Home Pengetahuan Alam Pengertian Bunga : Arti, Bagian, Jenis, Fungsi Dan Manfaat

Pengertian Bunga : Arti, Bagian, Jenis, Fungsi Dan Manfaat

Pengertian Bunga Arti, Bagian, Jenis, Fungsi Dan Manfaat

Secara etimologis bunga berasal dari bahasa Latin yaitu flos yang merupakan hasil modifikasi (gabungan) yang terbentuk dari sebuah tunas (batang dan daun) dengan berbagai macam bentuk dan warna yang sesuai kebutuhan dari tanaman itu sendiri. Bunga juga merupakan organ pada suatu tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat terjadinya perkembangbiakan generatif melalui proses penyerbukan dan pembuahan.

A. Anatomi Bagian Bunga

1. Mahkota bunga

Daun mahkota (petals) tersusun dalam lingkaran di sekitar pusat bunga, dan unit kolektif kelopak ini disebut sebagai corolla atau mahkota. Mahkota Bungan (corolla) merupakan perhiasan bunga atau juga disebut perianthium, bagian dari bunga ini sangat menarik perhatian karena umumnya berwarna-warni dan nampak indah.

2. Tangkai putik

Tangkai putik atau stillus (style) memiliki fungsi untuk menyangga kepala putik agar tetap berada pada posisi yang telah ditentukan. Tangkai putik memiliki saluran tabung serbuk sari yang juga merupakan tempat lewatnya serbuk sari dari kepala sari yang selanjutnya akan diteruskan menuju ovarium sehingga terjadila proses pembuahan.

3. Kepala putik

Kepala putik atau yang juga dikenal dengan istilah stigma merupakan bagian bunga yang berfungsi sebagai tempat melekat dan masuknya serbuk sari yang berasal dari kepala sari yang kemudian ditransfer kebagian ovarium (inti telur) melalui tabung serbuk sari.

4. Tangkai sari

Tangkai sari (filament) merupakan bagian dari benang sari yang berfungsi untuk membuat posisi kepala sari berada cukup tinggi dari bunga.

5. Kepala sari

Kepala sari (anther) juga merupakan bagian dari benang sari yang berfungsi untuk meyimpan serbuk sari . serbuk sari adalah alat penyebaran sel jantan dan ketika serbuk sari tersebut menempel pada kepala putik maka akan terjadi proses pembuahan.

6. Bakal buah

Bakal buah atau ovarium (Ovary) memiliki fungsi sebagai tempat berlangsungnya proses pembuahan, dimana terjadi peleburan gamet jantan dan gamet betina sehingga terbentuklah bakal buah.

7. Bakal biji

Bakal biji (ovulum) memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya proses pembentukan biji untuk kemudian menghasilkan biji yang matang juga merupakan bagian yang berperan aktif dalam upaya pelestarian tanaman agar tetap memiliki generasi berikutnya.

8. Dasar bunga

Dasar bunga (Receptalce) merupakan bagian bawah bunga yang terletak di atas tangkai bunga. Bagian ini memiliki fungsi sebagai tempat meletakkan dan bertumpuhnya mahkota bunga dan bagian-bagian lain dari bunga.

9. Daun kelopak

Daun kelopak (Sepal) merupakan bagian terluar dari bunga yang menutupi mahkota bunga ketika masih kuncup. Unit kolektif daun kelopak disebut sebagai Kelopak Bunga (Calyx). Kelopak bunga ini memiliki bentuk menyerupai daun dan berwarna hijau. Bagian ini juga merupakan bagian penting dari tanaman atau bunga secara khusus karena melindungi bunga pada fase kuncup dan akan terbuka seiring dengan perkembangan bunga atau pada saat bunga kuncup tersebut mulai tumbuh dan mekar.

10. Tangkai bunga

Tangkai bunga (Pedicle) merupakan bagian bunga yang berada di bagian bawah bunga, Nama latin dari bagian ini yaitu Pedicellus. Fungsi dari tangkai bunga berbeda dengan induk tangkai. Bagian tangkai bunga ini berada dibawah bunga dan merupakan bagian paling akhir dari bagian-bagian lainnya pada bunga. Tangkai bunga juga berfungsi sebagai penopang dan penghubung antara bunga dan ranting. Karena bagian ini berada dibawah sehingga sering kali digunakan sebagai tempat untuk memetik bunga.

B. Macam Jenis Bunga

Bunga dapat dibedakan mengadi duan bagian berdasarkan kelengkapannya, yaitu:

Nama Bagian Bagian Bunga - Anatomi Lengkap

1. Bunga lengkap

Bunga lengkap adalah bunga yang memiliki bagian kelopak, benang sari, mahkota bunga dan putik dan memiliki dua alat kelamin yang disebut dengan kelamin ganda. Contoh bunga lengkap yaitu buang mawar, melati, bunga sepatu dan lain-lain.

2. Bunga tidak lengkap

Bunga yang termasuk tidak lengkap adalah bunga yang tidak memiliki satu atau beberapa bagian seperti perhiasan bunga atau alat kelamin. Perhiasan bunga  yang tidak lengkap seperti bunga yang tidak memiliki kelopak dan mahkota bunga seperti bunga kelapa dan bunga rambutan, sedangkan bunga yang tidak memiliki alat kelamin yang lengkap adalah bunga yang tidak memiliki alat kelamin atau hanya memiliki satu alat kelamin atau yang disebut dengan bunga yang berkelamin tunggal contohnya bunga salak dan bunga mentimun.

C. Fungsi Bunga

  1. Sebagai organ seksual karena berfungsi sebagai tempat sel gamet jantan dan betina.
  2. Sebagai organ yang digunakan untuk bertahan pada kondisi yang kurang menguntungkan, seperti pada tumbuhan yang biasa tinggal di lokasi kering, ia akan membentuk bunga saat kekurangan air.
  3. Untuk menarik perhatian serangga agar mau hinggap dan membantu proses penyerbukan pada bunga.
  4. Untuk meneruskan proses perkembangbiakan, karena terdapat juga bunga yang berproses menjadi satu biji yang kemudian bisa ditanam kembali.

D. Manfaat Bunga Bagi Manusia

  1. Sebagai ungkapan simbol kasih sayang.
  2. Penyejuk udara.
  3. Penenang atau menghilagkan stress.
  4. Menambah nilai estetika lingkungan.
  5. Mencegah rasa ngantuk.
  6. Sebagai aroma terapi.
  7. Membantu dalam hal pengobatan.
  8. Sebagai dekorasi.



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.