Jenis-Jenis Sapi Di Indonsia Yang Perlud Di Ketahui

jagad.id-Pernahkah Anda bertanya-tanya ada berapa jenis-jenis sapi dan banteng? Ada lebih dari 250 ras sapi yang diakui, dan ada lebih dari 70 ras sapi Amerika saja. Meskipun demikian, hanya rata-rata orang yang benar-benar tahu lebih banyak tentang ternak. Artikel ini membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang jenis  sapi.

Ada berbagai kelas dan kegunaan ternak, dan masing-masing dibagi menjadi tiga kelompok besar. Kelompok pertama adalah sapi perah, yang dapat berupa sapi perah. Yang kedua adalah sapi potong, dibesarkan untuk diubah menjadi produk daging (seperti Texas Longhorns.) Terakhir, sapi penarik datang terakhir, yang memiliki fungsi serupa dengan kelas kuda penarik. Meskipun dapat dikatakan bahwa satu sapi atau banteng dapat masuk ke dalam dua kategori, atau bahkan semuanya, mereka tetap ditempatkan di kelas yang paling sering digunakan.

Berikut jenis-jenis sapi di indonsia :

Penting untuk mengetahui semua jenis sapi dengan warna berbeda, seperti sapi merah, sapi coklat, bahkan sapi oreo. Sapi adalah sumber produk yang melimpah, karena susu merupakan bahan penting untuk tulang yang kuat, bersama dengan daging sapi yang menyediakan protein yang baik, dan terakhir, barang-barang kulit yang terbuat dari kulitnya. Oleh karena itu, kita harus mengetahui lebih banyak tentang hewan yang luar biasa ini untuk menghargai produk yang mereka berikan kepada kita. Berikut adalah sepuluh contoh dari setiap kelas ternak untuk Anda pelajari lebih lanjut.

Asal Ternak
Ada banyak jenis sapi yang beredar di dunia, tetapi semuanya adalah keturunan auroch. Auroch berasal dari anak benua India dan menyebar ke seluruh Cina dan Timur Tengah. Tiba saatnya mereka akhirnya berhasil mencapai Eropa dan Afrika Utara. Dan seperti halnya karibu dan rusa kutub, auroch adalah ternak liar yang tidak pernah dijinakkan. Sayangnya, mereka kini telah punah. Penampakan auroch terakhir terjadi pada tahun 1627 di Polandia.

Ada dua nama ilmiah untuk sapi: Bos Taurus dan Bos Indicus. Perbedaan utama antara keduanya adalah ternak yang termasuk dalam Bos Taurus sebagian besar adalah keturunan Eropa. Grup Bos Indicus sebagian besar dianggap orang India. Masuk akal, karena asal mereka dari India. Fakta menarik tentang sapi jantan (banteng) adalah bahwa mereka tidak terlalu marah dengan warna merah, melainkan lebih agresif  dengan pergerakan warna merah daripada matador.

  • Sapi Perah

Ada banyak jenis sapi yang digunakan untuk membuat susu. Memerah susu betina auroch dimulai sekitar 10.000 tahun yang lalu dan telah menjadi praktik umum dalam versi yang lebih dijinakkan: sapi. Sapi perah terdiri dari sapi yang terutama digunakan untuk susu. Ini berarti bahwa pejantan dari setiap breed sapi yang terdaftar dalam kelas sapi perah berfungsi untuk mereproduksi lebih banyak sapi perah dibandingkan dengan penggunaan lainnya di kelas sapi potong dan sapi pekerja. Namun, ada banyak masalah tentang peternakan sapi perah. Banyak aktivis hak hewan setuju bahwa peternakan sapi perah lebih kejam daripada peternakan sapi potong. Tapi itu tentang debat lain. Berikut daftar fakta ternak perah untuk Anda pelajari.

  •  Sapi Potong

Banyak orang yang menggemari daging, khususnya daging sapi. Inilah mengapa sapi potong dipotong setelah satu tahun menjadi dewasa dan diubah menjadi berbagai jenis daging sapi, seperti T-Bone, sirloin, dan veal. Dan meskipun sudah menjadi hal yang lumrah dalam hidup kita, masih ada yang menentang pembunuhan sapi untuk diambil dagingnya. Orang-orang ini disebut vegetarian. Nyatanya, tak terhitung banyaknya kelompok yang menganjurkan untuk berhenti makan daging, namun praktik tersebut tetap berjalan tanpa ada tanda-tanda akan berhenti. Berikut adalah beberapa ternak yang digunakan untuk membuat jenis daging sapi yang biasa kita konsumsi dalam kondisi rare, medium rare, medium, medium well, dan well done.

  • Sapi Brahman

Sapi Brahman dan Banteng dikenal sebagai sapi potong. Sapi Brahman merupakan bagian dari Bos Indicus yang artinya merupakan keturunan dari sapi India. Mereka adalah sapi potong yang sangat populer digunakan di Argentina, Amerika Serikat, Kolombia, Paraguay, Brasil, dan Australia. Sapi Brahman adalah ras sapi Zebu yang diekspor ke Amerika Serikat dari India. Mereka adalah hasil persilangan suku Kankrej, Gujarat, Ongole, dan Gyr. Sapi Brahman adalah sapi potong pertama yang pernah dibuat di Amerika Serikat.

Brahmana dikenal mampu menahan panas yang ekstrim dan hidup di daerah tropis. Kulitnya juga sangat tebal sehingga bisa mengusir serangga dan hama. Sapi Brahman juga hidup lebih lama dari jenis sapi dan lembu lainnya, dan dapat melahirkan anak hingga usia lima belas tahun.

  • Aberdeen Angus

Aberdeen Angus adalah bagian dari jenis sapi dan banteng yang terancam punah. Hugh Watson adalah seorang petani penyewa di Angus ketika dia mengembangkan dan mendirikan Aberdeen Angus pada abad ke-19. Semua sapi Aberdeen Angus berasal dari satu pejantan: Old Jock. Banteng favorit Watson adalah Old Jock. Secara kebetulan, Jock Tua bahkan diberi tugu peringatan patung di Kastil Glamis pada tahun 2017.

Breed Angus dikenal sebagai sapi potong. Sapi Aberdeen Angus diketahui melahirkan anak sapi tanpa banyak kesulitan. Induk sapi Angus Aberdeen memiliki naluri kuat yang akan diwarisi oleh anak sapi mereka. Misalnya, naluri untuk berdiri dan menghisap ambing ibu mereka saat mereka lahir. Meskipun daging sapi Aberdeen Angus biasanya memiliki nilai tinggi pada skala USDA, bukan berarti semua daging sapi Aberdeen Angus memiliki nilai tinggi.

  • Angus Merah

Red Angus adalah hasil pembiakan sapi yang dibawa Viking dengan sapi Inggris dan Skotlandia. Sapi ini kemudian dikawinkan dengan sapi Celtic hitam dari Skotlandia. Old Jock, nenek moyang terkenal dari semua ternak Aberdeen Angus, adalah Red Angus. Eric Pentecost, di sisi lain, adalah seorang breeder yang percaya bahwa warna kemerahan Red Angus berasal dari English Longhorns, yang disilangkan dengan trah tersebut untuk membuatnya lebih besar.

Sapi Angus Merah tergolong heterosis. Ini berarti mereka memiliki keunggulan produksi ketika mereka disilangkan dengan spesies ternak lain. Mereka memiliki daging sapi berkualitas tinggi, yaitu marmer intramuskular. Selain itu, mereka juga dikenal memiliki rentang hidup yang panjang.

  • Sapi Rangsang

Petani menggunakan sapi penarik untuk membantu mereka dalam produksi pertanian. Mereka tidak harus digunakan untuk disembelih, tidak seperti sapi potong, atau dianggap sebagai sapi perah. Petani menggunakan sapi penarik untuk membajak ladang dan menarik gerobak berisi barang-barang berat dari satu tempat ke tempat lain. Sebagian besar jenis sapi dan sapi jantan yang tercantum di sini adalah Bos indicus, merujuk pada sapi Zebu atau Brahman India. Selain itu, sebagian besar sapi penarik juga menghasilkan susu yang sangat sedikit tetapi lebih kuat dan berkaki stabil. Mereka menjadi teman yang brilian bagi para petani dan bahkan dapat ditunggangi oleh orang-orang jika dilatih dengan benar.

  • Sindhi Merah

Sapi Sindhi merah berasal dari Pakistan. Mereka adalah jenis sapi dan banteng yang diperdagangkan dan tersebar di berbagai negara. Pasalnya, Red Sindhi dikenal memiliki ketahanan panas yang tinggi dan menghasilkan susu dalam jumlah banyak. Red Sindhi dapat ditemukan di lebih dari tiga puluh tiga negara di seluruh dunia.

Red Sindhi adalah ternak dwiguna. Sementara betina digunakan untuk menghasilkan galon susu, pejantan digunakan sebagai sapi penarik. Bahkan ada sapi Sindhi Merah Australia yang lahir dan dibesarkan di Australia saja.

  • Sapi Ongole

Orang India bangga dengan ternak Ongole. Berasal dari wilayah Andhra dan terletak di Distrik Prakasam, sapi Ongole diberi nama sesuai tempat asalnya.

Sapi ongole adalah yang paling banyak didistribusikan dan dikembangbiakkan secara internasional. Beberapa orang menyebut sapi Ongole sebagai sapi Nellore. Alasan mereka memiliki nama lain adalah karena mereka juga terlihat di daerah Nellore.

Nah demikian ualsan sebagian jenis-jenis sapi yang dapat kami kupas Kami harap Anda menikmati daftar jenis sapi ini. Apakah Anda datang ke sini mencoba untuk belajar atau sekadar ingin tahu tentang fakta tentang sapi, ras sapi yang berbeda, atau karena alasan lain, menemukan lebih banyak dari binatang yang luar biasa ini pasti sepadan.

error: This content is protected by DMCA