Jagad.id – Cara Membuat Video Viral Di Media Sosial – Jika Anda seorang Marketing di media sosial, kemungkinan besar Anda pernah ditanya, “bagaimana kita menjadi viral?” setidaknya sekali. Sebagian besar marketing pasti menginginkan pertumbuhan dan perhatian audiens yang berasal dari pencapaian video viral media sosial. Faktanya, itu adalah impian banyak manajer media sosial.
Tetapi mereka juga tahu bahwa tidak ada satu formula untuk menarik kesuksesan viral. Dan perlu diingat: menjadi viral adalah bonus—bukan strategi, dan tentu saja bukan solusi andal untuk saluran lambat. Viralitas video berumur pendek, begitu pula manfaat yang didapat darinya.
Meskipun demikian, memahami beberapa elemen umum video viral dapat membuat konten Anda lebih mudah ditemukan dan menarik, sehingga meningkatkan peluang Anda untuk menjadi viral.
Dalam panduan ini, kami mengumpulkan tips ahli dari tim video sehingga Anda dapat mempelajari teori di balik ‘video viral’, cara membuat video viral di media sosial, dan apa yang harus dilakukan jika itu terjadi. Mari pelajari!
Apa yang membuat video viral di media sosial?
Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Apa yang kita maksud ketika kita mengatakan video viral media sosial?
Ini disebut “viral” ketika sebuah konten benar-benar lepas landas di media sosial dan menjangkau audiens yang besar dengan sangat cepat dengan menerima jumlah pembagian dan paparan yang tidak biasa. Baik itu tweet atau Instagram Reel, berbagai jenis konten dapat menjadi viral.
Cara Membuat Video Viral Di Media Sosial
Video dapat menjadi viral di berbagai platform berbeda. Tapi apa yang harus dilakukan untuk membuat video viral? Dan bagaimana Anda dapat memastikan sebanyak mungkin pemirsa melihat konten video Anda?
Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk produksi dan pengoptimalan video Anda sendiri.
1. Tentukan tujuan Anda
Mengetahui Anda ingin sesuatu menjadi viral tidak cukup untuk strategi pemasaran media sosial yang solid. Anda juga perlu tahu mengapa Anda ingin video Anda menjadi viral. Apakah Anda mencari kesadaran merek? Berharap untuk menumbuhkan pengikut online Anda? Atau apakah Anda ingin menghasilkan konversi?
Setiap tujuan akan mengharuskan tim Anda membuat video yang berbeda untuk anggota audiens di berbagai tahapan platform. Ketahui tujuan Anda sebelum memulai produksi.
2. Kenali audiens Anda
Jika Anda tidak tahu apa-apa tentang orang yang Anda targetkan, video Anda akan gagal setiap saat. Untuk membuat konten yang akan bekerja dengan baik dengan audiens target Anda dan seterusnya, Anda perlu tahu apa yang akan beresonansi dengan mereka dan membuat mereka ingin membagikan video Anda.
Salah satu cara membuat video viral di media sosial dalam memahami audiens target Anda adalah dengan membuat persona media sosial (social media personas) dan peta empati ( empathy map). Ini akan memberi Anda wawasan tentang apa yang akan menarik perhatian audiens Anda dan apa yang mereka cari secara online.
3. Mulailah dengan penjelasan singkat
Rencanakan semuanya secara menyeluruh dan buat ringkasan strategi kreatif dan papan cerita (storyboard). Ini akan menjelaskan tujuan Anda yang sebenarnya, pesan utama, nada, panjang, saluran distribusi, dan lainnya.
Ringkasan yang baik membantu menyelaraskan perpesanan dan tujuan keseluruhan video dari tim konten hingga tim produksi video. Dengan cara ini semua konten Anda akan kohesif dan memiliki visi keseluruhan yang sama, memperkuat merek Anda. Berikut adalah beberapa bagian yang mungkin termasuk ringkasan Anda:
- Judul kerja: Ini akan membantu memandu konsep keseluruhan.
- Deskripsi: Apa yang Anda inginkan dari video Anda? Apa tujuannya?
- Item utama yang harus disertakan: Apakah ada poin khusus yang perlu Anda tekankan dalam video Anda?
- Konten terkait: Konten terkait apa yang Anda miliki yang dapat Anda rujuk, atau sertakan?
- Konten yang bersaing: Dengan siapa Anda bersaing?
- Platform: Di platform apa ini akan dibagikan? Versi apa yang Anda butuhkan untuk berbagai platform?
- Format video: Apakah video ini akan difilmkan secara vertikal? Secara horizontal?
- Kata kunci: Sangat penting untuk platform seperti YouTube yang memiliki elemen pencarian berbasis SEO.
- Tagar/sebutan penting untuk disertakan: Penting untuk tren dan kemitraan.
Ajakan bertindak: Apakah Anda meminta audiens untuk melakukan sesuatu?
4. Mulailah dengan Maksimal
Setiap video viral yang bagus segera menarik perhatian. Cara membuat video viral di media sosial terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan kata “Anda” dalam lima detik pertama video Anda—penelitian menunjukkan jika video Anda menggunakan bahasa seperti “Anda” atau “milik Anda” dalam beberapa detik pertama, Anda mendapatkan tingkat retensi yang lebih tinggi .
Cara lain untuk memulai video Anda untuk hasil yang maksimal meliputi:
- Buat alur cerita atau jadilah tidak terduga
- Buat “pengait” di awal: ajukan pertanyaan, perkenalkan daftar, dll.
- Jadikan konten Anda #relatable
- Libatkan emosi pemirsa Anda
- Masukkan klip audio/musik yang menarik perhatian
- Lupakan tentang promosi
5. Ceritakan sebuah kisah
Konten adalah semua tentang bercerita. Karena video viral cenderung lebih pendek, Anda ingin menceritakan kisah yang menarik dalam waktu singkat, dengan memilih konteks universal untuk konsep kreatif Anda.
Mainkan kiasan yang diketahui audiens Anda sehingga Anda dapat langsung masuk tanpa banyak cerita. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat konten terkait yang akan dinikmati audiens Anda dan ingin dibagikan dengan teman dan keluarga. Ini juga merupakan titik awal yang bagus untuk meningkatkan harapan dan menarik perhatian.
Akhir Kata
Nah, demikian merupakan poin penting dari ulasan cara membuat video viral di media sosial yang bisa anda gunakan. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu meningkatkan erforma media sosial anda, serta memberikan pengetahuan baru dalam menggunakan media sosial. Terima kasih!