Perjuangan Rakyat Bengkulu
Perjuangan Rakyat Bengkulu

Puisi pahlawan 2 bait pendek merupakan puisi singkat namun tetap sebagai salah satu karya sastra yang layak dihargai. Jika dilihat dari baitnya yang hanya 2 bait, tentu puisi ini mampu menggambarkan sebuah kisah. Namun tetap terdapat unsur estetika alias keindahannya seperti puisi lainnya yang lebih panjang. Berikut ini adalah kumpulan puisi pahlawan 2 bait singkat yang menggambarkan tentang pahlawan. Karya ini menggambarkan bagaimana sosok pahlawan itu dan apa saja yang telah dikorbankan oleh pahlawan.

Daftar Isi Puisi Pahlawan 2 Bait Pendek :

Masing-masing dari puisi pahlawan 2 bait pendek di bawah ini telah disusun dengan bahasa yang sederhana, padat, dan mudah dipahami. Sehingga orang awam pun masih bisa mencernanya apa yang telah disampaikan ke dalam puisi tersebut. Daripada penasaran, yuk simak beberapa puisi di bawah ini. 

Tentang Pahlawan

Dadamu penuh dengan wajah
Karna kau pedulikan mereka
Mendahulukan keselematan mereka
Hingga kau rela berkorban

Kau pahlawan sebenarnya
Yang selalu berkorban demi kita
Selalu berjuang
Tanpa alasan dan balasan 

Korban Pahlawan

Kau memiliki yang tak kumiliki
Kau gunakan untuk hidupmu
Kau gunakan untuk hidup kita
Waktumu untuk kami

Kehidupanmu tak kau pedulikan
Pikiranmu, tenagamu, perhatianmu untuk mereka
Setiamu, tawamu, pengorbananmu
Hanya untuk senyum mereka 

Tanah Darahku Darahmu

Aku tak ingin melihat bangsaku tersungkur
Kalah oleh waktu
Aku tak ingin melihat bangsaku tenggelam
Oleh kehancuran dari penjajah

Tekad setinggi langit
Untuk tanah air ini
Mereka berkorban
Percaya diri penjajah pun mulai menyusut 

Kobarkan Semangat

Selama matahari masih bersinar
Aku tak pernah berhenti
Walau itu hanya sebentar
Untuk melindungi dan mempertahankan

Meskipun aku akan bersatu dengan tanah airku
Bersama darah dan keringatku
Mari bersatu
Para penerusku 

Bulatkan Tekad

Tegarlah seperti batu karang
Keraskan segala usaha
Jangan hanya suara kita
Karena hasil tak menghianati usaha kita

Kita berjalan bersama asa
Untuk negeri ini setiap hari
Aku tak ingin lagi
Melihat pertiwi menangis 

Puisi Pahlawanku

Demi negeri
Kau korbankan jiwa
Demi bangsa
Kau taruhkan nyawa

Maut menghadangmu
Di medan perang
Kau pun beranggapan
Itu hanya hiburan

Kumpulan puisi pahlawan 2 bait pendek di atas adalah beberapa kumpula puisi yang bisa kita maknai dan baca sebagai bentuk penghargaan kita terhadap para pahlawan. Di bangku sekolah kita telah mempelajari sejarah bagaimana negeri kita dijajah dan para pahlawan mengorbankan nyawanya demi kemerdekaan yang kini kita nikmati hingga sekarang. Mereka telah dipaksa oleh para penjajah. Menguras keringat mereka setiap hari. Hanya peluru sebagai hiasan langit mereka. Karena negeri kita kaya akan sumber daya alamnya dengan tanahnya yang subur dan berbagai strategi telah dikerahkan untuk menumpas para penjajah.

Sejak pertama kali Indonesia dijajah, telah terpampang nama-nama pahlawan yang gagah memimpin perjuangan untuk mengusir para penjajah dari tanah kita, tanah kelahiran kita. Perjuangan mereka pun tak sia-sia, karena mereka berhasil mengusir para penjajah dari tanah ini. Hingga generasi-generasi seperti kita telah lahir di bumi pertiwi dan mempertahankan kemerdekaan dengan persatuan dan kesatuan di Indonesia. Dengan bersatunya negeri ini, maka kita mampu mengusir para penjajah. Meskipun mereka sangat kuat.

Dengan puisi pahlawan 2 bait pendek di atas, semoga kita dapat terinspirasi dan meneruskan cita-cita para pahlawan dalam mewujudkan Indonesia yang sejahterah. Kita juga bisa berterimakasih dan menghormati mereka yang mati-matian mengusir para penjajah sehingga kita bisa menikmati kemerdekaan sampai sekarang.