Tips Belajar Renang Gaya Bebas Dengan Mudah dan Cepat

Olahraga Renang gaya bebas atau yang juga dinamakan sebagai free style merupakan renang yang pada dasarnya menggunakan teknik yang diambil dari seekor binatang. Itulah sebabnya mengapa renang gaya bebas dinamakan sebagai renang gaya crawl atau yang artinya merangkak. Nama lain dari jenis renang yang satu ini adalah ‘renang gaya anjing’ atau dog style dan juga renang harimau atau renang rimau. Berikut ini merupakan artikel pejelasan lengkap dengan mempelajari tutorial cara renang gaya bebas dengan mudah dan cepat.

1. Pengertian Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas merupakan renang yang mana posisi dada menghadap permukaan air. Posisi kedua tangan secara bergantian akan digerakkan secara jauh ke arah depan dengan cara melakukan gerakan mengayuh. Kemudian, secara bergantian posisi kedua kaki seolah-olah sedang dicambukkan secara naik turun ke arah atas dan ke bawah.

Jika dibandingkan dengan jenis renang yang lainnya, maka renang gaya bebas merupakan jenis renang yang membuat tubuh bisa melaju lebih cepat. Berdasarkan penjelasan yang dipaparkan oleh Victor G. Simanjuntak (2009:153), bahwasanya terdapat 5 hal yang penting untuk dilakukan sebelum seseorang memulai untuk melakukan renang gaya bebas. Kelima hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pengenalan pada air
  • Memahami cara membuang nafas di air
  • Memahami cara melakukan permainan di air
  • Memahami tentang teknik dasar mengapung
  • Memahami tentang teknik dasar meluncur

2. Sejarah Renang Gaya Bebas

Perlu anda tahu bahwa renang gaya bebas pertama kali dilombakan apda tahun 1844 yang . bertempat di London, Inggris. Adapun pelatih renang saat itu adalah John Arthur Trudgen yang sebelumnya sudah mempelajari renang gaya bebas melalui penduduk asli yang tinggal di Amerika Selatan pada sekitar tahun 1870 dan 1890.

Akan tetapi, ketika ia sudah sampai di Inggris, Trudgen melakukan renang gaya bebas dengan menggerakkan kaki ke bagian samping seperti menggunting dan bukan melalui gerakan kaki lurus naik turun seperti apa yang kita ketahui tentang gerakan kaki pada renang gaya bebas saat ini. Maka, gaya renang campuran ini kemudian diperkenalkan dengan nama gaya trudgen.

Selanjutnya, gaya renang trudgen mulai dikembangkan oleh seorang perenang yang berasal dari Australia yang bernama Richmond Dick Cavill yang mana ia merupakan seorang putra dari instruktur renang asal Inggris yaitu Prof. Fredirck Cavill yang sudah tinggal di Australia sejak tahun 1879. Pada saat Dick dan juga Tums sedang berusaha mengembangkan renang gaya trudgen, mereka kemudian melihat Alick Wichkam sedang berenang dimana gerakan kakinya melecit secara naik turun.

Wichkam sendiri merupakan seseorang yang berasal dari Kepulauan Solomon yang saat itu ia tinggal di Sydney. Ketika ia ditanya mengenai gaya renang yang sedang dipakaianya, maka kemudian Wichkam menjawab bahwa ia sedang melakukan gaya crawl.

Selanjutnya, pada tahun 1905, seseorang yang bernama Charles Daniels telah memutuskan untuk menguasai renang gaya krol yang sebelumnya ia pelajari dari Barney Kieran yang mana ia merupakan seorang perenang yang berasal dari Australia. Setelah dilakukan beberapa perubahan, maka gaya krol sudah menjadi gaya renang bebas seperti apa yang sudah kita kenal selama ini.

3. Teknik Renang Gaya Bebas

Ada beberapa hal yang harus dikuasai oleh seseorang yang ingin melakukan gaya renang gaya bebas. Dengan memahami serta menguasai teknik renang gaya bebas yang benar maka seseorang dapat berenang layaknya perenang profesional. Beberapa teknik tersebut antara lain:

a). Posisi Tubuh Pada Saat Berada di Kolam

Perlu anda tahu bahwa ketika tubuh berada di kolam, maka posisi tubuh orang yang melakukan gaya bebas harus rata-rata air atau streamline dimulai dari kepala sampai dengan kaki.

b). Latihan Meluncur

Teknik dasar meluncur yang harus dikuasai oleh perenang gaya bebas adalah sebagai berikut:

  • Tubuh harus berdiri di dinding kolam dimana salah satu kaki harus menempel pada dinding kolam.
  • Badan harus dibungkukkan ke depan dan harus sejajar dengan permukaan air serta posisi kedua tangan harus diluruskan.
  • Kaki yang tadi menempel di dinding kolam harus melakukan tolakan yang sekuat-kuatnya, namun tetap mempertahan posisi badan agar berdiri tegak dan lurus. Disarankan untuk memilih kaki terkuat pada saat melakukan tolakan karena berpengaruh terhadap seberapa jauh tolakan yang anda lakukan.
  • Posisi tangan dan juga kaki harus dipertahankan agar tetap lurus serta sejajar dengan permukaan air sampai berhenti. Diusahakan agar jangan sampai mengambil nafas pada saat dalam kondisi meluncur.
  • Gerakan tersebut harus dilakukan secara berulang-ulang sampai nanti sudah memiliki kecepatan dan sudah jauh ke depan.

c). Gerakan Kaki

Teknik dasar gerakan kaki adalah seperti di bawah ini:

  • Melakukan renang gaya bebas dengan berpegangan pada pinggir kolam. Badan, lengan, dan juga kedua kaki harus lurus dan juga sumber gerakan kaki harus berasal dari pangkal paha sampai lutut kaki tidak ditekuk. Namun hanya tertekuk pada saat bergerak. Latihan ini disebut dengan latihan gerakan tungkai sambil posisi berpegangan di pinggir kolam.
  • Kedua lengan dipegangi teman. Badan, lengan, dan juga kaki harus lurus, hingga sampai nanti ketika kaki digerakkan ke depan, maka yang memegangi kedua tangan harus bergerak mundur. Latihan ini dinamakan latihan gerakan tungkai secara berpasangan.

d). Gerakan Tangan

  • Berdiri di pinggir kolam setinggi pinggang maupun dada.
  • Badan harus dibungkukkan dan kemudian tangan harus lurus ke depan.
  • Tangan harus digerakkan ke bawah dan dengan disertai dengan dorongan ke arah belakang dan kemudian tarik kembali ke arah atas dengan posisi siku ditekukkan sampai tangan kanan posisinya kembali ke awal yakni lurus ke depan. Ketika tangan kanan digerakkan, posisi tangan kiri harus diluruskan, begitu sebaliknya.
  • Lakukan gerakan seperti itu secara berulang.

e). Gerakan Kaki

  • Posisi badan harus menghadap ke dinding kolam, dimana tangan harus berpegangan pada besi maupun ring yang sudah tersedia di kolam.
  • Badan harus diangkat ke atas sampai posisi tubuh sejajar dengan permukaan air.
  • Kaki harus digerakkan ke arah atas dan bawah secara bergantian dimana pusat gerakan berada di pangkal paha.
  • Lakukan latihan seperti ini secara perlahan dan terus-menerus. Jika anda sudah mulai lancar, maka bisa melakukannya sambil meluncur. Anda bisa memanfaatkan papan peluncur sebagai alat bantu.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian, sejarah dan teknik renang gaya bebas. Dengan mempelajari secara benar maka dalam praktik renang menggunakan gaya bebas juga akan jauh lebih mudah dan cepat untuk dikuasai.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.