Fungsi Tulang Pengumpil - Artikel Belajar Biologi

Fungsi Pergelangan Tangan – Kerangka tubuh manusia terdiri dari sendi dan tulang yang berbeda. Masing-masing memiliki fungsi dan bentuk yang berbeda pula. Ada tulang yang dapat digerakkan dan ada juga tulang yang tidak dapat digerakkan. Salah satu contoh tulang yang dapat digerakkan adalah pergelangan tangan. Sebagai tulang dengan kriteria tersebut, tentunya pergelangan tangan ini mempunyai beberapa fungsi.

Pergelangan tangan merupakan bagian dari tulang tangan yang termasuk rangka anggota gerak. Pergelangan tangan termasuk ke dalam jenis tulang pendek atau carpal yang berbentuk pendek dan bulat, sama seperti tulang pada ruas-ruas tulang belakang dan pergelangan kaki. Terdapat delapan tulang pendek yang menyusun pergelangan tangan dan terletak di antara ujung tulang radius dan tulang jari.

Tulang pergelangan tangan termasuk ke dalam jenis tulang keras yaitu tulang yang dibentuk oleh sel tulang dan memiliki saluran havers yang berisi pembuluh darah untuk mengatur perkembangan sel tulang. Selain itu, tulang pergelangan tangan mengandung senyawa berupa zat kapur yang terdiri dari kalsium karbonat dan kalsium fosfat. Kedua zat kapur ini diperoleh tulang dari aliran darah.

Apa Saja Fungsi Pergelangan Tangan ?

Pergelangan tangan mempunyai fungsi yang berbeda dengan bagian tulang gerak yang lain, namun hampir sama dengan pergelangan kaki. Berikut ini adalah fungsi-fungsinya,

1. Sebagai Alat Gerak Bagian Tangan

Di antara tulang-tulang yang menyusun pergelangan tangan terdapat sendi kaku yang memungkinkan pergerakan terjadi secara terbatas. Sedangkan sendi yang menghubungkan pergelangan tangan dengan telapak tangan adalah sendi pelana. Pergerakan yang dapat dilakukan pergelangan tangan adalah pergerakan marjinal seperti pergerakan menuju tulang jempol dan jari-jari tangan.

Pergerakan yang juga dapat dilakukan yaitu gerakan pada bidang tangan seperti fleksi palmar yaitu gerakan miring ke arah telapak tangan dan ekstensi yaitu gerakan miring ke bagian belakang tangan. Gerakan fleksi palmar lebih kuat daripada gerakan ekstensi.

2. Tempat Menempelnya Otot Tangan

Otot tangan merupakan bagian otot yang paling penting karena terhubung dengan otot utama tubuh. Otot tangan ekstrinsik yang dapat menggerakaan tangan bagian bawah termasuk pergelangan tangan terletak di lengan bawah atau sejajar dengan lingkar perut bagian bawah. Otot ekstrinsik menempel hingga ke pergelangan tangan.

Terdapat dua jenis otot pada pergelangan tangan yaitu otot ekstensor dan otot fleksor. Kedua otot ini memungkinkan berbagai gerakan terjadi dibantu dengn sendi kaku dan sendi pelana yang menghubungkan sekitar tulang pergelangan tangan.

3. Penghubung Tulang Jari dan Tulang Pangkal Lengan (Distal)

Pergelangan tangan terdiri dari tulang-tulang berbentuk bulat dan pendek. Susunan ini membentuk pergelangan tangan atau carppal yang menghubungkan tulang-tulang jari dengan tulang pangkal lengan atau distal. Hubungan tersebut dikenal sebagai sambungan atau artikulasi yang terdiri dari artikulasi radiocarpal dan artikulasi midcarpal.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.