Ingin AC Lebih Awet dan Tahan Lama, Lakukan 8 Cara Perawatan Ini!

Banyak masyarakat yang lebih memilih untuk memasang AC pada rumah mereka. Apalagi di negara tropis seperti Indonesia ini. Selain udara di dalam ruangan menjadi lebih dingin, kamu juga akan merasa nyaman saat melakukan aktivitas rumahan apapun. Tetapi, penggunaan AC yang terlalu berlebihan juga dapat merusaknya dan menjadi tidak dingin lagi udara di ruangan.

So, buat kamu yang sering ganti AC karena tidak dingin dan rusak, kali ini kami akan memberikan cara merawatnya. Bahkan dengan perawatan ini AC kamu akan bertahan hingga bertahun-tahun lho. Yuk, langsung saja ketahui caranya dibawah ini!

1. Pakai mode timer

Pakai mode timer
Sumber : hargaalat.id

Menggunakan mode timer saat menyalakan AC merupakan salah satu cara merawatnya. Kami sarankan untuk menyalakan AC selama 5 jam sekali pemakaian. Hal ini bertujuan untuk mengistirahatkan mesinnya supaya tidak terjadi overhead dan berakibat rusaknya kapasitor AC. Penyebab lain mesin AC cepat panas dan overhead, yakni dalam mengatur suhunya. Pastikan atur suhu AC dibawah 22 derajat Celcius.

2. Selalu bersihkan filternya

Selalu bersihkan filternya
Sumber : hellosehat.com

Kamu juga perlu melakukan perawatan pada filter dengan cara membersihkannya secara rutin, minimal 1 sampai 2 bulan sekali. Karena jika debu di dalam filter menumpuk, maka dapat menghalangi keluarnya udara. Penyebab lain dari rusaknya kapasitor adalah jarang dibersihkannya filter.

3. Membersihkan kumparan kondensor

Membersihkan kumparan kondensor
Sumber : kumparan.com

Tak hanya filternya saja, bahkan setiap tahunnya kamu juga harus mengecek kebersihan kumparan pada AC. Hal ini juga menjadi penyebab dari penumpukan debu dan kotoran. Penyerapan panas yang dilakukan AC akan berkurang kinerjanya jika terjadi penumpukan debu pada kumparan. Jika tidak dilakukan akan menimbulkan korsleting pada AC karena kelebihan beban.

4. Cek termostat

Cek termostat
blogspot.com

Agar AC dapat bekerja dengan baik dan temperatur ruangan tetap terjaga stabil, kamu perlu memeriksa pengatur suhunya. Kamu bisa mengatur termostat di angka yang lebih tinggi saat tidak ada kegiatan maupun penghuni di dalam rumah. Selain itu, pastikan mematikan AC saat rumah dalam keadaan kosong.

5. Periksa kipasnya

Periksa kipasnya
Sumber : egsean.com

Kamu bisa memeriksa kondisi kipas yang terpasang di bagian atas kondensator luar. Pastikan kondisi kipas dalam keadaan masih layak dipakai. Jika terdapat retakan maupun pecah, segera untuk mengganti kipas dengan yang baru.

6. Servis

Servis AC
Sumber : 99.co

Supaya kerusakan kecil maupun menengah dapat teratasi, alangkah baiknya kamu melakukan layanan servis secara berkala. Kamu juga harus memilih layanan servis yang dapat diandalkan dan terpercaya.

7. Cek freon

Cek freon
Sumber : jasaterdekat.com

Kebanyakan AC rusak juga terjadi akibat habisnya freon. Freon AC inilah yang mampu memberikan kesejukan dan udara dingin pada ruangan. AC dapat tidak berfungsi akibat kehabisan freon. Bahkan, bisa terjadi kerusakan lebih parah jika kamu memaksakan AC tetap menyala dalam kondisi kehabisan freon. Oleh sebab itu, kamu harus mengecek juga tekanan freonnya.

8. Daya listrik cukup

Daya listrik cukup
Sumber : selka.id

Sebelum kamu memilih untuk menggunakan AC, pastikan daya listrik di rumah stabil dan cukup. Karena kalau daya listrik kurang atau naik turun dapat berakibat kerusakan pada mesin AC.

Itu dia, cara merawat pendingin ruangan. Cara-cara di atas bisa kamu lakukan sendiri atau dengan menggunakan jasa servis. Jika kamu ingin menggunakan jasa servis pastikan yang sudah berpengalaman dan jangan sembarangan, ya!




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.



Previous articleTopUpGameShop Free Fire – Situs Top Up Diamond FF Termurah! Begini Caranya
Next articleTips Memilih Jasa Pembuatan Website Profesional Yang Perlu Diketahui