Review iPhone 13 Mini, Simak Selengkapnya!

Jagad.id – Review iPhone 13 Mini – IPhone 13 Mini mungkin merupakan entri terkecil dalam jajaran ponsel bermerek 2021, tetapi tidak kehilangan terlalu banyak fitur jika dibandingkan dengan iPhone 13 yang lebih besar.

Anda harus memuji Apple karena terus menghadirkan ponsel andalan yang jauh lebih mungil dari pesaing, meskipun model sebelumnya tidak cukup ‘hit’ diantisipasi.

Kali ini ada peningkatan besar pada kamera dan, yang paling penting, masa pakai baterai. Apakah mereka membuat telepon yang lebih baik?

Review iPhone 13 Mini

Berikut merupakan ulasan dari ponsel iPhone 13 Mini yang bisa anda ketahui.

Desain dan layar

IPhone 13 Mini terlihat seperti iPhone 13 biasa – hanya terasa lebih kecil. Ini untuk orang-orang yang menganggap kebanyakan ponsel baru terlalu besar, terlalu berat dan tidak mudah masuk ke dalam saku atau tas kecil.

Apakah ukuran iPhone 13 Mini menarik bagi Anda akan sangat bergantung pada preferensi pribadi. Saya merasa agak terlalu kecil untuk sebagian besar dari apa yang saya gunakan untuk ponsel saya – dan, jika Anda menyukai game seluler, menonton video atau sejenisnya, maka bentuk 13 Mini tidak mungkin cocok untuk Anda. Di sisi lain, jika Anda menginginkan ponsel yang dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam saku dan dipegang dengan satu tangan, maka iPhone 13 Mini adalah ponsel terbaik.

Teman saya menggunakan 12 Mini sejak dirilis dan dia mengatakan itu telah mengubah cara dia menggunakan ponsel secara umum. Ukuran yang lebih kecil membuatnya lebih mudah untuk keluar dari transportasi umum yang sibuk dan mendorongnya untuk mengambil lebih banyak gambar. Ini benar-benar ponsel yang perlu Anda coba untuk melihat apakah cocok.

Dalam hal ukuran sebenarnya, mirip dengan iPhone SE 2 dan iPhone 8. Tapi, tentu saja, layar yang lebih besar memungkinkan Anda untuk menjejalkan lebih banyak di layar. Jika Anda menggunakan iPhone 8 atau lebih lama, Anda akan merasa seperti di rumah sendiri.

Selain ukuran, desainnya mencerminkan iPhone 13 yang lebih kecil – Apple sangat bergeser dari tampilan melengkungnya dengan iPhone 12, jadi tidak mengherankan jika desainnya dibawa ke depan untuk tahun kedua. Ponsel ini memiliki sisi aluminium matte yang rata, sangat mirip dengan iPhone 5 atau iPhone SE asli, sedangkan bagian belakangnya adalah kaca.

Mengingat Apple telah menambahkan sentuhan pada MacBook Pro terbaru, saya benar-benar tidak dapat melihat penghapusannya dari ponsel dalam waktu dekat. Rasanya sekarang lebih seperti ciri desain produk ini, dan sementara mungkin ada iPhone 14 tanpa lekukan, saya pikir perangkat yang lebih murah akan bertahan selama beberapa tahun lagi.

Perubahan terakhir adalah rentang warna baru di mana iPhone 13 Mini tersedia. Cahaya bintang terasa seperti rona utama, menambahkan sedikit warna emas ke bodi perak. Ada juga model Product(RED) yang sangat dalam.

Bergabung dengan warna-warna itu adalah Midnight, biru yang sangat gelap yang terlihat hampir hitam (itulah yang akan Anda lihat dalam ulasan ini), ditambah biru muda dan pink muda. Ini bukan pilihan warna yang menonjol yang kita lihat baru-baru ini; Saya kecewa karena tidak ada opsi hijau atau ungu mint – keduanya sangat saya sukai di seri iPhone 12. Tetap saja, ini adalah pilihan warna yang layak dan senang melihat begitu banyak variasi yang ditawarkan.

Apple menyebut penutup kaca di bagian depan dan belakang perangkat ‘Ceramic Shield’, dan setelah menggunakan iPhone 12 selama satu tahun sekarang, tentu adil untuk mengatakan itu lebih kasar daripada yang terlihat. Anda mungkin akan menambahkan kasing dan pelindung layar di telepon, tetapi selalu baik untuk mengetahui bahwa itu cukup tahan lama – selama Anda berhati-hati. Dalam review iphone 13 mini ini, Hp ini juga dilengkapi dengan peringkat tahan air IP68.

Di mana iPhone 13 dan 13 Mini berbeda dari seri Pro adalah dengan tampilannya. Sementara semua model menggunakan teknologi OLED untuk warna hitam pekat dan kontras tinggi, duo yang lebih murah membuang teknologi kecepatan refresh adaptif ProMotion untuk panel 60Hz standar yang ada di setiap iPhone sebelumnya.

120Hz yang lebih cepat adalah sesuatu yang sulit untuk dialihkan setelah Anda menghabiskan waktu dengannya. Menggulir, menggesek, dan bermain game semuanya terasa sangat mulus; itu hanya membuat animasi dan gerakan jadi lebih cepat. Tetapi iPhone 13 Mini memiliki salah satu layar 60Hz yang lebih baik yang telah saya uji, jadi masih sangat memadai.

Selain refresh rate, sisa layarnya bagus. Pada 5,4 inci itu relatif mungil, jadi tidak terlalu ideal untuk bermain game atau streaming film. Tetapi jika Anda mencoba keduanya, hasilnya luar biasa, berkat tingkat kecerahan yang tinggi dalam streaming video HDR.

Kamera iPhone 13 Mini

IPhone 13 Mini mungkin memiliki kamera terbaik dengan ukuran ini yang pernah saya gunakan.

Sensor kamera utama di sini menawarkan peningkatan yang signifikan dalam hal ukuran, dengan piksel yang lebih besar dan lensa yang lebih cepat, keduanya memungkinkan lebih banyak cahaya untuk mengenai sensor. Ini dipasangkan dengan ultra-lebar 12 megapiksel, dengan bidang pandang 120 derajat.

Sensor utama juga mendapat manfaat dari stabilisasi sensor-shift yang sama yang pertama kali diperkenalkan pada iPhone 12 Pro Max tahun lalu. Sangat mengesankan bahwa teknologi dari telepon yang harganya lebih dari $ 1000 tersedia, hanya setahun kemudian, dalam model yang harganya hampir setengahnya.

Peningkatan terbesar terasa saat cahaya redup, baik di luar ruangan atau di bar dan restoran yang remang-remang. IPhone 13 Mini tidak memaksakan dirinya ke mode Malam cahaya rendah khusus, sebaliknya beralih ke sensor yang lebih besar dan keterampilan alaminya. Foto yang diambil pada malam hari mempertahankan banyak detail dari siang hari, dengan noise minimal dan eksposur yang sangat akurat.

Jika Anda ingin mengubah tampilan bidikan, Gaya Fotografi baru memberikan kontrol lebih dari yang pernah saya lihat di iPhone. Ada gaya berbeda untuk semangat dan kontras yang kaya, bersama dengan opsi untuk membuat bidikan lebih hangat atau lebih dingin.

Kontras yang kaya, misalnya, menarik lebih banyak sorotan dan bayangan, memberikan gambar tampilan yang tidak terlalu berbeda dengan yang diambil pada Pixel 6. Gaya ini bukan hanya filter, tetapi lebih dalam dari itu – dan, akibatnya, Anda tidak dapat menghapusnya setelah gambar diambil dengannya.

Bidikan ultra lebar juga bagus, dan saya masih menyukai keserbagunaan yang dibawa kamera ini. Namun, apa yang bisa dilakukan dengan pembaruan adalah kamera depan, yang tidak menerima banyak cinta selama beberapa tahun. Selfie baik-baik saja, tetapi detailnya sedikit kurang – dan warnanya tidak cukup mengemas pukulan gambar yang diambil dengan kamera belakang.

Apa yang hilang dari kamera adalah segala jenis zoom optik, dengan sensor ketiga yang disediakan untuk model Pro. Zoom digital tidak ada artinya dibandingkan dengan Pixel 6, dan saya jarang menggunakannya.

Video tetap menjadi poin yang kuat, dan jika Anda ingin mengambil telepon untuk merekam rekaman maka seri iPhone 13, sederhananya, adalah yang terbaik. Video distabilkan dengan baik, dengan warna alami dan banyak opsi untuk kecepatan bingkai dan resolusi. Mode sinematik menghadirkan mode Potret dari kamera diam, hanya dengan efektivitas yang lebih rendah. Anda dapat merekam mode Sinematik dalam HDR Dolby Vision hingga 1080p pada 30fps, jauh lebih rendah daripada maksimum 4K 60fps dalam mode video standar.

Performa

Apa yang membuat iPhone 13 Mini menjadi perangkat yang unik adalah tidak mengorbankan kinerja untuk mencapai ukurannya yang mungil.

Di jantung perangkat, Anda akan menemukan chipset A15 Bionic yang sama tidak hanya dengan iPhone 13, tetapi juga iPhone 13 Pro Max – dan ini menghasilkan kecepatan luar biasa dalam setiap tugas. Di dalam chip terdapat CPU enam inti, GPU empat inti, dan mesin saraf 16 inti untuk tugas AI. Penyimpanan dasar sekarang duduk di 128GB, dua kali lipat 64GB dari 12 Mini.

Hanya dengan mengklaim A15 Bionic menghasilkan skor benchmark yang baik dan berkinerja baik sehari-hari, itu meremehkannya dan sebagian besar silikon modern. Seperti Pixel 6 dan Tensor SoC (system-on-chip), aplikasi ini lebih menonjol di bidang pemrosesan kamera, pembelajaran mesin, dan AI.

A15 Bionic mendukung mode Sinematik dengan fokusnya yang tajam dan efek blur yang terus berubah, di samping fitur Teks Langsung yang sangat berguna, yang dapat menarik alamat dan nomor telepon dari perpustakaan foto Anda.

Itu juga membuat kehadirannya terasa dalam bermain game, dengan nyaman menangani semua judul besar pada pengaturan maksimum. Saya telah mengaduk-aduk sejumlah judul Apple Arcade selama periode peninjauan, dan meskipun layarnya bukan ukuran yang ideal untuk bermain game, semuanya bekerja dengan sangat baik.

Ada pilihan pita 5G yang lebih luas berkat modem 5G baru. Ponsel versi AS juga mendukung mmWave 5G – versi teknologi yang lebih cepat yang hanya berfungsi dengan baik saat Anda sangat dekat dengan tiang. mmWave belum tersedia di Inggris, atau banyak wilayah lain, jadi teknologinya hilang begitu saja dari model iPhone ini.

Daya tahan baterai

Jika ada satu kritik utama yang saya miliki dengan iPhone 12 Mini, itu adalah masa pakai baterai. Daya tahannya cukup lemah; Saya sering hampir tidak berhasil melewati hari kerja tanpa harus meraih pengisi daya.

Untungnya, itu tidak lagi terjadi di sini – meskipun iPhone 13 Mini masih menempati peringkat sebagai model iPhone 13 terburuk untuk masa pakai baterai.

Cara terbaik untuk menggambarkan masa pakai baterai di sini adalah bahwa baterai ini bertahan selama iPhone 12 berukuran biasa mulai tahun 2020. Saya sudah lama ingin menguji baterai ini dengan benar, dan selama sebulan saya menggunakan telepon setiap hari, di utama itu baru saja melihat saya sampai waktu tidur – meskipun itu memotong baik-baik saja, hampir 3-4% pada saat saya mencolokkannya. Itu beberapa jam tambahan penggunaan per hari di atas iPhone 12 Mini.

Ini adalah peningkatan yang disambut baik; namun, dengan semua model iPhone menerima peningkatan baterai yang signifikan tahun ini, Mini tetap menjadi satu-satunya yang tidak menggunakannya untuk hari kedua. Bagi kebanyakan orang ini akan baik-baik saja – tetapi jika Anda ingin berada dalam posisi di mana Anda tidak perlu khawatir tentang masa pakai baterai maka Anda mungkin lebih baik memilih iPhone 13 yang sedikit lebih besar, tetapi masih relatif kecil.

Dalam pengujian yang lebih terkontrol, iPhone 13 Mini hanya tertinggal dari saudaranya yang lebih besar. HDR Netflix selama satu jam dengan kecerahan 100% membuat iPhone 13 biasa turun 9%, sedangkan tes yang sama pada Mini menurunkannya 10%.

Kecepatan pengisian akan tergantung pada jenis pengisi daya yang Anda gunakan. IPhone 13 Mini mendukung pengisian kabel cepat hingga 20W, dan menggunakan salah satunya, Anda akan mendapatkan sekitar 50% dalam waktu setengah jam. Anda tidak mendapatkan pengisi daya di dalam kotak, dan saya sarankan mengambil colokan USB-C berkemampuan 20W karena menggunakan pengisi daya iPhone 5W yang lebih lama akan membutuhkan waktu lama untuk mencapai 100%.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang review iphone 13 mini yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda mengetahui penjelasan dari ponsel iPhone mini. Semoga membantu!

error: This content is protected by DMCA