Waspada Darurat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

jagad.id– Pembangkit listrik tenaga nuklir menggunakan panas yang dihasilkan dari fisi nuklir di lingkungan yang terkandung untuk mengubah air menjadi uap, yang menggerakkan generator untuk menghasilkan listrik. Meskipun pembangunan dan pengoperasian fasilitas ini dipantau dan diatur secara ketat oleh Komisi Pengaturan Nuklir (NRC), kecelakaan masih mungkin terjadi. Kecelakaan dapat mengakibatkan tingkat radiasi berbahaya yang dapat mempengaruhi kesehatan dan keselamatan masyarakat yang tinggal di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir.

Pembangkit listrik tenaga nuklir beroperasi di sebagian besar negara bagian di negara itu dan menghasilkan sekitar 20 persen tenaga negara. Hampir 3 juta orang Amerika tinggal dalam jarak 10 mil dari pemasok listrik yang beroperasi.

Jika Terjadi  Darurat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Pembangkit listrik tenaga nuklir komersial telah lama menjadi salah satu, jika bukan aspek yang paling diatur dari Infrastruktur . Dengan 98 reaktor dalam 60 pembangkit listrik tenaga nuklir yang beroperasi di 30 negara bagian, tenaga nuklir secara konsisten menghasilkan sekitar 20% listrik negara bagian.

Di dalam inti reaktor, pelet bahan bakar uranium yang terkandung dalam batang menghasilkan sejumlah besar panas melalui proses yang disebut fisi. Panas ini diubah menjadi uap yang menggerakkan turbin untuk menghasilkan listrik untuk konsumen pengguna listrik.

Pembangunan dan pengoperasian fasilitas ini diawasi dan diatur secara ketat untuk mencegah insiden. Jika sistem primer dan sekunder gagal, keadaan darurat mungkin terjadi, termasuk pelepasan radioaktif yang dapat memengaruhi kesehatan dan keselamatan masyarakat. Akibatnya, pejabat federal, negara bagian dan lokal, selain utilitas ini diharuskan memiliki rencana darurat yang komprehensif untuk melindungi dan menanggapi insiden di fasilitas ini.

Melalui pengawasan yang diberikan oleh Komisi Regulasi Nuklir AS (NRC) dan Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA), rencana ini ditinjau, dibor, dan dievaluasi secara teratur untuk memastikannya memenuhi standar regulasi. Merupakan tanggung jawab Divisi Keamanan Dalam Negeri dan Manajemen Darurat untuk mempertahankan rencana darurat di luar lokasi pembangkit listrik tenaga nuklir , termasuk tinjauan dan pembaruan tahunan.

Untuk memfasilitasi strategi yang direncanakan sebelumnya untuk mengeluarkan tindakan pencegahan dan perlindungan selama keadaan darurat, ada dua Zona Perencanaan Darurat (EPZ) di sekitar pemasok listrik komersial. Yang pertama, Plume Exposure Pathway EPZ adalah area geografis yang membentang 10 mil di luar pemasok listrik di mana orang-orang dapat dirugikan oleh paparan radiasi langsung. Yang kedua, EPZ Ingestion Exposure Pathway adalah area geografis yang membentang 50 mil di luar pemasok listrik, di mana bahan radioaktif dapat mencemari air, makanan, dan ternak.

Sebagai cara untuk mengelompokkan keadaan darurat di fasilitas ini dan mengoordinasikan respons yang sesuai berdasarkan efek dan konsekuensi aktual, insiden di pemasok listrik dipecah menjadi Tingkat Klasifikasi Darurat (ECL). Dari yang paling ringan hingga paling parah, yaitu: Kejadian Tidak Biasa, Peringatan, Darurat Area Lokasi, dan Darurat Umum.

Sebelum Darurat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri, keluarga, dan harta benda Anda dari dampak darurat pemasok listrik:

Buat Rencana Darurat Keluarga

Dapatkan materi informasi darurat publik dari perusahaan listrik yang mengoperasikan pemasok listrik setempat atau kantor layanan darurat setempat. Jika Anda tinggal dalam jarak 10 mil dari pembangkit listrik, Anda harus menerima materi setiap tahun dari perusahaan listrik atau pemerintah negara bagian atau lokal Anda.

Selama Darurat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Jika kecelakaan di pemasok listrik  melepaskan radiasi di daerah Anda, otoritas lokal akan mengaktifkan sirene peringatan atau metode peringatan lain yang disetujui. Mereka juga akan menginstruksikan Anda melalui Emergency Alert System (EAS) di stasiun televisi dan radio lokal tentang cara melindungi diri sendiri.

Ikuti instruksi EAS dengan hati-hati.

Minimalkan paparan Anda dengan meningkatkan jarak antara Anda dan sumber radiasi. Ini bisa berupa evakuasi atau tetap berada di dalam ruangan untuk meminimalkan paparan.
Jika Anda disuruh mengungsi, tutup jendela dan ventilasi mobil; menggunakan sirkulasi ulang udara.
Jika Anda disarankan untuk tetap berada di dalam ruangan, matikan AC, kipas ventilasi, tungku, dan saluran masuk udara lainnya.

Lindungi diri Anda dengan menempatkan material yang berat dan padat di antara Anda dan sumber radiasi. Pergi ke ruang bawah tanah atau area bawah tanah lainnya, jika memungkinkan.
Tetap keluar dari zona insiden. Sebagian besar radiasi kehilangan kekuatannya dengan cukup cepat.
Setelah Darurat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
Berikut adalah pedoman untuk periode setelah darurat pembangkit listrik tenaga nuklir:

Pantau terus stasiun radio atau televisi lokal untuk informasi darurat terbaru.

Tempat penampungan umum dikelola dan dioperasikan secara lokal sebagai respons terhadap peristiwa. Jika Anda telah diberitahu untuk mengungsi atau Anda merasa tidak aman untuk tetap tinggal di rumah Anda, pergilah ke tempat penampungan umum yang ditunjuk. Untuk menemukan shelter terbuka terdekat di area Anda.

Bertindak cepat jika Anda telah melakukan kontak dengan atau telah terpapar radiasi berbahaya.
Ikuti instruksi dekontaminasi dari otoritas setempat.
Ganti pakaian dan sepatu Anda masukkan pakaian terbuka ke dalam kantong plastik tutup dan letakkan di luar jalan.

Cari perawatan medis

untuk gejala yang tidak biasa, seperti mual, sesegera mungkin.
Membantu tetangga yang mungkin memerlukan bantuan khusus – bayi, orang lanjut usia, dan orang dengan akses dan kebutuhan fungsional mungkin memerlukan bantuan tambahan.Kembali ke rumah hanya ketika pihak berwenang mengatakan itu aman.Simpan makanan dalam wadah tertutup atau di lemari es.

Kejadian Tidak Biasa Peristiwa sedang dalam proses atau telah terjadi yang mengindikasikan potensi penurunan tingkat keselamatan instalasi atau mengindikasikan ancaman keamanan terhadap perlindungan fasilitas telah dimulai. Tidak ada pelepasan bahan radioaktif yang memerlukan respons atau pemantauan di luar lokasi yang diharapkan kecuali terjadi degradasi lebih lanjut dari sistem keselamatan.

Waspada Peristiwa bahaya pembangkit listrik tenaga nuklir sedang dalam proses atau telah terjadi yang melibatkan degradasi substansial aktual atau potensial dalam tingkat keselamatan instalasi atau peristiwa keamanan yang mungkin melibatkan risiko yang mengancam nyawa personel lokasi atau kerusakan peralatan lokasi.

 

error: This content is protected by DMCA