada Manusia

1. Fungsi tulang telapak tangan yang utama adalah sebagai tempat melekatnya otot-otot tangan. Otot tangan terbagi menjadi dua jenis. Jenis yang pertama adalah otot intrinsik yang terdiri dari empat kelompok yaitu otot thenar, musculus adductor, otot hypothenar, dan otot tangan pendek atau musculi lumbricales. Sedangkan jenis otot yang kedua yaitu otot ekstrinsik.

2. Tulang telapak tangan juga berfungsi sebagai alat gerak. Otot yang menggerakkan tulang telapak tangan salah satunya adalah otot thenar. Otot thenar tersebut berfungsi untuk menciptakan oposisi pollex yang merupakan gerakan majemuk. Gerakan majemuk terdiri dari gerakan ekstensi, lalu abduksi, fleksi, endorotasi, dan aduksi.

3. Dengan adanya tulang telapak tangan yang tersusun sedemikian rupa, buku jari dan jari-jari tangan terbentuk sehingga memungkinkan anda untuk dapat memegang, mencubit, mencengkeram, mengepal, dan melakukan gerakan-gerakan lainnya yang dapat dilakukan oleh tangan khususnya bagian bawah. Tulang telapak tangan juga menghubungkan tulang jari tangan dengan pergelangan tangan.

4.78/5 (9)

Please rate this